x

Motivasi Berlipat Sandy Walsh Lakoni Debut Timnas Indonesia di Kampung Halaman Sang Kakek

Senin, 5 Juni 2023 11:16 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh, terus mempersiapkan diri untuk tampil membela Timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday di bulan Juni ini. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh, terus mempersiapkan diri untuk tampil membela Timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday di bulan Juni ini. Sandy Walsh bersiap menghadapi Palestina dan juga Argentina.

Sandy Walsh memang berpeluang melakoni debut membela Timnas Indonesia. Dirinya masuk dalam daftar 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih Timnas Indonedsia, Shin Tae-yong untuk agenda FIFA Matchday bulan Juni ini.

Timnas Indonesia memang memiliki dua laga uji coba dalam FIFA Matchday periode ini. Skuat Garuda akan menghadapi Palestina pada 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dilanjutkan lima hari berikutnya yakni pada 19 Juni skuat Garuda melakoni laga akbar menghadapi Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Bakal melakoni debut bersama Timnas Indonesia, Sandy Walsh yang akan debut  mempersiapkan diri dengan baik. Pemain yang berkarier di KV Mechelen ini berlatih khusus secara mandiri.

"Sesi individual dengan latihan spesialis untuk bek kanan. Satu lagi sebelum terbang ke Surabaya," tulisnya.

Baca Juga

Peluang Sandy melakoni debut bersama Timnas Indonesia ini cukup besar di FIFA Matchday ini. Sandy yang berposisi sebagai bek kanan  peluangnya cukup besar karena Asnawi Mangkualam yang biasa mengisi pos tersebut mengalami cedera.

Sandy Walsh sebenarnya telah memiliki status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) sejak akhir tahun 2022. Namun, hingga saat ini, ia belum dapat memperkuat timnas Indonesia.

Baca Juga

Sandy tidak bermain di ajang Piala AFF karena memprioritaskan tampil bersama klubnya.

Lalu bek berusia 28 tahun ini juga absen pada FIFA Matchday Maret 2023 karena mengalami cedera. Hal ini membuat Sandy Walsh harus menunda debutnya bersama timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Kakek dari Surabaya

Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Rasa antusias Sandy Walsh pun semakin berlipat setelah salah satu laga FIFA Matchday yakni melawan Palestina berlangsung di Surabaya yang merupakan kampung halaman kakek Sandy.

Sandy Walsh memiliki darah Indonesia melalui ibunya yaitu Brigitta Portier. Ayah Brigitta Porier berasal dari Surabaya dan ibunya berasal dari Malang.

“Saya baru saja mendengar kabar dari PSSI terkait FIFA Matchday Juni di Surabaya," ujar Sandy Walsh dilansir dari kanal Youtube Kehidupan Sandy Walsh.

"Itu merupakan kampung halaman kakek saya. Saya sangat senang mendengarnya. Semangat."

"Sampai jumpa di FIFA Matchday Juni,” ujarnya.

Baca Juga

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, mengatakan bahwa laga Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday ke depannya tidak hanya dihelat di Jakarta.

Zainudin Amali menilai laga FIFA Matchday berikutnya bisa digelar di luar kota Jakarta yang tentunya memiliki venue atau stadion memadai dan berkualitas.

Baca Juga

Timnas Indonesia memang memiliki agenda FIFA Matchday di bulan Juni ini. Setidaknya skuat Garuda memiliki dua laga uji coba internasional periode ini.

Timnas Indonesia bakal menghadapi Palestina pada 14 Juni mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sementara laga kedua, Timnas Indonesia bakal menghadapi Argentina pada 19 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Memang sudah terlihat sebelumnnya untuk FIFA Matchday periode Juni dua laga dibagi di dua daerah, yakni Surabaya dan Jakarta.

Baca Juga
ArgentinaTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini