x

Profil Faiq Bolkiah, Winger Rasa Sultan yang Bisa Masuk Daftar Belanja Persis Solo

Sabtu, 27 Mei 2023 18:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Mantan pemain Chelsea U-21 Faiq Jefri Bolkiah.

INDOSPORT.COM - Faiq Jefri Bolkiah bisa menjadi opsi untuk menambah kekuatan daya serang Persis Solo. Winger berlabel sultan asal Brunei Darussalam ini memiliki keahlian mirip Ryo Matsumura. 

Faiq Bolkiah merupakan salah satu pesohor di dunia. Bukan karena pernah membela tim junior Leicester City, melainkan embel-embel sebagai pesepak bola terkaya sejagat.

Ya, Faiq merupakan pesepak bola superkaya karena berasal dari keluarga terhormat. Ia adalah anak dari pangeran Brunei, Jefri Bolqiah sekaligus keponakan dari Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah. 

Dalam karier profesionalnya, Faiq pernah merumput di Portugal bersama Maritimo FC. Ia sempat masuk tim utama, sebelum kemudian diturunkan ke tim kedua dan mencatat dua penampilan.

Setelah gagal bersinar di Portugal, Faiq Bolkiah lantas memutuskan pulang ke Asia Tenggara untuk bermain di Thai League 1. Chonburi merupakan klub yang cukup beruntung karena bisa menampungnya. 

Baca Juga

Dalam dua musim terakhir, Faiq menjadi andalan di sektor gelandang sayap. Dia bisa bermain di sektor kanan maupun kiri lantaran kedua kakinya sama-sama hidup alias bisa melepaskan umpan dengan baik.

Pada periode 2021-2022, Faiq bermain 14 kali, dengan perincian sembilan starter dan lima kali pengganti. Lalu, dia bermain 17 kali, 10 starter dan tujuh kali pengganti.

Baca Juga

Kini, Faiq menjadi penghangat bursa transfer karena resmi angkat kaki. Ia menyatakan perjalanan bersama Chonburi FC sudah selesai usai menjalani dua musim yang mengesankan.

"Terima kasih @chonburi_fc_official untuk dua musim terakhir. Terima kasih khusus untuk penggemar yang telah luar biasa dari hari pertama. Semoga suatu hari kita bertemu lagi," tulis Faiq Bolkiah di Instagram pribadinya. 

Faiq memiliki banyak opsi. Bermodal menit bermain yang lumayan banyak bersama Chonburi, bukan hal sulit mendapat klub baru di Thailand. Dia juga bisa mengikuti jejak beberapa pemain Asia Tenggara bergeser ke Indonesia.

Baca Juga

1. Persis Jadi Opsi

Faiq Bolkiah saat memperkuat Leicester City.

Persis Solo bisa menjadi salah satu opsi bagi Faiq Bolkiah. Setelah Ryo Matsumura resmi diperkenalkan Persija Jakarta, Laskar Sambernyawa belum mengumumkan rekrutan anyar untuk pos gelandang sayap.

Moussa Sidibe menjadi opsi terdepan. Winger Johor Darul Takzim yang musim lalu dipinjamkan ke Ratchaburi, Thailand, memiliki kedekatan dengan pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, serta bomber Fernando Rodriguez.

Sidibe menjadi opsi pengganti Matsumura karena bisa berposisi gelandang sayap kanan dan kiri. Dia memiliki kaki kiri dengan akurasi umpan maupun tembakan yang tinggi.

Baca Juga

Hanya saja, bila menilik statistik di Thai League 1 2022-2023, Faiq cenderung lebih baik. Moussa Sidibe hanya bermain sembilan kali dengan catatan tujuh starter dan dua kali pengganti. 

Sementara Faiq bermain 17 kali dengan torehan dua gol. Dia hanya pernah mendapatkan satu kartu kuning, sementara Moussa Sidibe mengoleksi satu kartu kuning dan satu kartu merah.

Baca Juga

Maka, dengan peran yang sama sebagai seorang gelandang sayap, Faiq bisa dikatakan cukup layak bermain di Liga 1. Dia bisa diandalkan untuk jadi mesin gol atau penyuplai assist bagi para penyerang Persis Solo.


2. Perhatian Publik Brunei

Logo Persis Solo.

Andaikan Persis Solo mematenkan nama Faiq Bolkiah, Persis berpotensi mendapat keuntungan lebih besar daripada merekrut Moussa Sidibe. 

Statusnya sebagai warga kehormatan sekaligus pilar timnas Brunei membuat publik negara tetangga itu memberi perhatian lebih kepada klub Faiq.

Persis yang merayakan hari jadi ke-100 pada musim ini bakal mendapatkan popularitas luar biasa di Brunei Darussalam. Secara marketing, hal itu akan sangat bagus bagi Persis Solo.

Selain berpotensi menarik sponsor dari Brunei, pengikut media sosial Persis Solo juga bisa bertambah. Faiq memiliki 242.000 pengikut di Instagram atau unggul jauh dari Moussa Sidibe yang 49.000 pengikut.

Patut dinantikan pilihan Persis serta Faiq Bolkiah pada 2023-2024. Pelatih Leonardo Medina memastikan para pemain asing akan datang ke Solo pekan depan.

Para pemain asing Persis Solo memiliki waktu efektif sekitar 25-30 hari menuju kick-off Liga 1 2023-2024 pada 1 Juli mendatang.

Brunei DarussalamPersis SoloFaiq Jefri BolkiahLiga 1Bola IndonesiaChonburi FCBerita Liga 1One Football

Berita Terkini