x

Ricardo Salampessy, Legenda Sepak Bola Ambon Calon Pelatih Baru Persipura di Liga 2

Sabtu, 10 Juni 2023 19:36 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy

INDOSPORT.COM – Mengenal kembali sosok Ricardo Salampesy, salah satu legenda sepak bola asal Ambon yang berpotensi tukangi Persipura di Liga 2 musim depan.

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 2 musim 23/24, Persipura sebagai salah satu peserta terlihat belum menemukan sosok pelatih yang bakal memimpin Laskar Mutiara Hitam.

Di musim lalu, Persipura sejatinya sudah mengontrak Ricky Nelson untuk melatih Boaz Solossa cs dan ditargetkan bisa promosi ke Liga 1.

Akan tetapi belum setengah musim kompetisi berjalan, Liga 2 harus terhenti imbas dari tragedi Kanjuruhan.

Ditengah tak menentunya nasib Liga 2 saat itu, akhirnya Persipura dan Ricky Nelson sepakat untuk berpisah. Hingga saat ini, kursi kepelatihan The Black Pearl pun masih kosong.

Baca Juga

Dalam beberapa waktu terakhir, ada sejumlah nama yang masuk dalam bursa calon pelatih baru Persipura di Liga 2 musim 23/24.

Beberapa diantaranya bahkan merupakan legenda Persipura dan sosok penting dalam membantu klub merajai kompetisi Liga Indonesia.

Baca Juga

Nama-nama yang masuk dalam calon pelatih Persipura diantaranya adalah Eduard Ivakdalam, Ricardo Salampessy, Rully Nere, Mettu Dwaramuri dan juga Bio Pauline.

Dari sekian banyak nama tersebut, sosok Ricardo Salampessy cukup menarik perhatian lantaran pesepak bola asal Ambon itu tercatat masih aktif sebagai penggawa Persipura musim lalu.

Meski masih jadi pemain, namun Ricardo Salampessy ternyata sudah memiliki lisensi kepelatihan AFC A dan membuatnya memenuhi syarat untuk melatih klub Liga 2.

Walau belum ada keputusan resmi apakah Ricardo Salampessy yang ditunjuk sebagai pelatih Persipura, namun menarik disimak profil serta prestasi mentereng defender tangguh asal Maluku ini selama era keemasannya di Liga Indonesia.

Baca Juga

1. Profil Ricardo Salampessy

Bek Senior Persipura saat menjalani latihan bersama rekan-reka

Ricardo Salampessy adalah salah satu pesepak bola berbakat Indonesia yang lahir pada 18 Februari 1984 silam, Ambon, Maluku.

Selama kariernya, Ricardo Salampessy dikenal sebagai seorang bek tangguh yang pernah memperkuat klub-klub ternama Tanah Air seperti Persiwa Wamena, Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC.

Akan tetapi, sinar Ricardo Salampessy paling terlihat dan dikenal saat dirinya membela Persipura dari musim 2005 hingga 2013, serta di tahun 2015 sampai sekarang.

Sebelum mentas di level profesional, nama Ricardo Salampessy lebih dulu jadi sorotan ketika masuk dalam skuad sepak bola provinsi Papua di Pekan Olahraga Nasional pada tahun 2004.

Pada saat itu, tim sepak bola Papua PON 2004 dianggap sebagai generasi emas sepak bola Papua lantaran menghasilkan banyak talenta berbakat termasuk Ricardo Salampessy.

Baca Juga

Usai membawa Papua raih emas di cabor sepak bola PON 2004, Ricardo Salampessy langsung mendapat kontrak bersama Persiwa Wamena.

Walau hanya semusim, namun penampilannya di skuat Kasuari Hijau sukses membuat Persipura yang merupakan tim besar di Provinsi Papua langsung tertarik merekrutnya.

Baca Juga

Bersama Persipura, bakat Ricardo Salampessy semakin terasah dan terbukti dirinya sangat sulit tergantikan di sektor sebelah kanan pertahanan Mutiara Hitam.

Tak tanggung-tanggung, Ricardo Salampessy habiskan tujuh musim Persipura dan berhasil membawa tim asal Jayapura itu merajai kompetisi domestik.

Berbagai gelar juara serta prestasi individu pun berhasil ditorehkan Ricardo Salampessy bersama Persipura, prestasi yang membuktikan betapa vital dan pentingnya peran Salampessy di skuad Mutiara Hitam.

Baca Juga

2. Prestasi Ricardo Salampessy

Jacksen Tiago saat memberikan arahan kepada bek senior Persipura, Ricardo Salampessy.

Selama memperkuat Persipura, tercatat Ricardo Salampessy sudah memenangi hampir semua gelar domestik di Liga Indonesia.

Gelar juara pertama yang diraih Ricardo Salampessy bersama Persipura Jayapura adalah Liga Super Indonesia pada musim 2008/09.

Tak cuma sekali, Ricardo Salampessy bahkan mampu membawa Persipura dua kali angkat trofi di kasta teratas Liga Indonesia pada musim 2010/11 dan 2013.

Selain liga, Ricardo Salampessy juga sukses memenangkan gelar Indonesian Community Shield tahun 2009 serta Inter Island Cup di tahun 2011.

Untuk urusan penghargaan individu, bek kanan penggemar AC Milan ini juga mampu menyabet gelar pemain terbaik Liga Indonesia musim 2005 serta masuk dalam daftar Liga 1 Team of the Season tahun 2019.

Di level timnas, Ricardo Salampessy memulai perjalanannya bersama skuad Garuda Muda yakni di level U-23 pada tahun 2005 silam.

Kemudian pada tahun 2006, Ricardo Salampessy resmi jadi langganan Timnas Indonesia senior dan sudah torehkan 22 caps serta mencetak satu gol buat tim Merah Putih.

Persipura JayapuraRicardo SalampessyLiga 2Berita Liga 2

Berita Terkini