x

3 Rekor Andre Onana usai Gabung Manchester United di Liga Inggris 2023/24

Sabtu, 8 Juli 2023 15:48 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Andre Onana saat laga Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona

INDOSPORT.COM – Andai resmi berseragam Manchester United di bursa transfer Liga Inggris 23/24 ini, kiper Andre Onana bakal pecahkan sejumlah rekor dalam sejarah klub Setan Merah.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu soal merapatnya Andre Onana ke Manchester United memang semakin kencang berhembus.

Sampai saat ini, dikabarkan bahwa negosiasi antara Man United dengan Inter Milan masih terus dilakukan dan telah menemukan titik terang.

Hal ini diungkap oleh Fabrizio Romano yang kemudian menyebut bahwa kiper 27 tahun tersebut bakal segera bergabung ke MU.

“Man Utd hanya selangkah lagi untuk mendatangkan Andre Onana dari Inter Milan dan kesepakatan segera selesai,” tulis Romano.

Baca Juga

“Pembicaraan sudah berlangsung dalam sepekan belakangan dan semua hal sangat penting dalam negosiasi ini, sehingga Manchester United semakin dekat dengan kiper baru mereka.”

“Untuk menyelesaikan transfer Andre Onana, Manchester United perlu melancarkan tawaran resmi dan kesepakatan resmi tercapai dengan Inter Milan,” imbuh Romano.

Baca Juga

Di sisi lain, Fabrizio Romano kemudian menyebut bahwa Andre Onana harus segera bergabung ke skuad Manchester United.

Pasalnya, Man United segera berangkat ke Amerika Serikat untuk menjalani beberapa laga pra-musim.

Andai resmi hengkang ke Manchester United, sejumlah rekor pun bakal dipecahkan Andre Onana dalam sejarah klub. Lantas apa sajakah itu? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum:

Baca Juga

1. Kiper Termahal Man United

Aksi kiper Manchester United, David de Gea, dalam pertandingan Liga Inggris kontra West Ham.

Rekor pertama yang bakal dipecahkan Andre Onana adalah status kiper termahal sepanjang sejarah berdirinya Manchester United.

Dilansir dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa rekor pembelian kiper termahal Man United sejauh ini masih dipegang David de Gea.

Pemain asal Spanyol ini didatangkan Setan Merah dengan mahar mencapai 25 juta euro dari kubu Atletico Madrid pada tahun 2011 lalu.

Rekor tersebut berpotensi pecah, andai transfer Andre Onana yang mencapai 50 juta euro resmi terealisasi pada musim panas ini.

Kiper Afrika Pertama
Berikutnya adalah rekor sebagai kiper asal benua Afrika pertama buat Manchester United.

Baca Juga

Masih dari Transfermarkt, diketahui bahwa Man United tak pernah sekalipun menggunakan jasa kiper asal Afrika sepanjang sejarah berdirinya klub.

Kiper asing yang pernah berseragam Manchester United lebih sering berasal dari Spanyol, Belanda, Prancis hingga negara-negara Amerika Latin seperti Argentina.

Baca Juga

Sedangkan untuk pemain asal Afrika, biasanya Man United merekrut di posisi penyerang atau lini pertahanan.

Pemain Afrika terakhir yang didatangkan Manchester United di bursa transfer adalah Odion Ighalo pada musim 19/20 lalu.

Baca Juga

2. Pemain Afrika Termahal

Odion Ighalo saat menendang bola ke gawang LASK

Terakhir adalah rekor sebagai pemain asal Afrika dengan biaya transfer termahal dalam sejarah Manchester United.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Man United sangat jarang mendatangkan pemain dari benua Afrika dan pemain terakhir yang mereka boyong adalah Odion Ighalo dari klub China, SH Shenhua.

Untuk memboyong striker asal Nigeria tersebut, kubu Setan Merah harus mengeluarkan dana mencapai 12 juta euro.

Angka tersebut sampai sekarang masih menduduki daftar teratas pembelian termahal pemain Afrika di skuat Manchester United.

Andai pembelian Onana yang mencapai 50 juta euro berhasil, maka kiper asal Kamerun tersebut akan melewati rekor Odion Ighalo sebagai pemain Afrika termahal buat Manchester United.

Manchester UnitedLiga InggrisAndre Onana

Berita Terkini