x

Kisah Miris Amy Borges, Mama Muda yang Cetak Hattrick di Piala Dunia Wanita 2023

Kamis, 27 Juli 2023 04:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Ada kisah menyentuh hati dari sosok Ary Borges, mama muda yang membela Timnas Brasil dan mencetak hattrick di Piala Dunia Wanita 2023. (Foto: IG @_aryborges)

INDOSPORT.COM - Ada kisah menyentuh hati dari sosok Ary Borges, mama muda yang membela Timnas Brasil dan mencetak hattrick di Piala Dunia Wanita 2023.

Timnas Brasil baru saja mengalahkan Panama di babak penyisihan Grup F Piala Dunia Wanita 2023, Senin (24/07/23) lalu di Stadion Hindmarsh, dengan skor telak 4-0.

Ary Borges dinobatkan sebagai woman of the match dengan torehan hattrick atau tiga gol, serta mencatatkan satu assist untuk gol milik Beatriz Zaneratto João.

Torehan ini tidak hanya membawa Brasil menjadi pemuncak klasemen sementara di Grup F, tetapi juga membawa Ary Borges sebagai top skorer Piala Dunia Wanita 2023.

Namun siapa sangka, melihat Ary Borges yang gacor di lapangan hijau, rupanya ia adalah 'mama muda' yang baru berusia 23 tahun.

Baca Juga

Penampilan gemilang Borges di Piala Dunia Wanita 2023 juga membuatnya mengukir sejarah sebagai pemain Brasil pertama yang mencetak hattrick di partai debut.

Mulai dari legenda sepak bola Brasil, yaitu Pele, Ronaldo, Ronaldinho, bahkan Neymar tidak bisa mengukir prestasi yang serupa saat menjalani debut mereka di Piala Dunia.

Baca Juga

"Dalam mimpi terliar saya, saya tak pernah berpikir bahwa saya bisa mencetak hattrick dalam pertandingan Piala Dunia pertama saya. Namun itu terjadi," ungkap Borges.

"Saya senang, saya senang, dan saya menangis. Saya benar-benar tidak siap untuk ini," kata pesepak bola berusia 23 tahun itu.

Pemilik nama lengkap Ariadina Alves Borges itu ternyata memiliki kisah yang mengharukan. Ia menghabiskan masa kecil bersama sang nenek di Maranhao, sementara orang tuanya bekerja di Sao Paulo.

Baca Juga

1. Ary Borges Hamil di Usia 15 Tahun

Ary Borges (Brasil) mencetak hattrick di Piala Dunia Wanita 2023 (Foto: IG @_aryborges)

Saat berusia 10 tahun, Ary Borges dijemput oleh orang tuanya ke Sao Paulo.  Sang ayah memasukkannya ke tim sepak bola sekolah, meski semua pemain di sana adalah laki-laki.

Tak lama kemudian, bakat Ary Borges mulai terlihat dan ia direkrut ke tim putri Centro Olimpico Sao Paulo U-15, padahal saat itu Borges baru berusia 11 tahun.

Sepak bola sudah menjadi keseharian Ary Borges, sampai akhirnya di usia 15 tahun ia hamil. Banyak yang meragukan masa depan kariernya sebagai pesepak bola wanita.

Borges melahirkan anak laki-laki bernama Enzo Miguel, tetapi ia belum bisa melepas kecintaannya pada sepak bola. Ia tetap berlatih bahkan sambil menyusui anaknya.

"Siapa pun yang menghadiri sesi latihan atau menonton pertandingan tim wanita Sao Paulo, pasti mengenal Enzo," ucap Borges, seperti dilansir dari Dibradoras.

Baca Juga

"Dia ingin berada di mana pun aku pergi.  Ada kalanya Enzo bahkan memaksa untuk sarapan bersama tim dan muncul di ruang rapat. Saya sangat mencintainya dan sulit untuk berkata tidak."

"Saya berusaha memberikan semua yang tidak bisa diberikan orang tua saya karena mereka jauh," lanjut Borges, yang sempat ditinggal orang tuanya saat kecil untuk bekerja.

Baca Juga

Ary Borges pertama kali dipanggil ke Timnas Brasil saat berusia 20 tahun, dan ia bersyukur saat diizinkan membawa Enzo.

Sayangnya saat ini sang anak belum bisa diboyong ke Australia untuk menonton sang ibu bertanding di Piala Dunia Wanita 2023 secara langsung.

Ayah Ary Borges bahkan harus mengambil cuti agar bisa menjaga Enzo, dan merelakan untuk potong gaji dari sebuah pabrik mebel, demi bisa menjaga cucunya selama Ary Borges berlaga di Piala Dunia Wanita.

Baca Juga
BrasilBola InternasionalPiala Dunia WanitaPiala Dunia Wanita 2023

Berita Terkini