x

Profil Cesc Fabregas, Jebolan Piala Dunia U-17 hingga Cap Pengkhianat Arsenal

Minggu, 2 Juli 2023 12:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cesc Fabregas saat berseragam Arsenal. Foto: Tony Marshall/EMPICS via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jebolan Piala Dunia U-17 sekaligus mantan pemain Barcelona, Arsenal, Chelsea, Cesc Fabregas, baru saja mengumumkan pensiun.

Pengumuman tersebut ia sampaikan melalui media sosial, Sabtu (01/07/23), disertai postingan video dan sebuah pesan perpisahan.

“Dengan kesedihan mendalam, saya mengungumkan bahwa sudah saatnya saya gantung sepatu,” tulis Cesc Fabregas dalam caption-nya.

“Sejak hari pertama di Barca, Arsenal, Barca lagi, Chelsea, Monaco, dan Como. Saya akan selalu mengingatnya,” ujar eks Timnas Spanyol tersebut.

Lebih lanjut, Cesc Fabregas juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa dalam kariernya.

Baca Juga

Ia juga mengaku senang bisa memelajari tiga bahasa dan menjadi pribadi yang lebih dewasa selama berkecimpung di dunia sepak bola.

Setelah pensiun sebagai pemain, Cesc Fabregas akan terjun sebagai pelatih tim B dan Primavera FC Como 1907.

Baca Juga

Sepanjang kariernya, Cesc Fabregas lebih dikenal sebagai pemain Barcelona, Arsenal, dan Chelsea. Ia juga meraih kesuksesan saat berseragam La Furia Roja.

Cesc Fabregas merupakan rekan sebaya Lionel Messi yang pernah sama-sama menimba di Barcelona sejak kecil. Mereka juga seangkatan dengan Gerard Pique.

Ia mengawali kariernya dari sebuah klub bernama CE Mataro sebelum bergabung dengan akademi La Masia Barcelona pada 1997. Saat itu usianya 10 tahun.

Baca Juga

1. Besar di Arsenal

Cesc Fabregas saat berseragam Arsenal. Foto: Tony Marshall/EMPICS via Getty Images.

Pada 2003, Cesc Fabregas memilih merantau ke Liga Inggris dan bergabung dengan Arsenal, yang saat itu ditangani oleh Arsene Wenger.

Meski sempat kesulitan beradaptasi di London, ia mendapat bantuan dari rekannya sesama pengguna bahasa Spanyol, Philippe Senderos.

Di tangan Arsene Wenger, Cesc Fabregas berprogres pesat setelah debut di laga kontra Rotherham United, Oktober 2003.

Ia bahkan mencatatkan diri sebagai debutan termuda di tim senior Arsenal kala itu, tepatnya di usia 16 tahun 177 hari.

Meski harus menahan hasrat tampil untuk tim senior di kompetisi nonpiala liga, Cesc Fabregas tidak kehilangan kesabaran.

Baca Juga

Hari demi hari yang ia lewati pun salah satunya terbayar usai mendapat warisan nomor punggung 4 yang dulunya milik Patrick Vieira.

Selama bermain untuk Arsenal, Cesc Fabregas menjadi bagian krusial di lapangan tengah The Gunners bersama Gilberto Silva.

Baca Juga

Bersama Arsenal pula, nama Cesc Fabregas mulai melejit hingga akhirnya ditunjuk sebagai kapten, menggantikan William Gallas.

Ia kemudian angkat kaki dari Arsenal untuk kembali ke pelukan Barcelona pada 2011. Setelahnya, pria asal Arenys de Mar ini bermain di Chelsea, Monaco, dan yang terakhir Como.

Selain itu, Cesc Fabregas juga salah satu pemain yang pernah merasakan generasi emas Timnas Spanyol yang menjadi juara Euro dan Piala Dunia.

Baca Juga

2. Jagonya Piala Dunia dan Cap Pengkhianat

Cesc Fabregas saat berseragam Arsenal. Foto: Tony Marshall/EMPICS via Getty Images.

Jagonya Piala Dunia

Dua gelar Euro dan satu Piala Dunia pernah disambarnya bersama Timnas Spanyol yang juga berisikan pemain-pemain bintang era Iker Casillas dkk.

Namun jauh sebelum kesuksesan di Euro 2008 dan 2012 dan Piala Dunia 2010, Cesc Fabregas adalah jebolan Piala Dunia U-17 yang gemilang di edisi 2003.

Waktu, itu ia tampil impresif sepanjang turnamen dan membawa pulang dua penghargaan individu, Golden Shoes dan Golden Ball.

Ia mencetak lima gol dan membawa Timnas Spanyol U-17 ke final meski pada akhirnya harus kalah di tangan Brasil dengan skor 0-1.

Cap Pengkhianat di Arsenal

Meski besar di Arsenal, nasib Cesc Fabregas ternyata tidak berbeda jauh dari Robin van Persie yang sempat dicap pengkhianat karena membelot ke Manchester United.

Pria bernama lengkap Francesc Fabregas Soler ini sempat membuat banyak suporter Arsenal patah hati karena memilih kembali ke Barcelona.

Bahkan, pernah viral sebuah video di mana dirinya ‘dipaksa’ memakai jersey Barcelona oleh Gerard Pique dkk saat pesta perayaan juara Timnas Spanyol di Piala Dunia.

Benar saja, ia pada akhirnya memang angkat kaki ke Barcelona setelah drama tersebut, meninggalkan luka besar di dalam hati para penggemar Arsenal.

Bahkan, saat orang-orang sudah lupa dengan kepindahannya ke Barcelona, Cesc Fabregas kembali membuat gempar karena merapat ke rival sengit Arsenal, Chelsea.

Namun terlepas dari itu, ia merupakan pemain legendaris di Liga Inggris, yang sudah mencicipi banyak kesuksesan sejak usia muda bersama Arsenal.

ChelseaArsenalBarcelonaCesc FabregasPiala Dunia U-17Bola InternasionalIndepth

Berita Terkini