x

Anthony Gordon, Dulu Dilepas Liverpool Kini Calon Idola Baru Newcastle dan Timnas Inggris

Selasa, 11 Juli 2023 20:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain muda Timnas Inggris yang dulu pernah menimba ilmu di Liverpool, Anthony Gordon. Foto: instagram/anthonygordon.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Anthony Gordon, mantan anak didik Liverpool yang kini menapaki jalur kesuksesan bersama Newcastle United dan Timnas Inggris U-21.

Sebagai salah satu klub papan atas Inggris, Liverpool tentu memiliki banyak pemain muda baik di tim junior maupun akademi mereka, dengan bakat dan potensi besar untuk meraih kesuksesan.

Anthony Gordon dulu salah satunya.

Namun sayang, ia tidak menyelesaikan pendidikannya di klub Liga Inggris yang bermarkas di Anfield tersebut hingga sampai ke tim utama.

Bahkan, setelah angkat kaki dari Liverpool, ia justru merapat ke klub rival sekaligus tetangga mereka, Everton. Usianya saat itu masih 11 tahun.

Baca Juga

Cukup lama menimba ilmu di Everton, Anthony Gordon kemudian mendapat kesempatan main di tim utama The Toffees pada 2017.

Setelah itu, pada 2020 ia mendapat perpanjangan kontrak berdurasi lima tahun dari Everton. Namun selama berada di klub Merseyside Biru ini, ia sempat pergi sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga

Winger kelahiran Liverpool tersebut dipinjamkan ke Preston North End pada bulan Februari 2021 dan berada di sana hingga akhir musim 2020/2021.

Kini, Liverpool dan Everton sudah menjadi masa lalu Anthony Gordon. Saat ini, ia merupakan anggota skuad Newcastle United dan rekan setim Sandro Tonali.

Keduanya bakal menjadi pemain andalan The Magpies untuk mengarungi musim baru 2023/2024 baik di Liga Inggris maupun Liga Champions. 

Baca Juga

1. Calon Idola Baru Newcastle United dan Timnas Inggris

Pemain muda Timnas Inggris yang dulu pernah menimba ilmu di Liverpool, Anthony Gordon. Foto: instagram/anthonygordon.

Anthony Gordon bergabung dengan Newcastle United pada pada Januari 2023. Nilai transfernya pun dikabarkan menyentuh angka 40 juta poundsterling.

Baru saja merapat pada awal tahun ini, perjalanan Anthony Gordon bersama The Magpies pun masih sangat panjang.

Meski begitu, baik Newcastle United maupun Eddie Howe layak berharap banyak pada pemain yang satu ini selepas turnamen Euro U-21 2023 yang baru selesai tempo hari.

Seperti diketahui, Timnas Inggris U-21 tampil sebagai juara untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah, setelah mengalahkan Spanyol U-21 dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang skuad The Three Lions muda dicetak oleh bintang Liverpool, Curtis Jones, pada menit ke-45.

Baca Juga

Walau tidak turut mencatatkan namanya di papan skor, Anthony Gordon membawa pulang predikat Player of the Tournament berkat penampilannya yang apik bersama Inggris.

Menurut para anggota panel technical observer FIFA yang memberi penilaian, Anthony Gordon dinilai telah menunjukkan penampilan berlevel tinggi sepanjang turnamen berlangsung.

Baca Juga

Selain menjadi salah satu kunci keberhasilan Inggris sampai final dan menjadi juara, Anthony Gordon juga sempat mencatak gol saat melawan Israel dan Portugal.

Biasanya menjadi winger di Newcastle United, Anthony Gordon kali ini justru dipasang sebagai penyerang tengah oleh pelatih Timnas Inggris U-21, Lee Carsley.

Namun ternyata, sang pemain mampu menjawab tantangan dan tugas tersebut dengan penampilan yang luar biasa, hingga meraih gelar Player of the Tournament.

Baca Juga
 

2. Siap Tampil Lebih Menggebrak di Newcastle United

Pemain muda Timnas Inggris yang dulu pernah menimba ilmu di Liverpool, Anthony Gordon. Foto: instagram/anthonygordon.

Menyusul rapornya yang impresif di Euro U-21 2023, Anthony Gordon pun bisa diprospek Eddie Howe untuk posisi yang lebih beragam di skuad The Magpies.

Eddie Howe juga berharap, anak asuhnya yang satu ini bisa lebih banyak berkontribusi di tim musim ini. Ia juga menyambut baik posisi Anthony Gordon sebagai false nine di Timnas Inggris.

“Posisi individu Anthony, bagaimana ia memainkannya, serta kesuksesan Inggris akan menjadi bekal bagus untuknya ke depan,” ucap Eddie Howe, dikutip dari Mirror.

“Kami sangat menghargai pemain sepertinya. Kami benar-benar beharap dia bisa berkontribusi tahun ini,” tambahnya lagi.

Eddie Howe pun menambahkan bahwa versatility alias kemampuan serbabisa merupakan salah satu kualitas Anthony Gordon yang sudah ia sadari sejak lama.

“Saya sudah melihat Anthoy bermain untuk posisi itu saat masih di Everton. Kami [Newcastle United] pernah membahas hal terbaik soal mendatangkannya,

“Adalah kemampuannya yang serbabisa. Jadi, kami kemudian memainkannya di sebelah kiri maupun kanan, dan sebagai gelandang sentral,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Eddie Howe juga melihat adanya potensi dalam diri Anthony Gordon saat bermain di lini depan.

“Saat latihan, dia juga pernah bermain di depan dan tampil bagus di pertandingan-pertandingan yang sudah kami lalui. Dia pemain serbabisa yang berharga bagi kami,” jelasnya lagi.

Ya, Anthony Gordon adalah salah satu pemain muda yang layak dinanti sepak terjangnya di Liga Inggris 2023/2024. Ia mantan anak didik Liverpool yang kini siap tampil lebih menggebrak di Newcastle United. 

LiverpoolEvertonTimnas InggrisLiga InggrisOne FootballAnthony GordonIndepth

Berita Terkini