x

Juara Liga Jerman Tak Ubah 'Tradisi', 4 Bintang Dortmund yang Musim Depan Siap Pergi

Sabtu, 27 Mei 2023 17:03 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Borussia Dortmund punya kans untuk menjadi juara Liga Jerman (Bundesliga) lagi untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir pada malam ini, Sabtu (27/05/23). REUTERS-Thilo Schmuelgen

INDOSPORT.COM - Borussia Dortmund punya kans untuk menjadi juara Liga Jerman (Bundesliga) lagi untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir pada malam ini, Sabtu (27/05/23).

Jude Bellingham dan kolega akan menghadapi tim papan tengah Mainz 05 di kandang mereka sendiri yakni Signal Iduna Park yang semakin menambah peluang mereka untuk menang.

Tiga poin adalah satu-satunya cara bagi Dortmund untuk mengunci status sebagai Deutsche Meister 2022/2023 mengingat Bayern Munchen di posisi kedua hanya berjarak dua angka saja.

Die Roten memiliki keunggulan jauh dalam hal selisih gol sehingga jika di pekan pamungkas ini kedua tim memiliki kesamaan dalam jumlah poin, maka Die Borussen akan batal menjadi juara.

Mengingat Dortmund belum pernah lagi menjadi kampiun Liga Jerman sejak 2011/2012 silam, maka titel ini akan membayar kerja keras mereka untuk menyaingi Bayern selama ini.

Baca Juga

Terlalu dominannya sang rival dari Bavaria dalam sepuluh tahun ke belakang membuat Dortmund seolah menjadi tim yang tak berdaya. Padahal skuad mereka selalu dibanjiri banyak pemain berkualitas namun minimnya trofi yang bisa diraih membuat mereka satu per satu memilih untuk pergi.

Akhirnya The Black Yellow pun dikenal sebagai klub 'sapi perah'. Hanya dijadikan batu loncatan bagi bintang muda untuk mendapatkan pengalaman sebelum menerima tawaran untuk bermain di kesebelasan yang lebih mapan.

Baca Juga

Tradisi tersebut sudah terulang dari musim ke musim. Bisa dilihat bagaimana nama-nama seperti Mario Gotze, Robert Lewandowski, Shinji Kagawa, Henrikh Mkhitaryan, Nuri Sahin, Ilkay Gundogan, Jadon Sancho, Erling Haaland angkat kaki silih berganti.

Sayangnya meski misalnya Borussia Dortmund menjadi juara musim ini sekalipun mereka tetap akan sulit menahan para pemain kuncinya untuk pindah. Memang untuk saat ini mereka belum menjadi klub dengan kebijakan yang lebih tegas soal transfer.

Berikut ini adalah sejumlah nama yang kemungkinan besar akan pergi dari Signal Iduna Park begitu bursa transfer musim panas 2023 dibuka.

Baca Juga

1. 1. Jude Bellingham

Jude Bellingham

Tidak ada pemain Borussia Dortmund yang lebih sering digosipkan akan pindah pada musim depan selain Jude Bellingham. Sejak bergabung pada 2020 silam sebagai remaja 16 tahun, sang wonderkid memang sudah berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik dunia.

Sulit dipercaya jika saat ini Bellingham yang masih berusia 19 tahun sudah menjadi tulang punggung bagi Die Borussen dalam kampanye mereka di Liga Jerman 2022/2023.

Dari 31 penampilan, jebolan akademi Birmingham City itu menyumbang delapan gol dan lima assist. Dalam beberapa kesempatan bahkan pelatih Edin Terzic memberinya jabatan kapten yang semakin menekankan kualitas luar biasa yang ia miliki.

Dalam beberapa pekan terakhir sudah ramai dilaporkan jika Bellingham sudah melakukan kontak langsung dengan Real Madrid untuk mensepakati transfer pada Juli mendatang. Manchester City juga ikut diberitakan tertarik namun sejauh ini kans menuju Los Blancos terasa lebih besar.

