x

Dulu Ditolak di Indonesia, Kini Timnas Israel Cetak 3 Hal Mentereng di Piala Dunia U-20

Kamis, 1 Juni 2023 16:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Foto: REUTERS/Agustin Marcarian.

INDOSPORT.COM - Timnas Israel yang sempat ditolak main di Indonesia beberapa waktu lalu belum lama ini malah mencatatkan hal hebat di Piala Dunia U-20 2023.

Kini bermain di Argentina, mereka berhasil mencapai perempat final setelah menekuk Uzbekistan 1-0, Rabu (31/05/23).

Sebelumnya, untuk sampai di 16 besar, Timnas Israel U-20 harus bersaing di putaran penyisihan grup yang beranggotakan Kolombia, Jepang, dan Senegal.

Mereka finis di peringkat dua klasemen Grup C setelah mengumpulkan empat poin dari tiga laga, yang masing-masing berakhir dengan satu kali menang, imbang, dan kalah.

Sekarang melaju cukup jauh di Piala Dunia U-20 2023, berikut beberapa sejarah dan hal hebat yang diukir Israel U-20 di ajang ini.

Baca Juga

Lolos Dramatis

Berjuang demi tiket perempat final, Timnas Israel U-20 harus melalui jalan lumayan terjal dan berbatu saat menghadapi Uzbekistan U-20.

Baca Juga

Mereka harus bertanding penuh selama 90 menit dengan skor kacamata, yang kemudian pecah juga saat injury time.

Anan Khalaili menjadi pahlawan dengan mencetak gol pada menit ke-97 dan memastikan timnya lolos dari jerat 16 besar Piala Dunia U-20 2023.

Di perempat final nanti Timnas Israel U-20 akan menghadapi lawan yang nampaknya cukup berat, yakni Brasil U-20.

Baca Juga

1. Catatan Lainnya

Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Foto: REUTERS/Agustin Marcarian.

Cetak Sejarah

Tidak hanya gol Anan Khalaili yang menjadi highlight Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023, karena sepak terjang mereka di pertandingan grup ternyata juga tidak kalah menarik.

Hanya beberapa hari sebelumnya, Timnas Israel U-20 mencatatkan kemenangan pertama mereka di pertandingan Piala Dunia FIFA sepanjang sejarah.

Raihan tersebut diukir saat mereka memenangkan pertandingan melawan Jepang pada 27 Mei, lewat skor yang juga tipis, 2-1.

Dua gol Israel saat itu masing-masing diciptakan oleh Roy Navi dan Omer Senior, sedangkan Jepang hanya bisa mencetak satu angka melalui Isa Sakamoto.

Kemenangan atas Jepang ini pun menyelamatkan Israel di fase grup, mengingat sebelumnya mereka menderita kekalahan dari Kolombia dan imbang lawan Senegal.

Baca Juga

Pertama ke Piala Dunia U-20

Israel selama ini dikenal sebagai salah satu negara yang jarang berpartisipasi di Piala Dunia, baik di level junior maupun senior.

Edisi Argentina ini merupakan kali pertama bagi Israel untuk tampil di Piala Dunia U-20. Sebelum ini, tim senior mereka pernah tampil di turnamen senior 1970.

Baca Juga

Untuk diingat kembali, tim senior Israel berpartisipasi di Piala Dunia 1970 namun gagal mencatatkan satu pun kemenangan.

Dari tiga pertandingan grup, tim senior Israel meraih dua hasil imbang dan satu kekalahan. Mereka finis di posisi buncit dan gagal melaju ke fase gugur.

Dengan hasil sejauh ini di Piala Dunia U-20 2023, Israel pun layak berharap pada para pemain muda mereka untuk mencetak sejarah lagi bagi negaranya.

Baca Juga

2. Pernah Ditolak di Indonesia

Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Foto: REUTERS/Agustin Marcarian.

Keterlibatan Timnas Isreal di Piala Dunia U-20 2023 tidak lepas dari masalah. Salah satu yang paling diingat adalah penolakan kehadiran mereka di Indonesia.

Ya, perhelatan Piala Dunia U-20 2023 seperti diketahui, sedianya akan digelar di Indonesia pada bulan Mei kemarin.

Akan tetapi, jelang kompetisi dimulai, muncul beragam isu yang menjegal pelaksanaan event tersebut di negeri ini.

Isu penolakan termasuk yang paling banyak digaungkan masyarakat dari sejumlah kalangan. Beberapa pihak mengaku tidak mendukung kehadiran Israel di bumi pertiwi.

Setelah melalui polemik yang cukup ruwet, status tuan rumah Indonesia pun dicabut dan dialihkan ke Argentina.

Sebelum ramai-ramai timnas sepak bola Israel yang ditolak di main di Indonesia, sejumlah atlet dari negara mereka sejatinya sudah ada yang menginjakkan kaki di sini.

Beberapa di antaranya adalah Noa Shiran dan Yuval Shemla yang berkompetisi di cabor panjat tebing, lalu Mikhail Yakovlev (balap sepeda).

Tidak ketinggalan pula, Misha Zilberman, pemain bulutangkis yang sempat bermain untuk Israel di turnamen Kejuaraan Dunia di Istora Senayan tahun 2015.

Bahkan, kedatangan Misha Zilberman dari Singapura ke Indonesia pada saat itu juga sempat diwarnai drama visa yang cukup alot.

Kini, tentu patut dinanti apakah tim sepak bola Israel akan mencatatkan hasil impresif di Piala Dunia U-20 2023 setelah berbagai rintangan yang mereka hadapi.

Sumber: Times of Israel

IsraelPiala Dunia U-20Piala Dunia U-20 2023

Berita Terkini