x

Profil Armando Broja, Bikin Giorgio Furlani Ikut Turun Gunung demi AC Milan

Jumat, 18 Agustus 2023 10:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Armando Broja menjadi incaran AC Milan. Foto: Reuters/Tony Obrien.

INDOSPORT.COM - Striker Chelsea, Armando Broja, berhasil membuat CEO AC Milan, Giorgio Furlani, turun gunung untuk mendatangkannya di bursa transfer pemain.

Ya, ketertarikan AC Milan terhadap Armando Broja sudah bukan rahasia lagi. Raksasa Serie A Liga Italia ini nampaknya masih membutuhkan tambahan pemain di lini serangnya.

Mereka dikabarkan ingin melepas Divock Origi dan Charles De Ketelaere, yang tampil di bawah ekspektasi, sedangkan Ante Rebic juga pergi.

Oleh sebab itu, amunisi baru pun dibutuhkan dan pilihan jatuh kepada bintang muda Chelsea, Armando Broja. Akan tetapi, proses mendatangkannya tidaklah mudah.

Chelsea disebut-sebut enggan melepas striker mereka tersebut karena masih ingin melihat perkembangan situasi menyusul cederanya Christopher Nkunku.

Selain itu, AC Milan juga harus bersaing dengan rivalnya di Liga Italia, AS Roma, yang juga berminat memboyong Armando Broja.

Baca Juga

Namun AC Milan punya senjata andalan dalam proses negosiasi ini, yakni sang CEO, Giorgio Furlani.

Seperti diwartakan Sempre Milan, Giorgio Furlani secara langsung turun tangan dalam upaya mendatangkan Armando Broja dari Chelsea.

Nantinya, sang pemain diproyeksikan sebagai salah satu andalan tim di lini depan, lantaran Noah Okafor nampak belum siap menjadi deputi Olivier Giroud.

Turunnya Giorgio Furlani dan hubungan baik dengan Chelsea pun bisa membuat AC Milan berada di atas angin ketimbang AS Roma.

Baca Juga

Sebelum ini, mereka juga sudah mendatangkan Ruben Loftus-Cheek dengan nilai transfer 36 juta euro (sekitar Rp600 miliar).

Armando Broja merupakan striker kelahiran Inggris yang kemudian membela Timnas Albania karena garis keturunan orang tuanya.

Lahir di Inggris, ia juga mengawali karier sepak bolanya dengan melakoni sejumlah trial di klub-klub negara kelahirannya ini.

Ia sempat ikut trial di Reading dan Fulham sebelum direkrut Tottenham Hotspur pada 2007 silam.

Tidak lama setelahnya, tepatnya pada 2009, Armando Broja pun bergabung dengan akademi Chelsea hingga menandatangani kontrak profesionalnya pada 2020 lalu.

Baca Juga

1. Mengenal Lebih Dekat Armando Broja

Armando Broja menjadi incaran AC Milan. Foto: Reuters/Tony Obrien.

Ia salah satu pengabdi setia di Chelsea, bahkan sudah punya koneksi dengan Olivier Giroud sebelum dikaitkan dengan AC Milan di bursa transfer pemain kali ini.

Adalah laga debutnya di Premier League Liga Inggris pada bulan Maret 2020, saat melawan Everton.

Saat itu, ia masuk menggantikan Olivier Giroud pada menit ke-86. Di laga tersebut, Armando Broja juga merasakan kemenangan telak 4-0 atas The Toffees.

Hari-hari Armando Broja bersama Chelsea tidak jauh berbeda dari rekan-rekannya sesama pemain muda di liga.

Untuk mengumpulkan pengalaman dan menit bermain, ia sempat dipinjamkan Chelsea ke Vitesse dan Southampton.

Selama berkarier sebagai pesepak bola sejak usia muda, Armando Broja telah memelajari banyak hal yang menjadikannya striker dengan sejumlah kualitas.

Baca Juga

Tidak hanya striker, ia sempat bermain sebagai winger saat masih menimba ilmu di akademi - meski itu bukan posisi terbaiknya di lapangan.

Akan tetapi, pengalamannya sebagai winger dengan visi operan dan footwork yang apik bisa menolong tim apabila dibutuhkan.

Selain itu, dengan postur yang memadai ia bisa menjadi ancaman besar bagi pemain-pemain lawan di udara.

Ia cenderung memulai serangan dengan operan-operan yang menentukan, atau serangan-serangan balik yang berbahaya.

Meski begitu, sebagai pemain muda Armando Broja masih butuh menambah pengalaman dan jam terbangnya di level profesional.

Baca Juga

Selama berseragam Chelsea, ia telah tampil di 19 laga di seluruh kompetisi termasuk Liga Inggris.

Musim lalu, ia hanya dimainkan 12 kali karena sebagian besar musimnya dihabiskan dengan cedera.

Cedera ligamen lutut membuatnya harus menjalani operasi dan tidak bisa bermain di sisa musim 2022/2023.

Tentu saja, hal ini pun layak menjadi pertimbangan AC Milan jika ingin merekrut Armando Broja.

Jika merapat ke skuad Stefano Pioli, ia akan bergabung dengan Noah Okafor serta Lorenzo Colombo untuk menutup celah yang ditinggalkan Zlatan Ibrahimovic.

Selain Armando Broja yang diprospek langsung oleh Giorgio Furlani, AC Milan saat ini juga sedang dikaitkan dengan pemain Juventus, Moise Kean.

Hanya saja, ada kabar yang menyebut Moise Kean bisa didatangkan dengan status pinjaman untuk kemudian dipermanenkan jika berhasil memenuhi syarat tertentu. 

Baca Juga
 
Bursa TransferAC MilanLiga ItaliaBerita TransferOne FootballArmando BrojaGiorgio FurlaniIndepth

Berita Terkini