x

3 Alasan Park Hang Seo Cocok Ambil Alih Pelatih Persib Bandung di Liga 1 2023

Senin, 17 Juli 2023 19:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Park Hang-seo, mantan pelatih Timnas Vietnam asal Korea, yang diharapkan bisa jadi pengganti Luis Milla di Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Tiga alasan mengapa Park Hang Seo cocok mengambil alih posisi pelatih Persib Bandung di Liga 1 2023/2024, usai ditinggalkan Luis Milla.

Kabar mengejutkan datang dari tim Liga 1 Persib Bandung, yang memutuskan untuk menyudahi kerja sama mereka dengan pelatih kelas dunia, Luis Milla.

Padahal, kompetisi Liga 1 2023/2024 baru memasuki pekan ketiga. Pelatih berpaspor Spanyol itu mundur dari Persib pada Sabtu (15/07/23), setelah Maung Bandung tidak pernah menang di tiga laga perdana.

Dengan hengkangnya Luis Milla dan tiga asistennya asal Spanyol, Persib Bandung bergerak cepat mencari pelatih pengganti yang sepadan, dan salah satu nama yang diusulkan netizen adalah Park Hang Seo.

Berikut INDOSPORT coba merangkum tiga alasan Park Hang Seo adalah pelatih yang cocok untuk menukangi Persib Bandung di Liga 1 2023/2024.

Baca Juga

1. Tegas dan Antikritik

Park Hang Seo bukanlah nama baru di kancah sepak bola Asia Tenggara. Pelatih asal Korea Selatan itu pernah tukangi Timnas Vietnam, dan seringkali bertemu Timnas Indonesia.

Salah satu hal yang identik dengan Park Hang Seo adalah sifatnya yang keras, tegas dan blak-blakan, bahkan terkesan antikritik. Karakter ini cocok dengan Persib Bandung.

Baca Juga

Maklum, manajemen Persib memang beberapa kali berbeda pendapat dengan pelatih. Selain itu, Persib juga memiliki basis fans yang sangat besar, sehingga pelatih kerap jadi sasaran empuk pembullyan jika Persib tidak bermain sesuai dengan harapan.

Dengan karakter Park Hang Seo yang cuek dan terkesan antikritik, dia bisa fokus membangun Persib Bandung tanpa harus dipusingkan dengan banyaknya tekanan di media sosial.

Baca Juga

1. 2. Park Hang Seo Sepadan dengan Luis Milla

Park Hang Seo memberikan banyak prestasi untuk sepak bola Vietnam.

Jika Luis Milla adalah mantan pelatih Timnas Indonesia, maka Park Hang Seo adalah eks pelatih Timnas Vietnam. Kedua pelatih ini memiliki nama besar di kancah dunia.

Skuad Persib Bandung saat ini sudah disiapkan oleh Luis Milla, maka manajemen tentu tak ingin 'downgrade' dengan memanggil sosok pelatih antah berantah.

Mau bagaimana pun, pelatih anyar Persib Bandung harus setara dengan Milla, atau bahkan harus lebih baik levelnya.

Maka, orang yang sepadan dengan hal itu adalah Park Hang Seo, yang kebetulan juga sudah menuntaskan tanggung jawabnya di Timnas Vietnam, dan kini sedang menganggur.

Apalagi Park Hang Seo sudah mengenal karakteristik sepak bola Indonesia, maka ia tak memerlukan waktu lama untuk adaptasi dan bisa langsung terjun ke Liga 1 2023/2024.

Baca Juga

3. Sederet Prestasi Mentereng

Persib Bandung selalu mematok target tinggi di setiap musim. Klub asal Jawa Barat itu haus akan prestasi, tidak hanya di level nasional, tetapi juga di kancah internasional.

Park Hang Seo sudah membuktikan jika ia adalah pelatih kelas dunia dengan sederet prestasi. Juru taktik 65 tahun itu membawa Timnas Korea Selatan U-23 meraih medali perunggu Asian Games 2002.

Baca Juga

Kemudian saat menukangi Timnas Vietnam, Park Hang Seo juga sukses membawa The Golden Stars menjuarai Piala AFF 2018, hingga runner up Piala AFF 2022 lalu.

Di level klub, Park Hang Seo pernah dua kali membawa Sangju Sangmu juara K League 2, serta membawa Changwon City juara Korea National League Championship.

Klub Asnawi Mangkualam saat ini, Jeonnam Dragons juga pernah menjadi runner up di Korean League Cup 2008 lalu, di bawah tangan dingin Park Hang Seo.

Jika Persib Bandung mengincar prestasi di kompetisi Liga 1 2023/2024 maka Park Hang Seo adalah pelatih yang sepadan untuk itu.

Baca Juga
Persib BandungPelatihLuis MillaLiga 1Park Hang SeoIndepth

Berita Terkini