x

Klub Penyumbang Pemain Terbanyak ke Timnas Indonesia, Bos Persib Rombak Program Latihan

Kamis, 1 Juni 2023 11:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (23/05/23).

INDOSPORT.COM - Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, bangga Persib Bandung menyumbang pemain paling banyak untuk Timnas Indonesia untuk persiapan FIFA Matchday. Namun, ia juga harus berkoordinasi untuk mengubah jadwal latihan. 

Sebagai informasi, Timnas Indonesia memanggil sebanyak 26 pemain untuk persiapan FIFA Matchday, dari jumlah tersebut empat di antaranya merupakan pilar Persib Bandung yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Edo Febriansyah.

Pemanggilan keempat pemain Persib tersebut, disampaikan melalui surat bernomor 1677/AGB/264/V-2023. Mereka, diharapkan bisa mengikuti rangkaian program tersebut yang akan mulai berlangsung di Jakarta pada tanggal 5 Juni 2023. 

Skuat Garuda sendiri dijadwalkan akan melakoni dua pertandingan internasional, yakni menghadapi Palestina pada 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan Argentina pada 19 Juni di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Menurut Teddy, dengan banyak pemain Persib yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas, hal itu menjadi kebanggaan. Pasalnya, mereka akan berjuang untuk negara.

Baca Juga

Lebih lanjut Teddy memastikan, manajemen Persib sangat mendukung dan memberikan izin kepada pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Karena, bermain untuk tim nasional merupakan cita-cita seluruh pesepakbola profesional.

"Informasi yang kita terima, jumlah empat adalah pemain yang terbanyak (di Timnas) dari satu klub untuk Timnas saat ini," kata Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

"Pasti bangga. Siapa sih yang tidak bangga untuk bisa bermain buat Timnas. Yang pasti kita, karena ini memang program nasional dan kepentingan bangsa di atas segalanya. Pasti kita dukung," tegas Teddy.

Baca Juga

Manajemen Persib menurut Teddy, akan berkoordinasi dengan tim pelatih terkait pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Sebab, program skuat Garuda bersamaan dengan persiapan tim Maung Bandung untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Namun, yang pasti manajemen Persib mendukung pemainnya bergabung dengan Timnas Indonesia untuk persiapan menghadapi FIFA Matchday Juni mendatang.

"Itu nanti kita sedang akan koordinasi dengan tim pelatih untuk mekanisme pemain yang dipanggil Timnas," ungkap Teddy.

Baca Juga

1. Persiapan Persib Bandung

Pelatih Persib, Luis Milla saat memimpin latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

Sementara itu, sebelumnya pemain Persib yang mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, sangat antusias untuk mengikuti pertandingan FIFA Matchday, apalagi lawan yang dihadapi adalah juara dunia yakni Argentina.

Pasalnya, dengan FIFA Matchday tersebut, pemain bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga. Lantaran, Argentina dihuni banyak pemain berkualitas.

Selain itu, pelatih Persib, Luis Milla, sebelumnya juga memberikan tanggapan terkait adanya pemanggilan anak asuhnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Menurut Luis Milla, pemanggilan pemain oleh tim nasional merupakan hal biasa. Sehingga, pihaknya harus mengizinkan anak asuhnya bergabung dengan Timnas.

"Pemanggilan pemain ke tim nasional itu adalah peraturan dan kami di klub tidak bisa berbuat apa-apa," ungkap Luis Milla.

Baca Juga

Lebih lanjut Luis Milla menuturkan, sebelum keempat pemain tersebut bergabung dengan Timnas Indonesia, mereka rencananya akan berkumpul lebih dulu dengan rekan-rekannya di skuat Maung Bandung.

Sebagai informasi, tim Persib rencananya akan mengumpulkan pemainnya pada 5 Juni untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang rencananya akan digelar pada Juli mendatang.

Baca Juga

Setelah berkumpul dengan tim Persib, keempat pemain tersebut baru akan bergabung dengan Timnas Indonesia untuk persiapan FIFA Matchday mengahadapi Palestina dan Argentina.

"Rencananya mereka di tanggal 5 akan akan berkumpul dengan pemain-pemain yang lain dan setelahnya di tanggal 6 atau 7 mereka akan bergabung dengan tim nasional," ungkap pelatih Persib Bandung, Luis Milla.

Baca Juga
Persib BandungTimnas IndonesiaLiga IndonesiaDiklat PersibBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini