x

4 Jebolan Garuda Select Dipanggil ke Timnas Indonesia U-20 untuk TC di Eropa

Senin, 10 Oktober 2022 18:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Potret para peserta angkatan kedua dari Garuda Select tahun 2019.

INDOSPORT.COM - Berikut empat pemain jebolan program Garuda Select yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 di Eropa.

Pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-20 di Eropa akan dilangsungkan mulai bulan Oktober hingga Desember 2022, bertempat di negara Turki dan Spanyol.

Baca Juga

Sebelumnya, PSSI mengklaim akan memanggil 36 pemain muda untuk diikutsertakan dalam TC ke Eropa.

Meski belum sepenuhnya diumumkan siapa saja pemain yang dipanggil TC, ada empat pemain jebolan Garuda Select yang sidah dipastikan ikut serta dalam lawatan.

Siapa saja pemain jebolan Garuda Select yang dipilih Shin Tae-yong untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-20 di Eropa? Berikut rankuman INDOSPORT untuk Anda.

Baca Juga

1. Erlangga Setyo

Erlangga Setyo merupakan kiper langganan timnas Indonesia usia muda. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi bagian dari skuat Garuda Select 2 di Inggris dan Italia.

Saat memperkuat skuat Garuda Select di akhir 2019 hingga awal 2020, Erlangga Setyo direkrut dari Elite Pro Academy Liga 1, Akademi Persib Bandung.

Baca Juga

Namun kini, Erlangga tercatat sebagai satu dari empat pemain muda Persis Solo yang dipanggil ke timnas U-20, bersama Zanadin Fariz, Marcell Januar, dan Aulia Ramadhan.

Salah satu kelebihan Erlangga ialah postur tubuhnya yang tinggi menjulang. Di usia ke-19 tahun, ia sudah memiliki tinggi 1,92 meter, sangat ideal bagi seorang kiper.


1. 2. Daffa Fasya Sumawijaya

Wonderkid Persib Ferdiansyah saat menjalani program di Garuda Select II melawan Inter Milan U-17.

Sama seperti Erlangga, Daffa Fasya Sumawijaya berposisi sebagai kiper, dan merupakan pemain jebolan Garuda Select jilid 4, yang digelar di akhir 2021.

Daffa Fasya merupakan kiper binaan Borneo FC. Sejak usia muda, ia sudah menunjukkan penampilan yang brilian, sehingga terpilih ke skuat Garuda Select.

Baca Juga

Sudah tak dapat disangkal, kiper binaan Borneo FC rata-rata menjadi yang terbaik dan langganan timnas, seperti M. Ridho, Nadeo Argawinata, Gianluca Pandeynuwu.

Kini, estafet itu dilanjutkan oleh Daffa Fasya.  Kiper berusia 18 tahun itu dipanggil untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-20 di Eropa, dan berpeluang main di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

3. Ferdiansyah

Ferdiansyah merupakan pemain jebolan Akademi Persib Bandung yang juga pernah menjadi andalan di skuat Garuda Select 2. Ia pernah menjebol gawang Inter Milan U-17.

Saat masih menimba ilmu sepak bola di Eropa, Ferdiansyah menggunakan peralatan modern berupa GPS, dan ia tercatat pernah lari dengan kecepatan 35,96 km per jam.

Baca Juga

Capaian ini terbilang sangat tinggi, sebab untuk pemain selevel Jamie Vardy saja, laju tercepatnya adalah 35,44km per jam saja.

Kini, Ferdiansyah kembali mewakili Persib Bandung untuk menjadi andalan timnas Indonesia U-20. Ia menjadi salah satu pemain yang berangkat TC ke Eropa.


2. 4. Kakang Rudianto

Pemain Diklat Persib, Kakang Rudianto, saat berlatih dengan tim Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (7/9/20).

Seperti Ferdiansyah, Kakang Rudianto adalah jebolan Akademi Persib Bandung yang menjadi andalan skuat Garuda Select 2 yang digelar di Inggris dan Italia.

Sepulangnya dari Inggris, perkembangan Kakang Rudianto sangat pesat. Bek berusia 19 tahun itu sudah bergabung dalam tim senior yang mentas di Liga 1 2022-23. 

Kakang Rudianto bahkan dipercaya main fulltime saat Persib menghadapi Borneo FC. Hal ini yang membuat Shin Tae-yong lantas memanggilnya ke timnas Indonesia U-20.

Dengan pengalaman Kakang saat di Garuda Select, ditambah jam terbang yang ia dapat di Liga 1, membuatnya jadi salah satu pilar yang paling siap tampil di Piala Dunia U-20.

Persib BandungTimnas IndonesiaIn Depth SportsBola InternasionalDiklat PersibTRIVIAGaruda SelectBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Kakang RudiantoErlangga Setyo

Berita Terkini