x

Bedah Kokohnya Lini Belakang Arsenal Usai Boyong David Alaba dengan Gaji Selangit

Jumat, 21 Juli 2023 13:33 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
David Alaba saat laga Liga Champions antara Real Madrid vs Shakhtar Donetsk

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal tengah dirumorkan bakal memboyong bek andalan Real Madrid, David Alaba di bursa transfer musim panas 2023.

Sebelumnya, Manchester United yang dikaitkan membidik David Alaba. Namun Arsenal ternyata ingin menikung Setan Merah pada bursa transfer kali ini.

Menurut laporan dari Football 365, Arsenal bahkan sudah menyiapkan rencana jitu agar menang dalam berburu David Alaba. Mereka kabarnya siap melayangkan gaji sebesar 15 juta euro per tahun.

Angka tersebut lebih tinggi 3 juta euro dibanding gaji dibanding gaji yang diperoleh sang bek bersama Real Madrid sebesar 12 juta euro.

Meski begitu, Mikel Arteta tetap harus berjuang keras agar bisa mendapatkan jasa pemain berusia 31 tahun tersebut.

Baca Juga

Pasalnya, David Alaba hingga kini masih sedang bergabung ke Real Madrid. Kemudian presiden mereka, Florentino Perez, masih sangat suka dengan performa sang bek.

Dengan situasi ini, tampaknya Arsenal masih akan terus mendekati sang pemain dan pihak Real Madrid untuk segera merampungkan transfer David Alaba.

Dilansir dari situs Transfermarkt, David Alaba memiliki harga pasar sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp669 miliar.

Selain masih menjadi andalan Real Madrid, David Alaba juga belum tergantikan sebagai bek tengah Timnas Austria.

Sementara itu, David Alaba pertama kali diperkenalkan sebagai rekrutan baru Real Madrid pada bursa trasnsfer musim panas 2021 lalu.

Baca Juga

Ia dibajak oleh Real Madrid dari Bayern Munchen secara gratis. Di musim debutnya, bek yang memiliki tinggi 180cm tersebut langsung menjadi andalan dengan menyumbang dua gol serta tiga assist dalam 30 laga di Liga Spanyol (La Liga).

Kemudian pada musim 2022-2023 kemarin, David Alaba tampil sebanyak 23 kali di liga domestik dengan mengemas satu gol dan tiga assist.

Bila Arsenal resmi mendatangkan David Alaba di bursa transfer musim panas 2023, maka Mikel Arteta bakal memiliki lini belakang kokoh. Berikut INDOSPORT telah membedah formasi lini belakang The Gunners untuk musim 2023-2024:

Baca Juga

1. Bedah Lini Belakang Arsenal Usai Gaet David Alaba

David Alaba menanduk bola di laga Osasuna vs Real Madrid (19/02/23). (Foto: REUTERS/Vincent West)

Sebelum mengincar David Alaba dari Real Madrid, Arsenal sudah resmi menggaet tiga pemain baru di bursa transfer musim panas 2023 yakni Declan Rice (West Ham), Kai Havertz (Chelsea) dan Jurrien Timber (Ajax).

Khusus untuk Jurrien Timber, ia merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Bila resmi mendatangkan David Alaba, Arsenal bakal memiliki empat bek tengah yang memiliki kualitas mumpuni.

Persaingan untuk mendapatkan tempat utama bakal sangat ketat, lantaran Mikel Arteta selalu menggunakan formasi dua bek ketika membesut The Gunners.

Namun, Mikel Arteta juga tercatat pernah menggunakan formasi tiga bek tengah yakni 3-4-3 bila bersua lawan-lawan kuat seperti Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Chelsea.

Bahkan formasi ini mampu mengantarkan Arsenal meraih hasil apik kala melawan tim-tim besar. Akan tetapi, formasi ini kerap menjadi bumerang bagi Arsenal saat berhadapan dengan tim-tim yang di atas kertas bisa dikalahkan.

Baca Juga

Di pembahasan ini, kami akan mengulas mengenai taktik 3-4-3 yang digunakan Arsenal untuk melawat tim-tim kuat. Apalagi pola tersebut bisa membuat Mikel Arteta bisa memaksimalkan kemampuan seluruh bek tengahnya.

David Alaba yang memiliki usia jauh lebih tua yakni 31 tahun jelas akan mengisi slot bek tengah. Meski musim lalu dirinya dihantam cedera dan melewatkan 14 laga Real Madrid, namun pengalamannya sangat dibutuhkan.

David Alaba tercatat absen selama total 56 haru sepanjang musim 2023-2024 karena menderita cedera otot dan hamstring.

Kemudian dua bek lainnya yang bakal menemani David Alaba yaitu William Saliba dan Gabriel Magalhaes. Kedua pemain tersebut musim lalu tampil solid sebagai tembok kokoh Arsenal.

Sedangkan Jurrien Timber yang baru saja direkrut kemungkinan akan menjadi pelapis. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan dirinya bisa mendapat tempat utama bila mampu tampil apik di musim debutnya di The Gunners.

Kemudian empat pemain tengah diisi oleh Oleksandr Zinchenko yang bisa ditempatkan di sektor kiri. Ia juga bisa membantu ke belakang bila Arsenal dalam keadaan tertekan.

Baca Juga

Di sisi kanan, Mikel Arteta diprediksi masih mengandalkan bintang asal Jepang bernama, Takehiro Tomiyasu.

Dua di tengah bakal diisi Jorginho serta Martin Odegaard. Kemudian tiga penyerang diisi oleh Bukayo Saka, Gabriel Martinelli serta Gabriel Jesus sebagai ujung tombak.

Berikut Prediksi Starting XI Arsenal untuk Musim 2023-2024:

3-4-3: David Alaba, William Saliba, Gabriel Magalhaes; Takehiro Tomiyasu, Jorginho, Martin Odegaard, Oleksandr Zinchenko; Bukayo Saka, Gabriel Martinelli; Gabriel Jesus.

Baca Juga
Bursa TransferReal MadridArsenalDavid AlabaMikel Arteta

Berita Terkini