x

Persaingan Bek Kiri Super Ketat, PSIS Percaya David Rumakiek Bangkit

Senin, 29 Mei 2023 01:46 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
David Rumakiek saat masih berseragam Persib di sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang tak ragu menghadirkan David Rumakiek pada Liga 1 2023-2024. Kebangkitan David Rumakiek bakal menghadirkan persaingan ketat di sektor bek kiri.

PSIS kembali menghadirkan kejutan pada bursa transfer. PSIS merasa belum cukup meski sudah merekrut Haykal Alhafiz dan Giovani Numberi.

Uniknya, PSIS mengambil David Rumakiek yang musim lalu berseragam Persib Bandung. David jarang bermain pada Liga 1 2022-2023 karena sempat mengalami cedera.

Hadirnya David, Haykal dan Giovani membuat persaingan sektor bek kiri menjadi super ketat. Sepeninggal Pratama Arhan yang dilepas ke Tokyo Verdy, PSIS juga kerap memasang Alfeandra Dewangga sebagai bek kiri.

Perekrutan deretan bek sayap ini sejatinya juga cukup mengherankan. PSIS di era pelatih asal Malta, Gilbert Agius, lebih sering menggunakan formasi 3-4-3.

Baca Juga

Namun, PSIS merasa kesempatan merekrut David tak bisa dilepas begitu saja. Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, menyebut David merupakan sosok penting pada Liga 1 2023-2024.

"David Rumakiek kami datangkan supaya sektor bek kiri lebih kuat. Selain itu, supaya pelatih juga memiliki banyak pilihan di posisi tersebut,” tutur CEO PSIS, Yoyok Sukawi.

Baca Juga

Terkait cedera yang pernah dialami David Rumakiek, PSIS tak sedikitpun merasa ragu. Sebelum resmi membubuhkan tanda tangan, David sudah menjalani tahap tes medis.

Tes medis itulah yang menjadi dasar PSIS Semarang dalam melakukan perekrutan pemain. PSIS cukup yakin David akan bangkit lagi, seperti halnya saat dipanggil Timnas Indonesia U-19.

"Terkait kondisi David Rumakiek yang musim lalu cedera, kami sebelum kontrak sudah melakukan tes medis, tes fungsi, dan tes fisik bagi David Rumakiek dan dari hasil tersebut David dinyatakan lolos," tegas Yoyok Sukawi.

Baca Juga

1. Optimis Potensi David

David Rumakiek saat bergabung dengan tim Persib, setelah menjalani operasi di bagian lutut.

Pengalaman mempertahankan Septian David Maulana menjadi pembelajaran penting bagi PSIS. Septian David yang absen sepanjang putaran pertama Liga 1 2022-2023 karena pemulihan cedera, langsung tampil ganas pada putaran kedua.

Septian David dalam 16 pertandingan mampu mencetak lima gol. Yoyok Sukawi pun yakin David akan mendapat sentuhan terbaik setelah sembuh dari cedera.

"Kami optimis David Rumakiek bisa beradaptasi terkait kondisinya seperti Septian David yang juga kembali ke performa terbaiknya setelah cedera yang cukup serius juga," papar Yoyok Sukawi.

Fans PSIS Semarang masih menunggu sosok rekrutan asing untuk posisi bek tengah dan gelandang tengah. Untuk pos tengah akan diisi pemain dari Asia Tenggara.

Satu nama yang sempat dihadirkan PSIS adalah Mark Hartmann. Namun ternyata, strata pemain asing Liga 1 tak memperbolehkan pemain yang sebelumnya bermain di Liga 2 Thailand.

Baca Juga

"Ya memang agak sulit untuk (kuota) ASEAN ini, butuh kesabaran dan hati-hati," ucap Yoyok Sukawi.

Sejauh ini, PSIS sudah mendatangkan delapan nama baru menatap Liga 1 2023-2024. Mereka adalah Haykal Alhafiz, Tri Setiawan, Gio Numberi, Mochammad Sabillah, Syaiful Syamsuddin, Gian Zola dan David Rumakiek.

Baca Juga

Masih ada tiga pemain lagi yang berpotensi didatangkan PSIS untuk menggenapi kuota pemain asing lima plus satu. Salah satu nama yang dirumorkan segera merapat ke PSIS adalah gelandang berpaspor Perancis, Boubakary Diarra.

PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1David Kevin Rumakiek

Berita Terkini