x

Profil Andre Onana, Kiper Baru Man United Pengganti David de Gea dari Inter Milan

Minggu, 18 Juni 2023 14:44 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Kiper Timnas Kamerun, Andre Onana dalam pertandingan pertama Grup G Piala Dunia 2022 melawan Swiss (Foto: REUTERS/Marko Djurica).

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Andre Onana, calon kiper baru Manchester United milik Inter Milan yang bakal gantikan peran David de Gea di Liga Inggris musim depan.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu soal hengkangnya David de Gea dari Manchester United memang sedang terdengar kencang.

Lewat keterangan resminya beberapa waktu lalu, Manchester United masih berupaya untuk memperpanjang masa bakti De Gea yang kontraknya akan habis pada 1 Juli 2023 nanti.

Manchester United ingin mempertahankan kiper asal Spanyol tersebut, namun manajemen Setan Merah hanya akan memberikan kontrak selama satu tahun.

David de Gea bisa menerima tawaran tersebut jika ingin bertahan dengan Manchester United, atau memutuskan menolak yang artinya bakal hengkang dari Old Trafford musim panas ini.

Baca Juga

Ditengah potensi kehilangan David de Gea, manajemen Manchester United ternyata sudah mengincar kiper baru untuk mengawal lini pertahanan mereka.

Adalah Andre Onana yang tampil gemilang bersama Inter Milan di Liga Italia. Melansir dari laman Evening Standard disebutkan bahwa harga Inter membanderol Onanan dengan harga 50 juta Euro saja.

Baca Juga

Peluang Manchester United mendapatkan Onana terbilang besar, lantaran sang kiper pernah menjadi anak asuh Erik ten Hag saat masih berada di Ajax.

Selain itu, banyak juga jebolan Ajax yang kini berada di Manchester United, sehingga bakal membuat Onana mudah beradaptasi di Liga Inggris.

Meski belum ada pernyataan resmi terkait transfer Onana, namun kehadiran kiper asal Kamerun tersebut dipastikan bakal membuat membuat pertahanan Setan Merah kian tangguh musim depan.

Jelang diresmikan sebagai rekrutan anyar, berikut INDOSPORT coba merangkum profil singkat dari Andre Onana yang jadi incaran serius Manchester United:

Baca Juga

1. Profil Andre Onana

Pelatih dan kiper Timnas Kamerun, Rigobert Song (kiri) dan Andre Onana (REUTERS/Ibraheem Al Omari).

Andre Onana Onana adalah pesepak bola asal Kamerun yang lahir pada tanggal 2 April tahun 1996 silam. Saat itu, dirinya sedang memperkuat klub Serie A Liga Italia, Inter Milan.

Andre Onana memulai karir sepakbolanya di akademi Samuel Eto’o pada 2006 silam, ketika masih berusia 10 tahun. Hingga akhirnya, dia direkrut oleh Barcelona pada 2010. 

Bersama La Masia, Andre Onana menjadi salah satu pemain potensial dan terus mendapat tempat di skuat U-16, U-18 serta U-19.

Meski belum pernah rasakan debut senior di Barcelona, namun Andre Onana pernah satu dengan sejumlah bintang Barcelona seperti Hector Bellerin, Marc Bartra, Alex Grimaldo, Sergi Roberto, Gerard Deulofeu hingga Thiago Alcantara.

Kesulitan menembus skuat inti Barcelona, bakat Onana ternyata mampu menarik perhatian raksasa Liga Belanda, Ajax Amsterdam yang langsung merekrutnya pada tahun 2015.

Baca Juga

Selama satu musim memperkuat tim lapis kedua Ajax, kiper berusia 27 tahun tersebut mampu tampil sebanyak 39 pertandingan di semua ajang.

Berkat ketangguhannya membaca serangan, akhirnya Onana dipanggil ke skuat senior Ajax dan melakukan debut pada 20 Agustus 2016.

Baca Juga

Tujuh tahun berseragam Ajax, dia berhasil menorehkan kesuksesan dengan mencatat sebanyak 214 pertandingan di semua kompetisi disertai tiga trofi Liga Belanda dan dua kali juara Piala Belanda. 

Andre Onana juga membantu Ajax finish sebagai runner-up pada gelaran Liga Eropa UEFA musim 2016/17 lalu.

Berbekal penampilan apik tersebut, Onana jadi salah satu kiper yang mampu menarik perhatian klub besar. Hingga pada 1 Juli 2022, Inter Milan secara resmi merekrut Onana dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Baca Juga

2. Statistik Bersama Inter Milan

Andre Onana saat laga Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona

Bersama Inter Milan, performa Andre Onana kian alami peningkatan. Meski sempat kesulitan di masa debutnya, namun perlahan Onana mampu menggeser Samir Handanovic sebagai kiper utama.

Total sepanjang musim 22/23 lalu, Onana telah bermain sebanyak 41 pertandingan dengan catatkan 19 kali clean sheets di semua ajang.

Andre Onana juga jadi salah satu pemain penting yang membantu Inter Milan menjuarai Inter Milan Coppa Italia, Supercoppa Italiana serta menjadi runner-up Liga Champions musim lalu.

Secara statistik, Andre Onana berhasil melakukan 62 kali penyelamatan musim lalu, atau sebanyak 3 kali di setiap pertandingan yang dijalani bersama Inter Milan.

Selain tangguh dalam mengamankan gawang, Andre Onana juga dikenal sebagai kiper dengan kemampuan passing terbaik.

Tercatat selama musim 22/23 bergulir, Onana mampu melepaskan 912 kali passing dengan tingkat akurasi mencapai 79.17%.

Onana pun sering kali jadi orang pertama yang membangun serangan Inter Milan dari lini belakang.

Berbekal statistik tersebut, tak heran jika kehadiran Andre Onana bakal bisa membuat Manchester United makin tampil garang musim depan.

Manchester UnitedDavid de GeaLiga InggrisAndre Onana

Berita Terkini