x

Madura United Pastikan Fachruddin Aryanto Gabung Timnas Indonesia Hadapi Argentina

Selasa, 30 Mei 2023 19:01 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Fachruddin Wahyudi Aryanto, kapten tim Madura United.

INDOSPORT.COM - Madura United memastikan Fachruddin Wahyudi Aryanto akan terbang menuju Jakarta untuk memperkuat Timnas Indonesia pada gelaran FIFA Match Day Juni nanti.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menghadapi dua lawan selama agenda uji coba internasional resmi dalam kalender FIFA (federasi sepak bola dunia) itu.

Yang pertama, anak asuh Shin Tae-yong bakal menghadapi Palestina. Laga ini direncanakan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (14/06/23).

Sementara laga kedua adalah menghadapi tim juara dunia. Argentina akan menjajal timnas di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (19/06/23) mendatang.

Selama gelaran uji coba internasional resmi FIFA itu, Shin Tae-yong memanggil 26 pemain. Salah satunya kapten tim Madura United, Fachruddin Wahyudi Aryanto.

Baca Juga

"Kami sudah mendapatkan surat resmi dari PSSI perihal pemanggilan Fachruddin Wahyudi Aryanto," ucap Manajer Madura United, Umar Wachdin Minggu (28/05/23).

Klub kebanggaan masyarakat di pulau garam itu lantas memperkuat komitmen untuk melepaskan pemainnya. Kendati di satu sisi, tim sedang berlatih intensif.

Baca Juga

Dalam satu pekan terakhir, Madura United memang berlatih kontinyu dalam persiapan menatap Liga 1 Indonesia 2023/2024 di bawah arahan Mauricio Souza.

"Kami izinkan untuk bergabung dalam FIFA Matchday (Indonesia vs Palestina) tanggal 14 Juni dan (versus Argentina) tanggal 19 Juni," bilang Umar.

"Karena itu sudah menjadi kewajiban klub dan juga akan menjadi waktu yang ideal untuk pemain tersebut," sambung dia.

Baca Juga

1. Andalan Shin Tae-yong

Pemain timnas Indonesia Fachruddin Aryanto menjawab pertanyaan media saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22).

Madura United sangat antusias dengan pemanggilan kapten sekaligus bek andalannya itu, kendati harus meninggalkan program persiapan tim untuk sementara.

Timnas Indonesia sendiri berencana menggelar Training Center di Surabaya pada Senin (5/6/23), sebagai persiapan menghadapi Palestina Rabu (14/06/23).

Sehingga, 26 pemain yang dipanggil sudah berkumpul di Surabaya. Setelah melawan Palestina, Indonesia juga dipastikan menjamu Argentina Senin (19/06/23).

"Ini menjadi momen penting timnas kita yang akan menjamu Argentina," bilang Manajer Madura United, Umar Wachdin kepada awak media Minggu (28/5/23). 

"Dia (Fachruddin) akan bergabung dengan skuat tim nasional pada 5 Juni mendatang," sambung figur yang sebelumnya manajer marketing Madura United tersebut.

Baca Juga

Fachruddin Wahyudi Aryanto memang salah satu pemain yang menjadi langganan Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Terutama sejak dilatih Shin-Tae yong.

Dia tergabung ke dalam skuat tim nasional ketika berlaga di Piala AFF 2020. Sayang, Indonesia kalah dalam dua leg babak final melawan Thailand.

Baca Juga

Setelah itu, Fachruddin juga diandalkan Shin Tae-yong saat bertarung di Kualifikasi Piala Asia 2023. Bermain di Kuwait, Indonesia lolos sebagai runner-up.

Kepercayaan Shin Tae-yong terhadap bek yang kini berusia 34 tahun bahkan tak meredup sepanjang akhir 2022. Fachruddin terus tampil dalam FIFA Match Day.

Yang terakhir, Fachruddin juga terlibat saat Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022. Namun, langkah timnas terhenti di babak semifinal oleh Vietnam.

Baca Juga
Timnas IndonesiaMadura United FCLiga IndonesiaFachruddin Aryanto

Berita Terkini