x

Usai Juara SEA Games, Menpora Tunggu Pembuktian Timnas U-22 di Asian Games

Rabu, 31 Mei 2023 09:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Menpora RI, Dito Ariotedjo, punya pesan Timnas Indonesia U-22. Foto: NOC Indonesia.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, berharap Timnas Indonesia U-22 tunjukkan penampilan terbaik di Asian Games 2022.

Skuad Garuda Muda dipastikan akan dikirim ke pesta olahraga terbesar se-Asia itu.

Setelah meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja, PSSI menyampaikan Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri akan mengikuti Asian Games 2022 yang diselenggarakan di China pada pada 22 September-7 Oktober.

Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menilai Timnas U-22 adalah cikal bakal tim senior di masa depan. Karenanya, para pemain harus dapat jam terbang internasional yang banyak supaya matang.

"Yang akan bermain di Asian Games 2022 adalah tim SEA Games 2023," ujar Erick.

Baca Juga

PSSI tetap mengirim Timnas U-22, kendati Asian Games 2022 mengizinkan tiap peserta mengirim Timnas U-24 karena sempat tertunda selama setahun. Biasanya, regulasi yang dipakai adalah U-23.

Menyikapi hal tersebut, Menpora berharap Timnas U-22 meraih prestasi. Ekspektasi masyarakat disebut sangat tinggi setelah tim meraih medali emas SEA Games 2023.

Baca Juga

Agar Timnas U-22 meraih hasil terbaik, Menpora menegaskan akan mendukung penuh persiapan skuad Garuda Muda. Pasalnya, sepak bola punya energi spesial yang bisa memotivasi seluruh cabang olahraga lainnya untuk berprestasi.

"Ini tantangan dan beban buat Pak Erick Thohir karena tak lama lagi kita Asian Games bulan Oktober," ujar Menpora.

"Kemenpora berharap kerja keras PSSI lima kali lipat, masyarakat menunggu kemenangan berikut, tenang Kemenpora serius dukung seluruh cabor," tambahnya lagi.

Baca Juga

1. Pesan Menpora

Menpora RI, Dito Ariotedjo, punya pesan Timnas Indonesia U-22. Foto: NOC Indonesia.

Dito Ariotedjo berpesan, penampilan Timnas U-22 tidak boleh jeblok. Euforia kemenangan di SEA Games harus segera disudahi dan fokus tatap kejuaraan berikutnya.

Di Asian Games 2018 lalu, Timnas U-23 berhasil lolos dari babak penyisihan grup. Tim asuhan Luis Milla kala itu baru terhenti di babak 16 besar setelah kalah adu penalti dari Uni Emirat Arab (UEA).

"Asian games harus dipastikan performa dan raihan prestasi. Kita nanti jangan sampai jeblok karena euforia sangat tinggi, sepak bola 70 persen digandrungi," tutur Menpora.

"Saya rasa walaupun banyak olahraga berjuang, tapi sepak bola bisa angkat semangat atlet lainnya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Dito Ariotedjo mengapresiasi program kerja PSSI di bawah pimpinan Erick Thohir. Kerja sama dengan Jepang sudah dilakukan dan akan berlanjut dengan Jerman.

Baca Juga

Menpora berharap PSSI juga memperhatikan pembinaan usia dini karena hal itu yang jadi konsen Presiden RI, Joko Widodo.

"PSSI sudah ada road map, kemarin ada kerja sama dengan Jepang itu buat angkat sepak bola kita lebih baik,

Baca Juga

"Harapannya PSSI juga harus fokus grassroot ini salah satu tugas dari Pak Presiden beliau ingin pembinaan usia dini dan liga yang dirasakan masyarakat," tuntasnya.

Sebelum turun di Asian Games 2022, Timnas U-22 akan diuji kemampuannya di Piala AFF U-22 2023. Kejuaraan akan berlangsung 7-26 Agustus mendatang di Thailand.

Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia dan Timor-Leste. Kejuaraan ini diikuti 10 negara. 

Baca Juga
Asian GamesTimnas U-22MenporaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Dito Ariotedjo

Berita Terkini