x

Profil Mattia Zanotti, Bek Muda Inter Milan Andalan Pertahanan Timnas Italia U-20

Minggu, 4 Juni 2023 15:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Mattia Zanotti (nomor 2) saat membela timnas Italia U-20.

INDOSPORT.COM - Mengenal Mattia Zanotti, bek muda Inter Milan yang jadi andalan pertahanan Timnas Italia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Mattia Zanotti bersinar bersama Timnas Italia U-20 yang tengah berjuang di pesta sepak bola dunia kelompok usia muda di Argentina pada Mei-Juni 2023.

Melansir dari Sofascore, Zanotti memainkan peran pentingnya di skuad Italia U-21 saat mengalahkan Inggris di babak 16 besar Piala Dunia U-20 2023.

Bermain di Stadion Ciudad de La Plata, pada 31 Mei 2023, Zanotti tidak hanya membantu lini pertahanan skut Italia U-20 tetapi juga menyisir sisi kanan untuk membangun serangan tim.

Menurut statistik, Zanotti sangat andal dalam bertahan dengan catatan 3 kali clearance, 2 intersep dan empat tekel saat menghadapi para pemain Inggris U-20.

Baca Juga

Ada pun dari segi distribus bola, pemain muda Inter Milan tersebut mencatat akurasi umpan 78 persen dari 80 sentuhan  bola yang dia lakukan selama 90 menit pertandingan.

Performa apik Zanotti berlanjut saat membantu Italia U-21 mengalahkah Kolombia U-21 dengan skor 1-3 untuk memastikan lolos ke babak semifinal Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Zanotti juga bermain selama 90 menit dengan catatan dari segi bertahan, yakni 3 kali sapuan, 1 blok tembakan lawan, 8 kali tekel.

Selain itu, Zanotti mencatatkan satu kali tembakan tepat sasaran dari 64 sentuhan bola yang dia lakukan. Akurasi umpan agak menurun dari laga sebelumnya, yakni 67 persen.

Siapa sebenarnya Mattia Zanotti? Sosoknya yang begitu vital di lini pertahanan Timnas Italia U-20 memancing INDOSPORT untuk mengupas profilnya.

Baca Juga

1. Bek Kesayangan Simone Inzaghi

Selebrasi para pemain timnas Italia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Mattia Zanotti merupakan pemain kelahiran Brescia pada 11 Januari 2003 silam. Dirinya memainkan posisi sebagai bek kanan.

Bek sayap tersebut dipanggil memperkuat Timnas Italia U-20 setelah menunjukkan kemampuan apiknya bersama tim Primavera Nerazzurri musim ini.

Fleksibilitasnya sebagai seorang bek menjadi nilai tambah. Dirinya tidak hanya bermain di sektor sayap belakang tetapi juga di lini tengah untuk tim muda Inter Milan.

Zanotti menghabiskan waktu enam tahun di Biancazzurri antara tahun 2011-2017. Dia kemudian beralih ke Inter Milan pada usia 14 tahun dan mulai mewakili tim U-15 klub tersebut.

Pelatih Inter Milan Primavera, Armando Madonna, tertarik merekturnya dan memasukkannya ke skuat U-18 di usianya yang baru 16 tahun pada 2018.

Baca Juga

Pemain berjulukan Il Trattore atau Sang Traktor tersebut memiliki fisik kuat dan tangguh. Posturnya setinggi 177 sentimeter menjadi bukti bahwa Zanotti bukanlah bek kaleng-kaleng.

Pesonanya yang cemerlang di tim muda Inter Milan akhirnya menarik perhatian pelatih skuat senior, Simone Inzaghi.

Baca Juga

Dia berkesempatan debut bersama Inter di ajang Liga Italia sebagai pemain pengganti pada Maret lalu saat menghadapi Lecce. Dia tampil sekali lagi saat Inter menggilas Verona 0-6 pada Mei lalu.

Zanotti sendiri tidak melanjutkan tugasnya bersama Timnas Italia U-20 karena dirinya dipanggil untuk memperkut timnas senior jelang UEFA Nations League kontra Spanyol pada 16 Juni 2023 mendatang.

Berkat kecemerlangannya tersebut, Mattia Zanotti juga kini mulai dilirik sejumlah klub seperti Lazio, PSV Eindhoven, Lorient dan AZ Alkmaar.

Baca Juga
ItaliaInter MilanLiga ItaliaPiala Dunia U-20 2023Berita Liga ItaliaMattia Zanotti

Berita Terkini