x

Tak Dilirik PSSI, Wonderkid Indonesia Resmi Dipanggil Qatar Jelang Piala Asia U-17

Kamis, 25 Mei 2023 13:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pesepak bola berdarah Banten, Abdurrahman Iwan bantu Qatar lolos ke Piala Asia U-17

INDOSPORT.COM - Pesepak bola keturunan Indonesia, Abdurrahman Iwan, resmi dipanggil timnas Qatar U-17 jelang turnamen Piala Asia U-17 2023.

Piala Asia U-17 2023 merupakan edisi ke-19 turnamen Piala Asia kelompok umur di bawah 17 tahun yang akan diselenggarakan pada 15 Juni - 2 Juli di Thailand.

Timnas Indonesia U-17 harus mengubur mimpi mereka tampil di ajang ini setelah gagal finis sebagai enam runner-up terbaik pada babak kualifikasi.

Kala itu, skuat besutan Bima Sakti tersingkir setelah menelan kekalahan telak 1-5 dari Malaysia pada 9 November 2022 lalu.

Meski tanpa Timnas Indonesia, tetapi Piala Asia U-17 tetap akan menyuguhkan salah satu pemain keturunan Indonesia.

Baca Juga

Pemain yang dimaksud adalah Abdurrahman Iwan yang diketahui akan membela timnas Qatar.

Hal ini terungkap saat Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) mengumumkan daftar pemain yang dipanggil memperkuat Timnas U-17 mereka melalui akun Instagram, Rabu (24/05/23).

Baca Juga

Dalam rilis tersebut, QFA menempatkan nama dan foto pemain kelahiran 4 Agustus 2006 tersebut di jajaran pemain depan timnas Qatar U-17.

Nantinya, Abdurrahman Iwan akan menjalani kamp pelatihan bersama tim besutan Ibrahim Al Shafei untuk persiapan jelang Piala Asia U-17 2023.

“Daftar pemain tim nasional U-17 kami untuk kamp persiapan jelang Piala Asia (Thailand) 2023,” tulis QFA.

Baca Juga

1. Abdurrahman Iwan Tak Dilirik PSSI

Abdurrahman Iwan saat di Aspire Football Academy.

Sosok Abdurrahman Iwan mencuri perhatian lantaran namanya khas Indonesia. Dia merupakan putra dari pasangan Iwan Kuswanto dan Tarini.

Kedua orangnya berasal dari Kramatwatu, Serang, Banten. Keduanya sudah lama bekerja di Qatar dan Iwan juga lahir di Doha, Qatar.

Abdurrahman Iwan diketahui sudah meniti karier sepak bola di Qatar sejak masih kecil. Dia memulai kariernya dengan gabung klub Al Wakrah.

Pada tahun 2015, Iwan berhasil bergabung bersama Aspire Football Academy, sebuah sekolah sepak bola bergengsi milik pemerintah Qatar.

Dia pun mampu mengoleksi sejumlah prestasi, seperti Top Scorer Qatar Star League Junior selama dua musim berutut-turut dan beberapa kali membawa tim juara di pertandingan internasional di Eropa.

Baca Juga

Kariernya di Qatar cukup cemerlang sehingga dia berkesempatan menembus pemusatan latihan Qatar U-17 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Qatar lolos putaran final Piala Asia U-17 2023 usai menunjukkan hasil apik selama babak kualifikasi. Tim berjuluk The Young Maroon tersebut mampu mengemas 10 poin dari 4 pertandingan yang dimainkan.

Baca Juga

Sementara Abdurrahman Iwan mendapatkan kesempatan satu kali bermain dari pelatih Ibrahim Al Shafei pada laga pertama melawan Lebanon.

Sebelumnya, melalui akun Facebook-nya, Abdurrahman Iwan membalas beberapa pertanyaan dari pengikutnya. Salah satunya, soal alasan dirinya memilih bergabung timnas Qatar.

“Belum pernah diberi kesempatan (dipanggil seleksi),” tulis Iwan menjawab komentar pengikutnya yang sedih dirinya tidak membela Timnas Indonesia.

Baca Juga
QatarPSSIBola InternasionalAbdurrahman IwanPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriTimnas Indonesia U-17Piala Asia U-17

Berita Terkini