x

Resmi! Tottenham Permanenkan Dejan Kulusevski dari Juventus

Minggu, 18 Juni 2023 02:38 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, telah merampungkan transfer permanen Dejan Kulusevski dari Juventus pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, telah merampungkan transfer permanen Dejan Kulusevski dari Juventus pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Klub asal London Utara itu memilih untuk mengaktifkan klausul pembelian secara permanen, usai meminjamnya selama 1,5 musim sejak Januari 2022 lalu.

Dalam peminjaman tersebut, Tottenham memasukkan klausul opsi pembelian dengan harga 35 juta euro atau setara Rp574 miliar.

Tapi saat mempermanenkan Kulusevski pada bursa transfer musim panas 2023 ini, klub yang biasa disebut Spurs itu mendapat diskon dari Juventus.

Klub berjuluk The Lilywhites itu pun akhirnya resmi mempermanenkannya dengan harga 30 juta euro saja atau setara Rp492 miliar.

Baca Juga

Usai mempermanenkannya dari Juventus, Tottenham Hotspur pun mengikat Dejan Kulusevski dengan kontrak jangka panjang, yakni lima tahun hingga Juni 2028.

Keputusan Spurs mempermanenkannya tak lepas dari penampilannya selama 1,5 musim bermain di klub asal London Utara itu.

Baca Juga

Selama 1,5 musim bersama Spurs, pemain berkebangsaan Swedia tersebut mampu mencatatkan 57 penampilan di berbagai ajang.

Dari 57 penampilan itu, ia mampu menyumbangkan tujuh gol dan 16 assist, yang membuat Spurs bersama sang pelatih baru, Ange Postecoglou, mempermanenkannya.

Sedangkan bagi Juventus, kepindahan Dejan Kulusevski secara permanen ke Tottenham Hotspur membuat klub asal Turin ini mendapat tambahan dana belanja.

Baca Juga

1. Juventus Punya Dana Belanja

Dejan Kulusevski kala berseragam Juventus.

Berkat penjualan Kulusevski ini, Juventus pun punya tambahan dana untuk belanja dari hasil peminjaman para pemainnya.

Tambahan dana 30 juta euro ini membuat Juventus bisa memboyong pemain baru yang menjadi targetnya pada musim panas ini.

Sejauh ini, target Juventus adalah Fullback kanan dan kiri pada diri Timothy Castagne dari Leicester City dan Fabiano Parisi dari Empoli.

Kedua pemain itu akan didatangkan dengan mahar dari penjualan Kulusevski, mengingat kedua pemain itu akan berjumlah total kurang dari 30 juta euro.

Di sisi lain, penjualan Kulusevski ini membuat Juventus mendapat keuntungan 5 juta euro, kendati memberi Tottenham diskon untuk mempermanenkannya.

Baca Juga

Sebagai informasi, Juventus mengeluarkan dana 35 juta euro pada Januari 2020 lalu dari Atalanta, saat dirinya menjalani masa peminjaman di Parma.

Setelah itu, Kulusevski dipinjamkan ke Tottenham yang baru ditukangi Antonio Conte dengan biaya 10 juta euro pada Januari 2022 lalu.

Baca Juga

Kini, Juventus berhasil melegonya secara permanen dengan harga 30 juta euro. Dari jumlah tersebut, Bianconeri pun mendapat untung sebesar 5 juta euro.

Sayangnya keberhasilan melepas Dejan Kulusevski tak dibarengi transfer permanen dari pemain pinjaman seperti Denis Zakaria dan Arthur Melo.

Dua nama terakhir ini tak dipermanenkan oleh peminjamnya, Chelsea dan Liverpool, yang memilih memulangkan keduanya karena tampil di bawah standar.

Baca Juga
Bursa TransferJuventusTottenham HotspurBerita TransferDejan Kulusevski

Berita Terkini