x

5 Fakta Mencengangkan Jelang Final Liga Champions Manchester City vs Inter Milan

Jumat, 9 Juni 2023 15:47 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Erling Haaland dan Phil Foden saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

INDOSPORT.COM - Ada lima fakta mencengangkan jelang final Liga Champions Eropa musim 2022-2023 yang menyajikan duel panas antara Manchester City vs Inter Milan.

Seperti diketahui, Liga Champions 2022-2023 bakal memasuki partai puncak. Laga Manchester City vs Inter Milan siap tersaji di Ataturk Olympic Stadium, Turki, Minggu (11/06/23) pukul 02.00 dini hari WIB.

Ini menjadi pertemuan perdana kedua tim di panggung bergengsi Eropa. Manchester City tercatat belum pernah juara Liga Champions, sementara Inter Milan sudah tiga kali mengangkat trofi.

The Citizens punya misi penting yakni memperoleh treble winners pada musim 2022-2023 ini. Sebelumnya mereka sukses menjuarai Liga Inggris dan Piala FA.

Begitu juga Inter Milan di bawah asuhan Simone Inzaghi yang baru saja meraih gelar juara Coppa Italia serta Piala Super Italia.

Baca Juga

Manchester City memiliki catatan impresif musim ini di mana mereka belum terkalahkan di Liga Champions Eropa di bawah besutan Pep Guardiola.

Meski demikian, The Citizens tidak boleh menganggap remeh Inter Milan. Pasalnya, anak-anal asuh Simone Inzaghi memiliki kekuatan yang jadi ancaman berbahaya lawan-lawannya.

Baca Juga

Sebut saja Edin Dzeko, Lautaro Martinez hingga Romelu Lukaku yang jadi andalan di lini depan. Selain itu ada Andre Onana yang tampil perkasa di bawah mistar gawang.

Sementara itu, jelang final Liga Champions antara Manchester City vs Inter Milan, ada sejumlah fakta menarik yang telah kami rangkum.

Baca Juga

1. 1. Man City dan Inter Belum Pernah Bertemu

Prediksi Pertandingan antara Manchester City vs Inter Milan (Liga Champions).

Final Liga Champions Eropa musim 2022-2023 bakal menjadi pertemuan perdana Manchester City dan Inter Milan. Mereka tercatat belum pernah bertemu sebelumnya di pentas Eropa.

Hal ini lantaran Manchester City yang baru mengalami perkembangan dalam beberapa tahun ke belakang. Berbeda dengan Inter Milan yang kerap tampil di kompetisi Eropa.

The Citizens mulai ditakuti oleh raksasa Eropa setelah dibeli oleh Sheikh Mansour yang merupakan salah satu anggota Abu Dhabi United Group for Development and Investment (ADUG), sebuah perusahaan investor kaya dari Uni Emirat Arab sana.

Ia membeli 90 persen milik Thaksin yang berkisar mencapai nilai 81,6 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,3 triliun (nominal saat Thaksin membeli City pada 2007 silam).

2. Final Pertama di Istanbul Sejak Duel Dramatis 18 Tahun Silam

Final Liga Champions terakhir yang digelar di Istanbul masih dikenang oleh penggemar sepak bola meski sudah 18 tahun lamanya. Kala itu ada duel panas antara klub Inggris (Liverpool) dan Italia (AC Milan).

Baca Juga

Di laga final 18 tahun silam, AC Milan berhadapan dengan Liverpool yang masih diperkuat oleh Steven Gerrard. Di kubu Rossoneri masih ada sosok Paolo Maldini dan Crespo.

Duel tersebut menjadi final paling dramatis karena AC Milan sempat unggul 3-0 di babak pertama. Namun keajaiban terjadi setelah Liverpool mampu menyamakan kedudukan 3-3 hanya dalam waktu enam menit.

Kepercayaan diri dan semangat juang Liverpool menjadi berlipat ganda. Sedangkan mentalitas AC Milan ambruk sampai akhirnya harus mengakui keunggulan Si Merah di babak adu penalti.

Baca Juga

3. Taktik Menyerang vs Bertahan

Final Liga Champions 20222-2023 bakal berlangsung seru lantaran Manchester City dan Inter Milan memiliki statistik bertolak belakang.

Manchester City sangat ofensif di musim ini. Mereka menjadi tim yang punya catatan gol terbanyak dengan 31 gol di Liga Champions.

Sedangkan Inter Milan cukup dominan pada statistik bertahan. Pasukan Simone Inzaghi punya catatan tekel terbanyak di Liga Champions musim ini dengan 179 kali tekel.

Baca Juga

2. 4. Inter Milan 13 Tahun Absen di Final Liga Champions

Edin Dzeko, pemain Inter Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Final Liga Champions musim 2022-2023 tentu akan dimanfaatkan dengan maksimal oleh Inter Milan setelah mereka absen cukup lama di partai puncak.

Inter Milan terakhir kali lolos ke final Liga Champions Eropa pada musim 2009-2010 silam. Kala itu mereka meraih juara setelah menang 2-0 atas Bayern Munchen di Santiago Bernabeu di Madrid.

Dua gol dari Diego Milito membuat Nerrazzuri mengangkat trofi juara di bawah besutan Jose Mourinho.

Sedangkan Manchester City sendiri terakhir lolos ke final Liga Champions pada musim 2020-2021 lalu. Sayang saat itu mereka ditekuk Chelsea dengan skor 0-1.

5. Laga Penuh Emosi Bagi Edin Dzeko

Edin Dzeko menjadi pemain yang paling disorot di final Liga Champions musim ini. Pasalnya, ia bakal bersua Manchester City yang pernah merekrutnya pada musim 2011 hingga 2016 silam.

Sang striker juga sempat membawa The Citizens meraih juara Liga Inggris di era Roberto Mancini. Dari Manchester City, Edin Dzeko kemudian hengkang ke Liga Italia dengan memperkuat AS Roma pada 2016 hingga 2021 lalu.

Selanjutnya ia hengkang ke Inter Milan hingga musim ini. Tentu duel melawan Manchester City bakal menjadi partai emosional bagi striker asal Bosnia tersebut.

Manchester CityLiga ChampionsInter Milan

Berita Terkini