x

Gerardo Bruna: Dulu The Next Lionel Messi Liverpool, Kini Jauh Terdampar

Senin, 26 Juni 2023 17:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gerardo Bruna, pemain yang dulu pernah digadang-gadang sebagai the next Lionel Messi saat gabung Liverpool. Foto: Stephen McCarthy/Sportsfile via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dulu pernah punya The Next Lionel Messi bernama Gerardo Bruna.

Ia mendarat ke Liverpool dari Real Madrid pada 2007 dan bertahan di klub asal Merseyside ini selama kurang lebih empat tahun.

Akan tetapi, tidak seperti kebanyakan pemain yang mungkin sudah belajar banyak atau berprogres, Gerardo Bruna justru bernasib apes.

Selama kurun waktu tersebut, ia tidak pernah tampil di level senior sebelum akhirnya dilepas ke klub papan bawah Inggris, Blackpool.

Selama di Liverpool, gelandang asal Argentina tersebut lebih banyak menghabiskan hari-harinya di tim reserve.

Baca Juga

Tidak terlalu buruk, ia berhasil membawa timnya finis di puncak klasemen dan menjuarai Premier Reserve League 2007/2008.

Selebihnya, mungkin tidak banyak yang bisa mengingat sepak terjang Gerardo Bruna dalam balutan seragam Liverpool.

Baca Juga

Padahal saat pertama mendarat dari Real Madrid, cukup banyak yang menyebutnya sebagai the next Lionel Messi. Mereka juga sama-sama berasal dari Argentina.

Namun menyandang status the next Lionel Messi sang megabintang sepak bola, jelas bukan perkara mudah.

Ada banyak pemain di luar sana yang gagal memenuhi ekspektasi publik gara-gara predikat tersebut. Bojan Krkic contohnya.

Baca Juga

1. Kenang Masa-Masa di Liverpool

Gerardo Bruna, pemain yang dulu pernah digadang-gadang sebagai the next Lionel Messi saat gabung Liverpool. Foto: Stephen McCarthy/Sportsfile via Getty Images.

Tidak mengalami musim yang menarik di Liverpool, Gerardo Bruna juga tidak pernah menampiknya. Ia sadar betul dengan situasinya saat itu.

Apalagi, sebelumnya ia datang dari Liga Spanyol, yang punya banyak tim level usia di masing-masing klubnya.

Saat tawaran dari Liverpool datang, pemain kelahiran Mendoza tersebut melihat ada prospek besar dari sang raksasa Liga Inggris.

Meski hanya mendapat tawaran berlatih di tim reserve, ia merasa hatinya membuncah. Meraih satu tempat di tim utama mungkin bisa menyusul kemudian.

Menurutnya, pindah ke Liverpool adalah lompatan yang sangat besar bagi kariernya dari Liga Spanyol yang sangat persaingan di level mudanya sangat ‘ramai’.

Baca Juga

“Di Spanyol, ada banyak tim, U-18, U-19, tim ketiga, tim kedua, baru [tim utama] Real Madrid. Saya waktu itu hanya bermain di U-16,” ujarnya seperti diwartakan Liverpool Echo.

“Jadi itu benar-benar lompatan yang besar,” tambah pemain bernama lengkap Gerardo Alfredo Bruna Blanco tersebut.

Baca Juga

Gerardo Bruna melihat kepindahan kala itu sebagai langkah yang sangat besar bagi seorang remaja berusia 16 tahun seperti dirinya.

Apalagi, ada faktor Rafael Benitez yang ternyata sedikit banyak memengaruhi keputusannya datang ke Liverpool.

Gerardo Bruna sebenarnya mendapat kesempatan tampil di tim utama saat sesi pramusim dan Rafael Benitez pun dengan senang hati memberinya tiket untuk unjuk gigi.

Baca Juga
 

2. Terdampar di Banyak Tempat setelah dari Liverpool

Gerardo Bruna, pemain yang dulu pernah digadang-gadang sebagai the next Lionel Messi saat gabung Liverpool. Foto: Stephen McCarthy/Sportsfile via Getty Images.

Akan tetapi, Gerardo Bruna malah mengalami cedera lutut. Ia pun harus kembali ke Spanyol untuk melakukan operasi.

Sekembalinya dari Spanyol, segalanya berubah bagi the next Lionel Messi Liverpool ini. Ia mengaku sulit beradaptasi karena cederanya.

Situasi Gerardo Bruna pun makin memburuk setelah Rafael Benitez pergi. Pelatih yang ia favoritkan dan mungkin didamba-dambakan untuk membimbingnya malah angkat kaki.

Setelah kepergian pelatih asal Spanyol tersebut, Roy Hodgson pun masuk. Masih cukup ‘dermawan’, ia masih memberi Gerardo Bruna kesempatan latihan dengan tim utama.

Namun ternyata, lain halnya dengan Kenny Dalglish. Sejak kedatangan legenda The Reds inilah Gerardo Bruna makin terpuruk di Liverpool.

“Kenny Dalglish kemudian datang dan berkata kepada saya kalau saya tidak akan main di tim utama. Jadi saya harus melakukan sesuatu,” kenangnya.

Sayang, alih-alih bisa menjadi Lionel Messi-nya Liverpool, Gerardo Bruna harus menyudahi kisahnya bersama raksasa Liga Inggris tersebut.

Ia kemudian hengkang ke Blackpool dan dari sana kariernya tidak pernah lagi singgah di klub-klub besar.

Setelah dari Blackpool, ia sempat membela sejumlah tim sepak bola yang terdengar asing di telinga publik seperti Whitehawk, Accrington Stanley, dan Ottawa Fury.

Yang teranyar, ia tercatat sebagai pemain Dungannon Swifts yang tampil di Liga Sepak Bola Irlandia Utara.

Seperti diwartakan laman Liverpool Echo, Gerardo Bruna saat ini berstatus tanpa klub usai membantu Dungannon Swifts tampil di play-off Premiership.

LiverpoolLionel MessiGerardo BrunaLiga InggrisOne FootballIndepth

Berita Terkini