Diperkirakan biaya sebesar 120 juta Euro diperlukan bagi mereka yang ingin membeli Bellingham. Nominal tersebut akan membuat pemilik 24 caps timnas Inggris itu menjadi penjualan termahal Dortmund sepanjang sejarah di bawah Ousmane Dembele.

Baca Juga

2. Gregor Kobel

Manchester United kerap dikabarkan mencari kiper baru dan salah satu target mereka adalah Gregor Kobel.

Meski belum termasuk salah satu penjaga gawang terbaik dunia namun stopper berkebangsaan Swiss tersebut tetap memikat minat dari The Red Devils.

Baca Juga

Ketimbang David de Gea, kiper utama United saat ini, Kobel punya banyak keunggulan. Statistik dari Squawka menunjukkan jika pria 25 tahun itu punya apa yang dibutuhkan untuk menjadi 'nomor 1' modern yang semakin populer belakangan ini.

Mulai dari jumlah umpan beserta akurasinya baik pendek maupun jauh, jumlah penyelamatan, sampai persentase penyelamatan sukses, Kobel jauh lebih baik ketimbang De Gea.

Maka dari itu jangan kagaet jika pada musim depan Borussia Dortmund harus mencari sosok yang baru bisa mereka andalkan di bawah mistar untuk menggantikannya.

Baca Juga

2. 3. Karim Adeyemi

Karim Adeyemi. (Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo)

Di musim pertamanya sebagai bintang Borussia Dortmund dan ekspektasi tinggi publik untuk menggantikan peran Erling Haaland, Karim Adeyemi bisa dianggap punya musim yang sukses.

Catatan enam gol dan enam assist dari 23 penampilan di Liga Jerman 2022/2023 mungkin tidak sespektakuler statistik musim terakhirnya bersama Red Bull Salzburg yang menghasilkan 19 gol dan lima assist namun level Liga Jerman dan Liga Austria jelas berbeda.

Apalagi Adeyemi juga sempat mengalami sejumlah cedera panjang di awal kedatangannya di Signa Iduna Park yang menharuskannya menepi lebih dari dua bulan. Masa adaptasinya jelas terganggu.

Musim depan Adeyemi berpeluang untuk tampil lebih baik lagi. Terlebih rising star asal Jerman itu baru berusia 21 tahun. Masih banyak ruang untuk berkembang.

Akan tetapi tentu saja jika ia tidak berganti klub. Sejak masih di Salzburg Adeyemi adalah salah satu prospek top terbaik dunia sehingga wajar jika pada musim depan pun ia akan mendapat banyak tawaran untuk bergabung bersama kesebelasan terkaya di Eropa.

Baca Juga

4. Marco Reus

Sudah mengenakan seragam hitam dan kuning ala Dortmund sejak 2012 dan kini menjabat sebagai kapten tim, Marco Reus adalah simbol kesetiaan bagi klub tersebut.

Ketika pemain bintang lain datang dan berlalu namun ia tetap bertahan meski belum juga menjuarai Liga Jerman maupun Liga Champions. Hanya saja  sebentar lagi mungkin Reus pun akan segera berganti klub.

Baca Juga

Sejak awal musim, dikabarkan 2022/2023 akan menjadi musim terakhir Reus bersama Dortmund. Sejumlah klub dari Timur Tengah diklaim siap menawarkan paket 'penghujung karier, bagi penyerang versatile 33 tahun tersebut.

Benar jika pada April lalu ia sudah menandatangani kontrak baru berdurasi setahun namun bisa jadi ini hanya taktik The Black Yellow untuk tetap mendapatkan uang dari kepergiannya.

Titel Liga Jerman musim ini bisa jadi kado perpisahan terbaik dari Reus untuk Borussia Dortmund yang sudah menemani pasang surut kariernya dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga
Bursa TransferBorussia DortmundMarco ReusLiga JermanJude BellinghamKarim AdeyemiGregor Kobel

Berita Terkini