x

Beda Nasib dengan Timnas Indonesia, Wonderkid Berdarah Banten Bantu Qatar Lolos Piala Asia U-17

Selasa, 11 Oktober 2022 07:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pesepak bola berdarah Banten, Abdurrahman Iwan bantu Qatar lolos ke Piala Asia U-17.

INDOSPORT.COM – Meski Timnas Indonesia U-16 tersingkir, tetapi prestasi gemilang diraih pesepak bola berdarah Banten, Abdurrahman Iwan, yang sukses bantu Qatar lolos ke Piala Asia U-17.

Seperti diketahui sebelumnya, Timnas Indonesia U-17 harus menerima nasib sial menyusul kegagalan tampil di Piala Asia U-17 2023 karena tak lolos babak kualifikasi.

Baca Juga

Kepastian itu diketahui setelah Timnas Indonesia U-17 tak mampu merebut tiket runner-up terbaik untuk lolos, lantaran kalah di laga terakhir dari Malaysia.

Pada partai terakhir babak kualifikasi, Timnas Indonesia U-17 kalah menyakitkan 1-5 saat berhadapan dengan Malaysia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (09/10/22) kemarin.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-17 lengser dari puncak klasemen Grup B karena direbut oleh Malaysia.

Baca Juga

Alhasil, Malaysia yang mengoleksi poin akhir 10 menjadi tim dari Grup B yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U17 tahun depan.

Sementara itu, meski mampu mengumpulkan sembilan poin dan selisih gol plus 13, Skuad Garuda Asia tetap kalah bersaing dalam klasemen runner-up terbaik.

Secara berurutan, keenam tim runner-up terbaik yang berhasil mendapat tiket lolos ke Piala Asia U-17 nanti adalah Korea Selatan, China, Afganistan, India, Thailand, dan Laos.

Baca Juga

Meski Timnas Indonesia U-16 gagal lolos ke Piala Asia U-17, tetapi ada satu pesepak bola keturunan Tanah Air yang berhasil catatkan prestasi gemilang bersama negara lain.

Adalah Abdurrahman Iwan yang sukses membantu Timnas Qatar U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.


1. Abdurrahman Iwan, Wonderkid Bedarah Banten yang Gemilang di Qatar

Abdurrahman Iwan

Bagi pencinta sepak bola nasional, nama Abdurrahman Iwan mungkin sudah tidak asing lagi lantaran pemain muda berusia 15 tahun ini sempat mencuri perhatian lewat bakat memukaunya.

Lahir dari pasangan Iwan Kuswanto dan Tarini yang berasal dari Kramatwatu, Serang, Banten, karier sepak bola Abdurrahman Iwan terbilang gemilang di Qatar.

Baca Juga

Abdurrahman Iwan sendiri memang lahir di Doha, Qatar tempat sang Ayah bekerja di salah satu perusahaan di sana.

Mengawali karier sepak bola di Qatar, Abdurrahman Iwan diketahui bersekolah di Al Wakrah, dan bermain untuk tim sekolahnya, Al Wakrah SC.

Berposisi sebagai gelandang serang, penampilan Abdurrahman Iwan sebagai pengatur serangan terbilang sangat impresif dan sukses membantu timnya meraih beberapa gelar juara.

Baca Juga

Bahkan pada bulan Mei lalu, Abdurrahman Iwan sukses mencatatkan gol cantik di semifinal Qatar Cup U-17 2022.

Berkat penampilan gemilang tersebut, tak heran jika Abdurrahman Iwan mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Qatar U-17 di babak kualifikasi Piala Asia U-17.

Dari skuad Qatar U-17 yang tampil di kualifikasi Piala Asia U-17 kali ini, Abdurrahman Iwan berada di dalamnya dan mengenakan nomor punggung 23.

Baca Juga

Abdurrahman Iwan pun ikut jadi saksi keperkasaan Qatar U-17 dalam melakoni tiap laga babak kualifikasi.

Total dari empat pertandingan yang dijalani, Abdurrahman Iwan dan kolega mampu meraih tiga kemenangan dan cuma sekali seri.


2. Qatar Lolos Piala Asia U-17

Abdurrahman Iwan, pesepakbola berdarah Indonesia di Qatar

Tiga kemenangan yang diraih Qatar diperoleh kala berjumpa Irak dengan skor 2-1, kemudian mengalahkan Oman juga dengan skor 2-1, serta pesta gol 1-4 saat hadapi Lebanon.

Satu-satunya hasil imbang Qatar didapat saat menghadapi Bahrain, di mana Abdurrahman Iwan dan kolega harus puas bermain 1-1.

Baca Juga

Dengan hasil tersebut, Qatar pun berhasil memuncaki klasemen Grup C dengan raihan 10 angka dan sekaligus berhak tampil di putaran final Piala Asia U-17 2023.

Bagi Qatar, ini merupakan kali ke-10 bagi mereka lolos ke Piala Asia U-17 setelah pertama kali melakukannya pada tahun 1985 silam.

Sepanjang tampil di Piala Asia U-17, pencapaian terbaik Qatar adalah menjadi juara pada edisi 1990 dengan mengalahkan Uni Emirate Arab lewat skor 2–0.

QatarTimnas IndonesiaBola InternasionalAbdurrahman IwanKualifikasi Piala Asia U-17

Berita Terkini