x

Cuci Gudang Seperti Chelsea, 5 Pemain Arsenal Calon Korban Kedatangan Trio Havertz - Rice - Timber

Kamis, 6 Juli 2023 15:38 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, menjadi tim paling aktif belanja pemain sepanjang bursa transfer musim panas ini.

INDOSPORT.COM – Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, menjadi tim paling aktif belanja pemain sepanjang bursa transfer musim panas ini.

Total tim berjuluk The Gunners itu telah membelanjakan dana hampir 200 juta poundsterling atau setara Rp3,9 triliun untuk belanja pemain baru.

Dana sebesar itu dikeluarkan Arsenal di musim panas ini untuk memboyong tiga pemain baru, yakni Kai Havertz, Declan Rice, dan Jurrien Timber.

Nama pertama sudah diperkenalkan usai diboyong dari Chelsea dengan harga total 65 juta poundsterling (Rp1,2 triliun) dan jadi pembelian pertama klub.

Sedangkan dua nama terakhir kabarnya sudah mencapai kata sepakat dengan harga 105 juta poundsterling (Rp2 triliun) dan 38 juta poundsterling (Rp736 miliar).

Baca Juga

Dengan kehadiran Havertz, Rice, dan Timber, Arsenal pun menjadi tim terboros di bursa transfer musim panas 2023 ini bila dibandingkan klub-klub top Eropa lainnya.

Kedatangan ketiganya dimaksudkan untuk menambah kedalaman skuad tim arahan Mikel Arteta itu jelang musim 2023/24 mendatang.

Baca Juga

Meski begitu kedatangan ketiganya membuat skuad tim asal London Utara itu menumpuk. Sehingga Arsenal harus melepas para pemain lainnya.

Selain untuk mengurangi jumlah skuad, penjualan pemain ini juga berguna agar Arsenal tak terjerat Financial Fair Play (FFP), mengingat The Gunners terbilang jarang menjual pemain meski banyak belanja pemain baru.

Melihat skuad Arsenal saat ini, tercatat ada lima pemain yang bisa dilego oleh Mikel Arteta di bursa transfer ini imbas dari kedatangan Kai Havertz, Declan Rice, dan Jurrien Timber. Siapa saja pemain tersebut?

Baca Juga

1. 1. Thomas Partey

Said Benrahma (tengah) dikawal Thomas Partey dan Granit Xhaka di laga West Ham vs Arsenal (16/04/23). (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

Kedatangan Declan Rice membuat posisi nomor 6 Arsenal menumpuk. Hal ini pun membuat Thomas Partey bisa didepak di musim panas 2023 ini.

Apalagi pemain berpaspor Ghana ini sudah kepala tiga dan kerap dihantam cedera, yang bisa mempengaruhi performa klub.

Sejauh ini, Arsenal pun sudah menempatkan Partey di daftar jual dan tengah menanti tawaran yang datang, termasuk dari Arab Saudi.

Baca Juga

2. Albert Sambi Lokonga

Selain Thomas Partey, kedatangan Declan Rice juga membuat gelandang muda Albert Sambi Lokonga bisa masuk daftar jual.

Apalagi dirinya dikabarkan tak memiliki masa depan dengan Arsenal, usai tampil buruk di musim perdananya, saat didatangkan dari Anderlecht.

Lokonga pun sempat dipinjamkan ke Crystal Palace. Tapi penampilannya juga tak memuaskan. Sehingga Arsenal akan memilih melegonya ketimbang mempertahankannya.

Baca Juga

3. Nuno Tavares

Kedatangan Jurrien Timber membuat Arteta bisa saja menerapkan formasi tiga bek. Dengan formasi ini, Nuno Tavares pun tak akan mendapat banyak kesempatan.

Pemain berpaspor Portugal ini kemungkinan akan dilepas karena ia masih akan bersaing dengan Oleksandr Zinchenko dan Kieran Tierney di pos bek kiri.

Musim lalu Tavares sempat tampil apik bersama Olympique Marseille. Berkat penampilan apik itu, Arsenal pun bisa mendapat keuntungan dari penjualannya, usai didatangkan dengan harga 8 juta euro pada 2021 lalu.

Baca Juga

2. 4. Nicolas Pepe

Pemain Arsenal, Nicolas Pepe, saat menghadapi penjagaan awak Molde pada pertandingan Liga Europa, Jumat (27/11/20).

Kedatangkan Kai Havertz yang versatile dan bisa bermain di banyak posisi bisa membuat Nicolas Pepe dilepas oleh Arteta pada musim panas 2023 ini.

Nicolas Pepe sejatinya sudah tak masuk rencana Arsenal sejak Arteta menjadi pelatih. Ia bahkan musim lalu dipinjamkan ke OGC Nice.

Penampilannya musim lalu pun jauh dari kata memuaskan. Kehadiran Havertz pun membuat lini depan Arsenal menumpuk dan Pepe bisa menjadi pemain yang dijual.

5. Auston Trusty

Arsenal memiliki bek berkebangsaan Amerika Serikat pada diri Auston Trusty yang sempat didatangkan pada Januari 2022 lalu dari Colorado Rapids.

Sejak kedatangannya, ia lebih banyak dipinjamkan. Musim lalu, pemain berusia 24 tahun itu dipinjamkan ke Birmingham City di Divisi Championship.

Dengan penampilan di masa peminjaman dan hadirnya Jurrien Timber, Trusty pun bisa dijual agar Arsenal mendapat keuntungan dari penjualannya yang kini memiliki nilai pasar 10 juta euro.

Bursa TransferArsenalMikel ArtetaIn Depth SportsLiga InggrisDeclan RiceKai HavertzJurrien TimberIndepth

Berita Terkini