x

5 Fakta Mencengangkan Jelang Manchester City vs Man United di Final Piala FA

Sabtu, 3 Juni 2023 13:56 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Erling Haalad (kanan) mencetak Hattrick di laga Man City vs Man United (02/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM - Jelang laga final Piala FA 2022-2023 antara Manchester City vs Manchester United, ada lima fakta mencengangkan yang patut kalian ketahui.

Pertandingan final Piala FA 2022-2023 antara Manchester City vs Manchester United bakal tersaji di Stadion Wembley pada Sabtu (01/06/23) pukul 21.00 WIB.

Final Piala FA 2022-2023 dipastikan berjalan panas, lantaran Manchester City dan Manchester United punya gengsi yang tinggi.

Apalagi kedua tim sama-sama menjadi wakil dari Kota Manchester. Pastinya panasnya laga tidak hanya di dalam lapangan, tetapi juga di bagian tribun penonton.

Melawan jawara Liga Inggris musim ini, Setan Merah diprediksi tetap bisa memberikan perlawanan sengit. Apalagi kemenangan di Wembley membuat mereka bisa mencegah upaya The Citizens meraih treble winner.

Baca Juga

Man United sendiri menjadi tim yang paling banyak meraih kemenangan melawan The Citizens dalam lima dari 11 pertemuan terakhir.

Meski begitu, komposisi pemain asuhan Pep Guardiola pada musim ini diakui jauh di atas Man United. Terbukti adanya sosok Erling Haaland yang sukses menjadi mesin gol City.

Bek Manchester United yaitu Raphael Varane sempat menegaskan siap untuk menghentikan sang monster Liga Inggris tersebut.

Baca Juga

Ia sudah menemukan cara yaitu dengan memotong koneksi Erling Haaland dengan Kevin De Bruyne. Pasalnya sang striker sering mendapatkan umpan manis dari De Bruyne.

Jelang melihat panasnya final Piala FA antara Manchester City vs Man United, berikut INDOSPORT telah merangkum sejumlah fakta menarik:

Baca Juga

1. 1. Patahkan Tradisi 152 Tahun

Prediksi pertandingan antara Mancherter City vs Manchester United (FA Cup).

Bakal ada satu tradisi unik yang bakal dirubah saat final Piala FA 2022/23 antara Manchester City vs Man United pada Sabtu (03/06/23) malam WIB nanti.

Dalam kurun waktu 152 tahun, setelah final Piala FA berakhir nama tim pemenang pasti akan diukir di trofi. Namun tradisi tersebut bakal berubah di laga Manchester City vs Manchester United.

Final Piala FA 2022-2023 kali ini cukup unik karena mempertemukan rival sekota Manchester. Hal itu membuat, kata "Manchester" akan terlebih dahulu diukir di trofi sebelum kick off.

Setelah pertandingan berakhir, barulah petugas menambahkan satu kata lagi sesuai dengan nama pemenang. Pilihannya hanya antara "City" atau "United".

Hal tersebut akan menjadi salah satu momen langka dalam sejarah ajang Piala FA. Siapa pun yang juara, trofi kali ini akan terasa lebih spesial, seperti yang diutarakan oleh official designer trofi FA Cup, Thomas Lyte.

Baca Juga

"Mengukir trofi dengan nama kota yang pada akhirnya bakal juara, bahkan sebelum pertandingan dimulai, adalah sikap yang luar biasa,' ujar Thomas Lyte, official designer trofi FA Cup.

2. Manchester United Unggul Head to Head di Piala FA

Manchester City memang unggul segalanya atas Man United pada musim 2022-2023 ini. Akan tetapi, fans Setan Merah tidak perlu takut lantaran tim kebanggaannya punya catatan impresif dalam sejarah pertemuan di Piala FA.

Tercatat, City dan MU pernah enam kali bersua di ajang Piala FA. Setan Merah sukses menang sebanyak lima kali, di mana terakhir mereka menekuk City dengan skor 3-2 pada 2012 silam.

Manchester City hanya sekali menang atas Man United dalam pertemuan di ajang Piala FA, yaitu pada semifinal, musim 2010-2011 silam.

Baca Juga

3. Pertemuan Pertama Kedua Tim di Final Piala FA

Final Piala FA 2022-2023 ini akan menjadi sejarah bagi sepak bola Inggris. Pasalnya, duel malam nanti menjadi pertemuan pertama antara Manchester City dan Manchester United di partai puncak FA Cup.

Dua klub rakasa asal Manchester tersebut belum pernah saling berebut trofi di final ajang bergengsi. Panggung final Piala FA kali ini jadi derby Manchester pertama yang patut untuk disaksikan.

Baca Juga

2. 4. Final Piala FA ke-12 untuk Manchester City

Prediksi pertandingan antara Mancherter City vs Manchester United (FA Cup).

Piala FA musim 2022-2023 bakal menjadi final ke-12 bagi Manchester City. Sebelumnya, The Citizens menorehkan catatan dengan 6 kemenangan dan 5 kali kalah di final Piala FA.

Mereka terakhir kali meraih gelar juara Piala FA pada 2019 lalu, di mana saat itu pasukan Pep Guardiola sukses mengalahkan Watford dengan skor enam gol tanpa balas alias 6-0.

5. Final Piala FA ke-21 Bagi Manchester United

Sementara itu, baagi Man United duel melawan Man City nanti malam menjadi laga final ke-21 di Piala FA. Ini menjadi yang terbanyak dalam sejarah kompetisi dan selevel dengan Arsenal.

Manchester United tercatat sudah pernah meraih 12 kali juara Piala FA. Mereka menjadi klub dengan torehan terbanyak di antara para pemenang lainnya di daratan Inggris.

Manchester UnitedManchester CityPep GuardiolaPiala FAErling Braut HaalandErik ten Hag

Berita Terkini