x

Profil 3 Pemain Muda yang Dibuang Persija, Bukan Kaleng-kaleng Label Timnas U-20

Senin, 5 Juni 2023 13:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Logo Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta terus melakukan pembenahan skuat dalam menyongsong bergulirnya Liga 1 Indonesia 2023-2024. Tim Macan Kemayoran baru saja melepas tiga pemain mudanya.

Mereka adalah Frengky Missa (19 tahun), Ginanjar Wahyu Ramadhani (19 tahun), dan Achmad Maulana Syarif (20 tahun). Ketiganya dilepas dengan status pinjaman selama satu musim kedepan.

Persija tidak menjelaskan secara detail ketiganya dipinjamkan ke mana, namun yang pasti kepada kontestan Liga 1 lain. Mereka mengambil langkah bukan tanpa alasan.

Manajemen memilih untuk meminjamkan tiga pemain tersebut dengan harapan Frengky, Ginanjar, dan Achmad Maulana bisa mendapatkan pengalaman baru.

Sejatinya, ketiga daun muda Persija ini bukanlah pemain sembarangan. Mereka kerap menerima panggilan timnas Indonesia U-20 beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mengulik profil dari masing-masing-masing-masing tiga pemain muda milik Persija Jakarta ini yang harus tersingkir dari skuat Thomas Doll di Liga 1 2023-2024.

Ginanjar Wahyu

Ginanjar Wahyu merupakan merupakan satu pemain muda potensial Persija. Bahkan, pemain berpostur 1,79 meter ini sudah mendapat kepercayaan dari pelatih Thomas Doll untuk bermain bersama tim senior pada musim lalu.

Sebelum bermain untuk tim senior, pemain kelahiran Jakarta ini sempat menimba ilmu di beberapa akademi dan sekolah sepak bola. Di antaranya Inspire Academy (2019-2020), POPDA Kota Bandung (2021), Bhayangkara FC U-18 (2021), dan Persija U-18 (2022). 

Baca Juga

Ginanjar mencatat debut di skuat utama Persija pada 23 Juli 2022. Gol pertamanya lahir ketika bertemu dengan PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1 2022-2023 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (8/1/23). 

Sementara itu, Ginanjar Wahyu juga mendapat kepercayaan membela timnas Indonesia. Setidaknya dia masuk dalam daftar skuat Garuda Nusantara di Piala Asia U-20 2023.

Di laga perdana kontra Irak, Ginanjar sempat bermain selama 27 menit. Dalam laga perdana itu, timnas Indonesia U-20 harus kalah dengan skor akhir 0-2. 

Baca Juga

1. Frengky Missa

Pemain muda Persija Jakarta, Frangky Missa.

Senada dengan Ginanjar Wahyu, Frengky Missa juga salah satu pemain yang mendapat kesempatan bermain untuk tim Persija Jakarta senior di kancah Liga 1 2023-2024. 

Dirinya kerap mendapat kepercayaan pelatih Persija, Thomas Doll, untuk bahu-membahu bertarung di Liga 1 musim lalu bersama rekan setim.

Jauh sebelum bergabung bersama Persija Jakarta, Frengky Missa sempat menimba ilmu sepak bola di Persab Belu, sebuah tim lokal di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. 

Baca Juga

Pemain berkaki kidal itu juga sempat masuk dalam skuat tim sepak bola kontingen NTT yang berlaga di PON XX 2021 Papua. 

Frengky Missa baru bergabung bersama Persija pada Juni 2022. Penampilannya memikat Thomas Doll, sehingga dia dipromosikan ke skuat senior.

Baca Juga

Keberhasilannya menembus skuat senior Persija Jakarta, membuat Frengky Missa akhirnya menarik perhatian pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

Pemain kelahiran Soe, NTT ini melakoni debut di timnas Indonesia U-20 saat menghadapi Timor Leste di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 tahun lalu. Dia kini sudah mencatatkan 12 penampilan bersama timnas U-20.


2. Achmad Maulana

Pemain Timnas Indonesia, Achmad Maulana Syarif. (Foto: Instagram@achmad19m)

Berbeda dengan Ginanjar Wahyu dan Frengky Missa, nama Achmad Maulana tentu masih asing untuk penggemar Persija Jakarta. Wajar karena dia belum diberi kesempatan debut bersama tim senior.

Meski begitu, Achmad Maulana ternyata juga salah satu penggawa Persija Jakarta yang mendapat panggilan memperkuat timnas Indonesia U-20. Dia lebih sering masuk skuat dalam agenda pemusatan latihan (TC) jangka panjang.

Bahkan, Maulana menjadi salah satu pemain andalan pelatih timnas U-20, Shin Tae-yong. Ia juga pernah ikut membela skuat Garuda Nusantara saat tampil di ajang Piala Asia U-20 Uzbekistan.

Bursa TransferPersija JakartaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Timnas Indonesia U-20Thomas DollOne FootballFrengky Missa

Berita Terkini