x

Fakta Sebastiano Desplanches, Kiper Terbaik Piala Dunia U-20 yang Ngebet Balik ke AC Milan

Senin, 19 Juni 2023 15:54 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kiper terbaik Piala Dunia U-20 2023, Sebastiano Desplanches. (Foto: REUTERS/Agustin Marcarian)

INDOSPORT.COM - Kiper andalan Timnas Italia U-20 yaitu Sebastiano Desplanches sedang menjadi sorotan setelah mengungkapkan keinginan ingin kembali ke AC Milan.

Sebagaimana diketahui, saat ini Sebastiano Desplanches tercatat sebagai kiper LR Vicenza dan baru pulang dari masa peminjaman di Trento yang bermain di kasta ketiga Liga Italia.

Sebelum membela Vicenza, diketahui Desplanches merupakan mantan jebolan akademi AC Milan. Ia dilepas pada bursa transfer musim panas 2022 lalu secara gratis ke LR Vicenza.

Kemudian setelah tampil luar biasa di Piala Dunia U-20 2023 Argentina, dengan merebut title kiper terbaik, ia menyatakan keinginan kembali ke AC Milan.

“Saya memasang target kembali, mungkin, ke (AC) Milan dan punya kesempatan bermain di Liga Champions,” ujar Desplanches kepada Il Quitidiano.

Baca Juga

Desplanches juga mengenang masa-masa kebersamaannya dengan AC Milan. Ia mengaku pernah berlatih bersama para seniornya yaitu Gianluigi Donnarumma dan Mike Maignan.

“Donnarumma dan Maignan adalah dua sosok hebat, dengan dedikasi tinggi. Dengan Donnarumma, dulu saya punya kedekatan. Dia sering memberi nasihat," tuturnya menambahkan.

Kode dari Sebastiano Desplanches langsung membuat sejumlah fans AC Milan meminta agar Stefano Pioli bisa menggaetnya di bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

Adanya Sebastiano Desplanches bisa membuat AC Milan memiliki investasi menjanjikan. Ia bisa menjelma menjadi kiper mahal bila bergabung ke raksasa Liga Italia.

Sosok Sebastiano Desplanches memang masih agak asing di telinga para penggemar AC Milan. Berikut INDOSPORT telah merangkum beberapa fakta mengenai kiper muda tersebut:

Baca Juga

1. 1. Jadi Kiper Terbaik di Piala Dunia U-20 2023

Kiper terbaik Piala Dunia U-20 2023, Sebastiano Desplanches. (Foto: REUTERS/Agustin Marcarian)

Alasan mengapa FIFA memilih Sebastiano Desplanches sebagai kiper terbaik di Piala Dunia U-20 2023 karena dirinya mampu tampil apik bersama Timnas Italia U-20.

Sebastiano Desplanches tercatat sukses mencetak satu kali clean sheet saat Timnas Italia U-20 menang 3-0 atas Dominican Republic di laga terakhir Grup D.

Kemenangan besar tersebut membuat Italia sukses lolos ke babak 16 besar dengan status runner up unggul agregat gol dari Nigeria.

Total dalam tujuh pertandingan, Sebastiano Desplanches hanya kebobolan delapan kali. Ia juga mengantar Italia meraih runner up Piala Dunia U-20 2023.

Dalam tujuh pertandingan di Piala Dunia U-20 2023, Desplanches tampik apik dengan mencatatkan 3,3 penyelamatan per laga dan menunjukkan diri sebagai kiper modern dengan operan sukses sebanyak 18,4 per laga.

Baca Juga

2. Jadi Langganan Timnas Italia Sejak 2018

Sebastiano Desplanches tercatat selalu menjadi langganan Timnas Italia di kelompok umur. Ia pertama kali gabung di skuat U-15 pada 2018 lalu.

Baca Juga

Dari tahun tersebut hingga sekarang, ia selalu dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan hingga sejumlah turnamen penting.

Sebastiano Desplanches juga termasuk dalam tim yang mengikuti kualifikasi UEFA Euro U-19. Ia bermain saat melawan Lithuania, Islandia, dan Slovenia.

Baca Juga

2. 3. Desplanches Bawa Italia Sapu Bersih Gelar Individu di Piala Dunia U-20

Kiper terbaik Piala Dunia U-20 2023, Sebastiano Desplanches. (Foto: REUTERS/Agustin Marcarian)

Keberhasilan Sebastiano Desplanches meraih gelar kiper terbaik di Piala Dunia U-20 2023 membuat Italia sukses menyapu bersih gelar individu.

Selain Sebastiano Desplanches, pemain terbaik dan top skor diborong oleh wonderkid Chelsea bernama Cesare Casadei. Ia menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan tujuh gol.

Empat gol dicetak Cesare Casadei di laga kontra Brasil (2 gol) dan Republik Dominika (2 gol) pada babak penyisihan grup. Kemudian tiga gol lainnya dicetak ke gawang Kolombia (perempat final), dan Korea Selatan (semifinal).

Karena penampilan hebatnya, Cesare Casadei sekaligus menerima penghargaan pemain terbaik dan berhak atas trofi Golden Ball.

Bursa TransferAC MilanBerita Bursa Transfer

Berita Terkini