x

Berkhianat, Mason Mount Bakal Ikuti 3 Jejak Pendahulunya di Chelsea yang Gabung Man United

Jumat, 26 Mei 2023 12:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mason Mount dikabarkan akan ‘mengkhianati’ Chelsea dengan bergabung rival klubnya di Liga Inggris, yakni Manchester United, pada bursa transfer musim panas 2023.

INDOSPORT.COM – Mason Mount dikabarkan akan ‘mengkhianati’ Chelsea dengan bergabung rival klubnya di Liga Inggris, yakni Manchester United, pada bursa transfer musim panas 2023.

Kabar pengkhianatan oleh pemain berusia 24 tahun itu disampaikan oleh juru transfer kenamaan Inggris, yakni David Ornsterin, melalui media sosial Twitter.

Dalam kicauannya, jurnalis The Athletic itu menyebutkan bahwa Mount lebih condong bergabung Man United jika Chelsea melepasnya.

Kabarnya, pihak Man United dan Chelsea akan mengadakan pembicaraan jika tim berjuluk The Blues itu terpaksa harus menjual Mount.

Klub asal London itu memang tengah dalam kondisi dipaksa untuk menjual jebolan akademinya tersebut karena kontraknya yang akan berakhir pada Juni 2024.

Baca Juga

Dengan belum tercapainya perpanjangan kontrak antara kedua pihak, Chelsea tak ingin menghadapi risiko kehilangan Mason Mount secara gratis ke Manchester United di bursa transfer musim panas 2024.

Sehingga, Chelsea pun berniat menjualnya di bursa transfer musim panas 2023 ini dan siap mengadakan pembicaraan dengan Man United untuk tetap mendapat pemasukan dari penjualannya.

Baca Juga

Dalam laporan lainnya, disebutkan bahwa Man United bersiap melayangkan tawaran sebesar 55 juta poundsterling atau sekitar Rp1 triliun untuk Mount.

Tapi tawaran itu jauh dari valuasi yang diberikan Chelsea untuk bintangnya tersebut, yakni sekitar 80 juta poundsterling (Rp1,4 triliun). Sehingga, The Blues dan Man United bersiap melakukan negosiasi.

Dengan kian dekatnya kepindahan Mason Mount ke Manchester United, ia pun akan mengikuti jejak tiga pendahulunya yang pernah menyeberang dari Chelsea ke Old Trafford. Siapa saja pendahulunya itu?

Baca Juga

1. Ada Legenda Chelsea

Pemain Manchester United, Juan Mata. Foto: REUTERS/David Klein.

1. Ray Wilkins

Ray Wilkins merupakan legenda Chelsea baik sebagai pemain maupun saat menjadi salah satu staf pelatih di kubu The Blues.

Dalam perjalanan kariernya sebagai pemain, Ray Wilkins yang berstatus jebolan Chelsea pernah menyeberang langsung ke Manchester United pada 1979.

Ia hijrah ke Old Trafford setelah enam tahun berada di tim utama Chelsea. Kala itu, ia dilepas dengan harga 925 ribu euro yang menjadi rekor penjualan The Blues kala itu

Usai bergabung Man United pada 1979, Ray Wilkins mampu menjadi salah satu pemain yang bersumbangsih dalam keberhasilan Setan Merah merengkuh Piala FA dan Community Shield pada 1983.

Di Man United sendiri, Ray Wilkins bertahan selama lima tahun saja. Pada tahun 1984, AC Milan datang untuk merekrutnya dengan mahar 1,7 juta euro.

Baca Juga

2. Juan Mata

Sebelum berpotensi kehilangan Mason Mount selaku pemain terbaiknya dalam dua tahun berturut-turut ke Man United, Chelsea pernah melego peraih dua gelar pemain terbaiknya pada diri Juan Mata.

Juan Mata sempat menjadi pemain terbaik Chelsea dalam dua musim berturut-turut pada 2012 dan 2013, sama seperti Mount yang menjadi pemain terbaik pada 2021 dan 2022.

Baca Juga

Chelsea menjual Juan Mata pada Januari 2014 ke Man United dengan harga 44,73 juta euro kala itu, setelah 3,5 tahun bermain di Stamford Bridge.

Selama 3,5 tahun bermain bagi Chelsea, Juan Mata mampu mengantarkan Chelsea meraih dua trofi Eropa, yakni Liga Champions dan Liga Europa, serta satu Piala FA.

Setelah bergabung Man United, eks Valencia ini membawa timnya menjuarai Liga Europa, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Community Shield selama 7,5 tahun di Old Trafford.

Baca Juga

2. Bintang Chelsea ke Man United

Nemanja Matic merayakan golnya dalam laga Piala Liga Inggris Manchester City vs Manchester United

3. Nemanja Matic

Setelah Juan Mata, Chelsea juga pernah kehilangan bintang lainnya ke Manchester United pada sosok Nemanja Matic pada 2017 lalu.

Matic sempat membela Chelsea dari 2009 hingga 2011. Pada Januari 2014, ia dipulangkan oleh Jose Mourinho ke Stamford Bridge.

Bersama setelah kepulangannya itu, Matic mampu membawa Chelsea meraih dua gelar Liga Inggris, satu gelar Piala FA, dan satu gelar Piala Liga Inggris.

Usai Mourinho ditunjuk sebagai pelatih Man United, pelatih berjuluk The Special One itu kemudian turut membawanya ke Old Trafford pada 2017 dengan mahar 44,7 juta euro.

Matic pun kemudian bermain di Man United selama lima tahun atau hingga 2022 tanpa memberikan gelar apapun bagi Setan Merah.

Pada musim panas 2022 lalu, Matic berpisah dengan Man United usai kontraknya habis. Ia kemudian menyusul Mourinho ke AS Roma.

Manchester UnitedChelseaJuan MataNemanja MaticIn Depth SportsBerita TransferMason MountOne Football

Berita Terkini