x

Alasan Bima Sakti Gelar Psikotes untuk Pemain Timnas U-17: Biar Mental Baja

Rabu, 12 Juli 2023 15:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 34 pemain seleksi Timnas Indonesia U-17 mengikuti psikotes pada Selasa (11/07/23) di Hotel Sultan, Jakarta. Hal itu dilakukan untuk melihat kepribadian pemain. 

Materi psikotes diberikan oleh Laksmiari Saraswati dan Afif Kurniawan yang sebelumnya menjadi psikolog di Timnas  U-22 SEA Games 2023 di Kamboja.

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti mengatakan butuh informasi soal kepribadian pemain supaya tim pelatih bisa menyiapkan materi latihan yang disesuaikan. Hal itu penting, karena pemain tak hanya dituntut soal skill tapi juga punya kedewasaan dalam berpikir.

"Tujuan psikotes untuk mengetahui skor IQ secara rata-rata maupun individual pemain. Selain itu, mengetahui berbagai aspek kepribadian dan psikososial yang dapat menjadi faktor penunjang kekuatan mental tim," kata Bima Sakti.

Baca Juga

"Tes ini juga untuk mengetahui berbagai temuan temuan kualitatif lainnya secara individu ataupun kelompok," imbuhnya.

Meski demikian, Bima Sakti belum membeberkan hasil psikotes para pemain. Dia belum menjawab pesan singkat yang dilontarkan INDOSPORT.com.

Baca Juga

Sebelumnya, para pemain seleksi Timnas U-17 menjalani tes kesehatan di Medical Center PSSI, GBK Arena, Jakarta pada Senin (10/07/24). Tes dipimpin oleh Head of Medical PSSI, dokter Syarif Alwi.

Baca Juga

1. Tahapan Tes Kesehatan

Seleksi pemain untuk Timnas Indonesia U-17.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan saat tes fisik, baik tes secara performa maupun kesehatan pemain seperti jantung, kadar lemak dan lainnya.

"Kami melakukan medical check up awal dengan pemeriksaan kesehatan seperti otot, vald performance test, serta cek lab bila ada kelainan pada pemain," jelas Syarif Alwi.

"Selain itu kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan untuk awal hemoglobin, melihat profil ginjal, lemak, liver fungsi tes, dan jantung," sambungnya.

Seleksi Timnas U-17 di Jakarta direncanakan berlangsung hingga 28 Agustus mendatang. Pada tahap awal ini, sebanyak 34 pemain dipanggil oleh pelatih Bima Sakti.

Baca Juga

"Untuk besok kami memberikan menu penguatan di gym," tambah Bima Sakti.

Adapun pemain yang dipanggil sebagian besar dari Timnas U-16 yang juara Piala AFF U-16 2022, pemain keturunan, Elite Pro Academy, Future Garuda hingga Garuda Select. 

Baca Juga

Setelah TC di Jakarta, ada lagi TC kedua bulan di Agustus, baru September - Oktober berlatih di Eropa. Itu merupakan rangkaian persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia pada 10 November - 2 Desember 2023. 

Baca Juga
Bima Sakti TukimanTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini