x

Rapor Uji Coba Rival Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Vietnam Unbeaten

Rabu, 21 Juni 2023 18:10 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Argentina dalam laga FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23).

INDOSPORT.COM – Melihat hasil pertandingan uji coba internasional para lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti, mulai dari Jepang yang pesta gol hingga Vietnam tampil tak terkalahkan.

Timnas Indonesia melakukan serangkaian persiapan jelang tampil di Piala Asia 2023 yang mulai bergulir pada tanggal 12 Januari 2024 mendatang.

Salah satunya dengan mengadakan partai uji coba yang baru saja terjadi pada pertengahan bulan Juni ini.

Dalam laga FIFA Matchday tersebut, Timnas Indonesia menghadapi dua negara yang cukup berat yakni Palestina serta Argentina.

Pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (14/06/23) dan berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Baca Juga

Sementara pada laga kedua, Timnas Indonesia menjamu sang juara Piala Dunia, Argentina di Stadion Gelora Bung Karno pada Senin (19/06/23) malam WIB.

Di laga tersebut, skuat Garuda harus mengakui kekuatan tim Tango dan menelan kekalahan dua gol tanpa balas.

Baca Juga

Selain Timnas Indonesia, ternyata para rival skuat Garuda di Piala Asia 2023 nanti juga baru saja melakukan sejumlah pertandingan uji coba sepanjang bulan Juni ini.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia yang tergabung di Grup D babak penyisihan Piala Asia 2023, bakal bersaing dengan beberapa negara kuat seperti Jepang, Iraq hingga Vietnam.

Jika melihat dari hasil uji coba tim-tim diatas, tampaknya Timnas Indonesia wajib berbenah dan harus melakukan perubahan agar target lolos penyisihan grup Piala Asia 2023 tercapai.

Lantas seperti apakah rapor penampilan tim-tim rival Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 selama bulan Juni ini? Untuk lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum:

Baca Juga

1. Jepang Superior

Selebrasi pemain Jepang saat melawan Kroasia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed).

Dimulai dari tim paling kuat di Grup D Piala Asia 2023 yakni Jepang. Melansir dari laman resmi federasi sepak bola Jepang, diketahui skuat Negeri Sakura melakoni dua uji coba sepanjang Juni ini.

Namun uji coba yang dilakoni Jepang bertajuk semi turnamen dengan nama Kirin Challenge Cup 2023.

Di ajang tersebut, Jepang berhadapan dengan dua negara asal benua Amerika yakni El Salvador serta Peru.

Menghadapi negara berperingkat 75 dan 21 FIFA tersebut, Jepang terlihat sangat superior dan mampu menyapu kemenangan di semua laga.

Pada pertandingan pertama kontra El Salvador, anak asuh Hajime Moriyasu itu mampu menang telak 6-0.

Baca Juga

Masing-masing gol Jepang dicetak oleh Shogo Taniguchi menit 1', Ayase Ueda (4'), Takefusa Kubo (25'), Ritsu Doan (44'), Keito Nakamura (60') serta Kyogo Furuhashi (73').

Sementara pada pertandingan kedua, Jepang juga mampu menang dengan mengalahkan Peru lewat skor telak 4-1.

Baca Juga

Irak Babak Belur
Berbeda dengan Jepang yang sukses sapu kemenangan, nasib apes malah menghampiri Irak yang jadi salah satu lawan berat lain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.

Melakoni dua partai FIFA Matchday, skuat arahan Jesus Casas tersebut gagal mendulang kemenangan, bahkan tuai kekalahan beruntun.

Di pertandingan pertama, Irak dipermalukan Rusia dengan skor 2-0. Sementara di laga kedua, The Lions of Mesopotamia juga tumbang dari Kolombia dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga

2. Vietnam Wajib Diwaspadai

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Lawan terakhir Timnas Indonesia di penyisihan grup Piala Asia 2023 nanti adalah Vietnam. Tetangga dari kawasan ASEAN ini melakoni dua laga uji coba dengan hasil yang memuaskan.

Memulai era baru bersama pelatih Philippe Troussier, skuat The Golden Star berhasil menyapu bersih semua uji coba dengan kemenangan.

Pada pertandingan pertama, Vietnam mampu menang tipis 1-0 saat bertemu Hong Kong di Lach Tray Stadium. Gol kemenangan tuan rumah di laga ini dicetak oleh Que Ngoc Hai pada menit 32’.

Sementara di laga uji coba kedua, Vietnam kembali meraih kemenangan 1-0 ketika berjumpa wakil Timur Tengah, Suriah di stadion Thien Truong.

Setelah dua uji coba pada bulan Juni ini, Vietnam dikabarkan bakal kembali melakoni pertandingan persahabatan bulan September mendatang dengan menantang Palestina.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Piala Asia

Berita Terkini