x

Nabil Husein Geram Lilipaly Diparkir Timnas, Erick Thohir Beri Jawaban Berkelas

Jumat, 23 Juni 2023 20:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo jelang FIFA match day Indonesia vs Palestina.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akhirnya bersuara soal protes Presiden Borneo FC, Nabil Husein, yang kecewa Stefano Lilipaly tidak dimainkan timnas Indonesia.

Nabil Husein meradang saat tahu pemainnya, Stefano Lilipaly, diparkir oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di dua laga FIFA Matchday kontra Palestina dan Argentina.

Lilipaly memang tidak dimainkan saat timnas Indonesia meladeni Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 14 Juni lalu, dan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (19 Juni).

Tidak dimainkannya Stefano Lilipaly dalam dua agenda FIFA Matchday membuat Nabil Husein kesal. Dirinya melontarkan kritik melalui sosial media Instagram.

Terkait kritikan Nabil Husein, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir akhirnya bersuara. Toh perbedaan pendapat di sepak bola adalah hal yang biasa.

Baca Juga

"Itu kan sahabat saya juga, Borneo FC. Ya tetapi perbedaan pendapat yang namanya di dunia sepak bola, di era demokrasi hal lumrah," ucap Erick Thohir di Jakarta.

Namun, Erick menegaskan bahwa pemilihan pemain siapa yang akan bermain dalam sebuah pertandingan adalah murni kewenangan absolut pelatih.

Baca Juga

Baginya Erick Thohir sebagai Ketua Umum enggan melakukan intervensi terhasap putusan pelatih dalam menentukan pilihan pemain yang akan dimainkan.
 
"Tapi tentu apa pun keputusan pelatih timnas Indonesia (Shin Tae-yong) ya saya harus hormati. Semua itu bagian dari keputusannya," kata Erick Thohir.

"Kalau saya intervensi nanti sama coach indra kemaren atau coach shin tae-yong, oh saya mau pemain ini yang main ya, awas ya. Ya gak bisa lah, itu kan ada tupoksinya masing-masing," tutupnya.

Baca Juga

1. Lawan Malaysia?

Stefano Lilipaly dan Yakob Sayuri di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Di sisi lain, Erick Thohir, memastikan bahwa timnas Indonesia akan menjalani agenda FIFA matchday periode 4-12 September mendatang. Ada beberapa negara yang sudah dikomunikasikan.

Akan tetapi, Erick Thohir mengatakan lawan timnas Indonesia tidak setangguh atau selevel Argentina. PSSI mencari negara yang sekiranya bisa dihadapi untuk mencuri poin demi menaikan ranking FIFA. 

"Jadi saya pastikan  September ada pertandingan. Kalau mau bicara tim seperti Korea Selatan itu tak mungkin dadakan," kata Erick Thohir. 

"Mereka sudah punya kalender setahun, kalau lawan Korea Selatan, Jepang kapan dapat poinnya? Kami punya tugas naik ranking FIFA dari 149 ke 100 dalam beberapa tahun ke depan," cetusnya.

Baca Juga

Mengenai rumor menghadapi Malaysia pada FIFA matchday September nanti, Erick Thohir menilai hal itu memungkinkan untuk terealisasi. 

Negara tetangga punya waktu karena tidak perlu melakoni babak play-off atau babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sebab mereka langsung bertanding di babak kedua. 

Tapi, hal itu harus dikomunikasikan lebih lanjut dengan federasi sepak bola Malaysia karena tim Harimau Malaya juga dikabarkan akan bertanding dengan China.  

Baca Juga

"Malaysia. Saya sangat terbuka lawan Malaysia, kapan lagi. Tapi mereka ada laga di China tanggal 9 (September)," ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (23/6/23). 

Menurut Erick Thohir, FIFA matchday tidak bisa dadakan. Federasi harus menyiapkan jauh hari, supaya negara incaran bisa memberikan jawaban. 

Erick ThohirStefano LilipalyTimnas IndonesiaNabil Husein AminBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini