x

Seperti Liverpool, Jurgen Klopp Bisa Ciptakan Era Baru Timnas Jerman Bertabur Bintang

Sabtu, 22 Juli 2023 19:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp tidak menutup kemungkinan menangani Timnas Jerman selepas dari Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp belum lama ini dikaitkan dengan tawaran melatih Timnas Jerman jika nanti angkat kaki dari klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Hanya saja, kemungkinan tersebut untuk saat ini masih berada di awang-awang lantaran pelatih asal Jerman tersebut masih setia mengabdi untuk The Reds.

Janji kesetiaan itu pun bukan satu dua kali diungkapkan Jurgen Klopp di hadapan publik. Akan tetapi, ia pun tidak mau menutup pintu melatih Timnas Jerman suatu hari nanti.

Sebagai informasi, Jurgen Klopp memiliki kontrak di Liverpool hingga tahun 2026. Dalam kurun waktu yang tersisa, ia punya PR besar menyiapkan skuad The Reds yang berkualitas.

Skuad warisan yang apik, tentunya akan sangat membantu siapa pun penerusnya kelak di Liverpool. Selain itu, ia juga bisa pulang ke Jerman dengan hati yang senang.

Bicara soal 2026, bukan hanya Liverpool yang akan memulai era baru dengan keberadaan beberapa pemain anyar di skuad.

Baca Juga

Timnas Jerman, layaknya tim sepak bola pada umumnya, juga akan mengalami regenerasi dan para pemain muda yang ada saat ini berpeluang besar menjadi bintang besar suatu hari nanti.

Bukan tidak mungkin, pada 2026 nanti, mereka-mereka ini akan menjelma sebagai pemain andalan di skuad Timnas Jerman asuhan Jurgen Klopp.

Salah satunya Arijon Ibrahimovic, gelandang berusia 17 tahun yang saat ini bermain untuk Bayern Munchen.

Baca Juga

Ia merupkan produk lokal Jerman yang sempat bermain di Greuther Furth dan FC Nurnberg, sebelum bergabung dengan akademi Bayern Munchen pada 2018.

Pada 2026 nanti, Arijon Ibrahimovic akan berusia 21 tahun dan terbuka kemungkinan ia akan berada di Timnas Jerman senior jika terus menunjukkan perkembangan yang apik.

Untuk sekarang, Arijon Ibrahimovic masih tercatat sebagai anggota Timnas Jerman U-18. Ia adalah gelandang yang box to box yang kerap disebut mirip dengan Leon Goretzka.

Baca Juga

1. Bisa Sulap Timnas Jerman seperti Liverpool

Jurgen Klopp tidak menutup kemungkinan menangani Timnas Jerman selepas dari Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Selain Arijon Ibrahimovic, Jurgen Klopp bisa memoles sejumlah bakat muda Timnas Jerman lainnya jika nanti benar-benar menangani Der Panzer pada 2026 atau kapan pun itu.

Beberapa di antaranya adalah Laurin Ulrich (VfB Stuttgart), Eyup Aydin (Bayern Munchen), dan Nelson Weiper (Mainz 05).

Nama yang terakhir, belum lama ini dipanggil ke Timnas Jerman U-23, dan pernah membawa pulang penghargaan Fritz Walter Medal 2022.

Ia meraih penghargaan bagi pemain muda Jerman tersebut untuk kategori U-17, dengan menempati peringkat pertama mengungguli Laurin Ulrich dan Tarek Buchmann.

Sejatinya, Timnas Jerman juga memiliki Lazar Samardic yang saat ini bermain untuk Udinese. Hanya saja, belum lama ini ia berpindah hati membela Serbia.

Baca Juga

Jurgen Klopp, Liverpool, dan Timnas Jerman

Merebaknya desas-desus Jurgen Klopp melatih Timnas Jerman sejatinya sudah bukan cerita baru lagi. Ia telah dikaitkan sejak zaman Der Panzer masih ditangani Joachim Low.

Belakangan, kemungkinan ia merapat ke sana kembali menyeruak seiring kegagalan Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar beberapa waktu lalu.

Sebagai salah satu unggulan juara, Timnas Jerman justru angkat kaki jauh lebih cepat dari perkiraan, hingga sempat membuat posisi Hansi Flick dalam ancaman.

Lantas, seperti apa sudut pandang Jurgen Klopp dengan kabar yang belakangan menyebutnya bisa merapat ke Timnas Jerman?

Baca Juga

“Pekerjaan melatih tim nasional adalah sebuah kehormatan,” ucapnya seperti diwartakan talkSPORT dari The Athletic.

“[tapi] Saya tidak bisa begitu saja mengatakan ingin meninggalkan Liverpool dan menangani Timnas Jerman dalam waktu berdekatan,” ujarnya.

Jurgen Klopp pun kembali menegaskan, bahwa ia masih punya tanggung jawab besar di Liverpool dan harus ia selesaikan hingga kontraknya berakhir pada 2026.

“Jika saya menangani Jerman, saya harus siap dan untuk sekarang belum,” ujarnya sembari menyebut jabatan pelatih timnas adalah pekerjaan yang menarik.

Kini, Jurgen Klopp tentu saja masih akan fokus membangun kembali Liverpool yang sempat terseok-seok musim lalu. Mereka bahkan absen di Liga Champions 2023/2024.

Namun menilik sepak terjang yang impresif dalam membangun era baru The Reds yang berisikan para juara, bukan tidak mungkin Timnas Jerman nantinya juga sukses berkat sentuhan ajaibnya.

Baca Juga
 
LiverpoolJermanJurgen KloppBola InternasionalOne FootballIndepth

Berita Terkini