x

Diminta Kebut Penggunaan VAR di Liga 1, Exco PSSI: Tidak Semudah Itu!

Sabtu, 27 Mei 2023 16:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Exco Arya Sinulingga saat jumpa pers pengumuman Argentina resmi jadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday, Juni mendatang.

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengaku penggunaan teknologi Video Assiten Referee (VAR) di Liga 1 perlu waktu. Alasannya tentu saja karena perlengkapannya sangat rumit.

PSSI memang sedang berupaya merealisaskan penggunaan VAR di Liga 1 2023-2024. Wacana ini terus dinyalakan sebagai langkah perbaikan kualitas kompetisi.

Namun, penggunaan VAR di kancah Liga 1 ternyata memang tak semudah yang diucapkan. Bahkan, Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menilai kendala utama adalah perlengkapannya amat rumit.

“Soal VAR kemarin kami sudah rapat, memang seperti Thailand itu kan dia sudah pakai tiga musim, Singapura sudah semusim. Ternyata perangkatnya rumit. Tidak seperti segampang yang diomongkan,” ucap Arya Sinulingga, Jumat (26/5/23). 

Bukan tanpa alasan Arya menyebut segala persiapan untuk penerapan VAR di Liga 1 rumit. Sebab, memang banyak persiapan teknis yang harus disiapkan oleh PSSI.

Baca Juga

“Jadi ada kesiapan teknis yang harus siap dan wasit harus dilatih. Satu hal lagi, mereka harus bisa berbahasa Inggris karena kan ada pelatihan-pelatihannya,” kata Arya. 

Meski sulit, Arya Sinulingga memastikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah meminta penerapan VAR di Liga 1 dipercepat. Kemungkinan tahun depan bisa terealisasi.

Baca Juga

“Biasanya kalau dari IAAP itu mengatakan butuh setahun baru bisa VAR-nya. Tapi kemarin, Pak Ketum minta tolong ada percepatan. Nah, nanti akan dicoba ada percepatan-percepatan,” beber Arya.

“Jadi, memang tidak segampang yang kita lihat. Orang-orangnya baru lho. Seperti dulu waktu belajar excel lah, kan butuh belajar aplikasi. Nah apalagi ini kan agak besar, perangkatnya banyak, orang aja dibutuhkan banyak,” cetusnya.

Baca Juga

1. Standar Tinggi

Exco Arya Sinulingga saat jumpa pers pengumuman Argentina resmi jadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday, Juni mendatang.

Namun, Arya menilai pihaknya akan segera melakukan pelatihan terhadap wasit-wasit Indonesia mengingat penerapan VAR memiliki standar yang cukup tinggi.

Baca Juga

“Mustahil pakai orang asing terus dong, harus ada pelatihan untuk kami dan wasitnya. Harus punya standar sendiri dan bisa berbahasa Inggris,” jelas Arya.

Baca Juga

“(Untuk pelatihannya) Di sini. (Instrukturnya) didatangkan ke sini semua. Alat juga kita bawa ke sini, coba semuanya,” pungkasnya.

PSSIErick ThohirLiga IndonesiaVideo Assistant Referees (VAR)Liga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1One FootballArya Sinulingga

Berita Terkini