x

Hasil Liga Jerman Dortmund vs Mainz 05: Die Borussen Imbang, Bayern Munchen Juara

Sabtu, 27 Mei 2023 22:31 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Borrusia Dortmund gagal juara Liga Jerman 2022-2023 setelah ditahan 2-2 oleh Mainz 05.

INDOSPORT.COM – Borussia Dortmund gagal meraih juara Liga Jerman usai pada laga pekan ke-38 ditahan imbang  tamunya Mainz dengan skor 2-2, Sabtu (27/05/23)

Laga penentuan juara Liga Jerman di pekan ke-38 mempertemukan Borussia Dortmund vs FSV Mainz 05 di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (27/05/23) dini hari WIB.

Dortmund justru langsung kebobolan dua gol di babak pertama, melalui aksi Andreas Henche-Olsen pada menit ke-15 dan Karim Onisiwo di menit ke-24.

Malangnya, Dortmund hanya mengemas satu gol balasan di babak kedua, tepatnya melalui aksi Raphael Guerreiro di menit ke-69 yang kemudian ditambah satu gol Nicklas Suele di menit ke-96.

Dengan hasil ini, Borussia Dortmund lagi-lagi harus menyerahkan gelar juara Liga Jerman kepada Bayern Munchen yang di laga lain memenangkan duel melawan Koln dengan skor 2-1.

Jalannya Laga

Borussia Dortmund cukup berapi-api menghadapi laga pamungkas Liga Jerman kali ini, mengingat inilah penentuan mereka meraih juara Bundesliga musim 2022-2023.

Hanya saja, Dortmund justru kebobolan satu gol dari FSV Mainz 05, ketika umpan bek tengah, Edmilson Fernandes mampu diselesaikan Andreas Hanche-Olsen menjadi gol pada menit ke-15.

Baca Juga

Ketinggalan satu gol, Die Borussen kemudian mendapat peluang melalui penalty yang gagal diselesaika oleh Sebastien Haller di menit ke-19.

Selepas kegagalan dari titik penalti, Dortmund justru kembali kebobolan dari usaha penyerang Mainz, Karim Onisiwo di menit ke-24.

Selepas gol ini, tak ada gol tambahan tercipta sehingga skor 2-0 menjadi hasil babak pertama laga Borussia Dortmund vs FSV Mainz 05.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Proses gol Raphael Guerreiro di laga Dortmund vs Koln (19/03/23). (Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Memasuki babak kedua, Borussia Dortmund pun mulai meningkatkan tekanan, menyusul peluang juara Liga Jerman 2022-2023 hampir sirna.

Pasukan Edin Terzic tampil dominan hingga babak kedua dengan total mengemas 23 tembakan berbading 6 milik Mainz.

Dari total tembakan tersebut, Dortmund mampu mencetak 7 tembakan ke arah gawang, sementara Mainz hanya mengemas  total 3 di antaranya.

Selepas memasukkan Marco Reus di babak pertama, Dortmund juga melakukan beberapa pergantian pemain di babak kedua dengan memasukkan Youssoufa Moukoko (46’), Julien Duranville, dan Giovanni Reyna (62’ dan 63’).

Kondisi ini menghasilkan satu gol untuk Borussia Dortmund melalui aksi Raphael Guerreiro di menit ke-69 yang mengubah kedudukan menjadi 1-2, masih untuk keunggulan Mainz.

Baca Juga

Memasuki 10 menit jelang laga usai, Borussia Dortmund kemudian berusaha tampil lebih menyerang dengan mencetak beberapa peluang.

Peluang juara Dortmund makin tipis, menyusul hingga jelang akhir laga tak ada gol tambahan yang dicetak ke gawang Mainz.

Baca Juga

Meskipun menyamakan kedudukan melalui aksi Nicklas Suele di menit ke-96, tak ada gol tambahan lagi menjelang akhir laga, sehingga skor 2-2 menjadi hasil laga Liga Jerman antara Dortmund vs Mainz.

Susunan Pemain Borussia Dortmund vs FSV Mainz 05

Dortmund (4-5-1): Gregor Kobel; Marius Wolf, Nicklas Suele, Mats Hummels, Julian Ryerson; Donyell Malen, Julian Brandt, Emre Can, Raphael Guerreiro, Karim Adeyemi; Sebastien Haller

Pelatih: Edin Terzic

Mainz (3-4-2-1): Finn Dahmen; Andreas Hanche-Olsen, Stefan Bell, Edmilson Fernandes; Anthony Caci, Leandro Barreiro, Dominik Kohr, Aaron Martin; Anton Stach, Lee Jae-sung; Karim Onisiwo

Pelatih: Bo Svensson.

Baca Juga
Bundesliga JermanBayern MunchenBorussia DortmundMainz 05Bola InternasionalLiga Jerman

Berita Terkini