x

Muncul ke Publik, Kurnia Meiga Ungkap Kondisi Sakit Selama Ini

Rabu, 5 Juli 2023 15:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pemberian bantuan dari PSSI untuk eks kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga.

INDOSPORT.COM - Eks kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga akhirnya berbicara ke publik mengenai kondisi sakit yang dialami selama enam tahun terakhir. Dia mengatakan mengalami masalah dengan pengelihatan. 

Sejak 2017, Kurnia Meiga tidak lagi aktif bermain. Dia tidak masuk skuad Arema FC tanpa ada kejelasan status, lantaran tidak menyatakan pensiun. 

Pemain 33 tahun itu dilaporkan mengalami sakit tapi tidak ada informasi akurat dari klub, dokter maupun konfirmasi dari Kurnia Meiga terkait kondisi sebenarnya. 

Kini, adik kandung almarhum Achmad Kurniawan itu menjelaskan jika pengelihatannya hanya berfungsi lima persen. Karena itu, dia tidak bisa bermain sepak bola dalam beberapa tahun terakhir.  

"Untuk penyakit dari 2017 sampai saat ini, kondisi saya memang masih kurang lebih 5 persen di penglihatan. Untuk fisik ya Alhamdulillah masih tetap jaga kondisi," katanya di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (05/07/23) siang. 

Baca Juga

Kurnia Meiga saat ini sudah ditangani oleh dokter dari Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP). Bulan lalu, dia sudah jalani pemeriksaan dan ditemukan masalah atau ada kelainan di kedua matanya. 

Ke depan, kiper kelahiran 7 Mei 1990 itu akan berobat ke luar negeri yakni Vietnam. Tapi, hal itu masih dalam tahap perencanaan.

Baca Juga

Istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir menjelaskan selama ini keluarganya telah berusaha melakukan pengobatan. Hanya saja, hasilnya belum maksimal.  

"Pengobatannya kita sudah lalui semua, medis, alternatif, dan non medis juga sudah. Karena kebetulan dari awal sakit fisiknya sehat banget dan kemarin hasil dokter juga, MRI, CT scan semuanya normal, urine juga sudah, USG sudah semua, tidak ada kendala. Jadi hanya kendala di penglihatan saja," tutur Azhiera. 

Baca Juga

1. Berharap Ada Keajaiban

Pemberian bantuan dari PSSI untuk eks kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga.

Kurnia Meiga berharap ada keajaiban dari Tuhan supaya penglihatannya kembali normal. Dia tak menampik akan kembali ke dunia sepak bola jika sudah sembuh dari sakitnya. 

"Untuk selanjutnya mungkin kalau Allah berikan mukjizat, mungkin saya akan ada kembali bermain lagi," ucapnya. 

"Ya mungkin untuk saat ini sambil didampingi Pak Erick Thohir untuk kesehatan, saya juga mungkin ada alternatif. Kita tak tahu mukjizat Allah, kalau Allah kasih kesembuhan untuk bisa melihat lagi, saya akan aktif kembali," imbuhnya. 

Baca Juga

Penyakit Kurnia Meiga sempat menjadi misteri karena mantan kiper Arema ini tiba-tiba menghilang dari kompetisi Liga 1 pada musim 2017. 

Karena tidak punya penghasilan selama vakum bermain, dia sempat menjual medali-medali yang pernah diraih untuk bisa bertahan hidup.

Baca Juga

Kurnia Meiga dikenal sebagai kiper dengan segudang prestasi. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Super Indonesia 2009/2010.

Saat memperkuat timnas Indonesia U-23 dan pernah dua kali membawa Indonesia ke partai puncak SEA Games 2011 dan Piala AFF 2016. 

Baca Juga
PSSIErick ThohirLiga IndonesiaKurnia Meiga Hermansyah

Berita Terkini