x

Ji Da Bin, Dari GIC 3 ke Pentas Dunia Bersama Timnas Indonesia U-17

Senin, 10 Juli 2023 01:13 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Ji Da Bin memimpin ASIOP menjuarai turnamen GIC 3.

INDOSPORT.COM - Turnamen usia dini bertajuk Garuda International Cup (GIC) 3 telah mencapai puncaknya pada Minggu (9/7/23). Hajatan ini rupanya dipantau langsung oleh pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, untuk kepentingan seleksi skuat Piala Dunia U-17 2023. 

Diketahui, GIC 3 terbagi menjadi dua kategori, yakni U-12 dan U-17. Wakil Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) sukses menjuarai kelompok U-12, sedangkan tuan rumah ASIOP mempertahankan gelar yang mereka raih tahun lalu di kelompok U-17. 

Khusus ASIOP, salah satu pemain mereka, Ji Da Bin, telah dipastikan masuk daftar 34 nama yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-17. Dia tampil memukau sepanjang turnamen GIC 3 dan dinobatkan sebagai Best Player. 

Dengan kata lain, Ji Da Bin menjadi pemain jebolan GIC 3 pertama yang tercatat masuk 'kantong' Bima Sakti, meski diakui masih ada beberapa nama lain berdasarkan pemantauan selama turnamen berlangsung dari Kamis (6/7/23) hingga Minggu (9/7/23). 

"Kami sudah melihat semua. Kami mendukung penuh danberharap bisa banyak lagi kompetisi seperti ini. Positif untuk pembinaan," kata Bima Sakti usai rangkaian seremoni penutupan GIC 3 di ASIOP Training Ground (ATG) Sentul. 

Baca Juga

"PSSI bisa memberikan kesempatan kepada para pemain di GIC. Saya melihat ada beberapa pemain dari sini, tapi belum bisa dibocorkan ya. Nanti akan dilihat sesuai kebutuhan," cetusnya. 

Pemanggilan Ji Da Bin bisa dimaklumi karena dia merupakan bagian dari skuat emas timnas Indonesia U-16 yang berhasil menjuarai Piala AFF 2022. Bima Sakti tentu sudah memahami betul kualitas remaja blasteran Korea Selatan tersebut. 

Di sisi lain, Direktur Utama ASIOP, Ade Prima Syarif, menyoroti pemanggilan Ji Da Bin ke timnas Indonesia U-17. Dia mengapresiasi dukungan PSSI, dalam hal ini Bima Sakti dan stafnya yang sudah menyempatkan waktu untuk memantau pemain muda potensial di GIC 3. 

Baca Juga

"Tadi mungkin coach Bima Sakti sudah mengantongi beberapa nama. Saya belum tahu detailnya, tapi yang sudah jelas itu Ji Da Bin karena surat pemanggilannya sudah kami terima," ujar Ade Prima Syarif kepada INDOSPORT

Kepastian pemanggilan Ji Da Bin ke timnas Indonesia U-17 berarti sang pemain punya kesempatan mewujudkan mimpi terbesar pesepak bola muda, yakni tampil di Piala Dunia U-17. Dia tinggal menjaga konsistensi permainan agar terpilih mengisi skuat final. 

Ji Da Bin sekaligus membuktikan bahwa GIC bisa menjadi pijakan awal pemain muda ke pentas dunia. Sesuai dengan tujuan utama turnamen yang memang berencana meniru kesuksesan Piala Gothia dan Singha Cup.

Baca Juga

1. Meriah dan Sukses

Turnamen Garuda International Cup 3 kembali digelar di Juli 2023.

Di sisi lain, Project Director Garuda International Cup 3, Wahyu Budiarto, mengaku bersyukur karena turnamen edisi ketiga ini bisa berlangsung lancar, meriah, dan sukses. 

“Turnamen kali ini berlangsung seru, menarik, dan berkualitas karena diikuti tujuh negara dan digelar menjelang Piala Dunia U-17 2023. Kami bersyukur turnamen berjalan sukses. Bahkan, beberapa tim sudah menyatakan komitmennya untuk ikut lagi tahun depan,” ucap Wahyu. 

Baca Juga

Wahyu tak lupa berterima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung GIC 3, yaitu Transtama Logistics, Sompo Insurance, AQUA, Specs, RS EMC, City Trans Utama, Joyday, dan ASIOP Training Ground (ATG) Sentul. 

Baca Juga

Rekap Hasil Pertandingan GIC 3, Minggu (9/7/23) 

Kategori U-12 

Perebutan Tempat ke-3 (PLATE)

DY FC vs Best FC (Malaysia) 3-0 

Perebutan Tempat ke-3 (CUP)

NFDP (Malaysia) vs ASIOP Biru 2-1 

Final (PLATE)

Nahusam FA vs Next Bali Generation 0-3 

Final (CUP)

ASIOP Merah vs JDT (Malaysia) 0-1 

Kategori U-17 

Perebutan Tempat ke-3 (PLATE)

Central Visayas (Filipina) vs FC Katipunan (Filipina) 3-0 

Perebutan Tempat ke-3 (CUP)

Heijnes FS vs Ricky Nelson Academy 0-0 (adu penalti (5-3) 

Final (PLATE)

Safin Pati SS vs Woodlands Warriors (Singapura) 

Final (CUP)

Diklat Merden va ASIOP Merah 0-2 

Rekap Penghargaan GIC 3 

Kategori U-12 

Top Skor

10 gol - Muhammad Farish Haqiemi (JDT) 

Kiper Terbaik

Raul Gonzales (ASIOP Merah) 

Pemain Terbaik

Muhammad Farish Haqiemi (JDT) 

Pelatih Terbaik

Mohd Hafiz Bin Zainal (JDT) 

Kategori U-17 

Top Skor

5 gol - Marselinus Ama Ola (ASIOP Merah) dan Rendgra Yanuarie (Ricky Nelson Academy) 

Kiper Terbaik

Dzaki Nurfaizi (ASIOP Merah) 

Pemain Terbaik

Ji Da Bin (ASIOP Merah) 

Pelatih Terbaik

Ahmad Zulkifli (ASIOP Merah)

Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bima SaktiASIOP ApacintiBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaGaruda International CupTimnas Indonesia U-17Ji Da-bin

Berita Terkini