x

Lee Kang-in, Calon Pahlawan Korea Selatan di Asian Games Penerus Son Heung-min

Jumat, 25 Agustus 2023 15:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain PSG dan Timnas Korea Selatan, Lee Kang-in.

INDOSPORT.COM - Bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lee Kang-in, bisa menjadi penerus Son Heung-min sebagai pahlawan Korea Selatan di Asian Games 2022 (2023).

Seperti diketahui, Asian Games 2022 sudah di depan mata. Perhelatan akbar ini, awalnya akan digelar tahun lalu namun harus ditunda karena Covid-19.

Jika tidak ada halangan, Asian Games 2022 yang sebelumnya tertunda akan diselenggarakan pada tanggal 23 September hingga 8 Oktober di Hangzhou.

Sepak bola putra menjadi salah satu olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games edisi XIX ini, dan rencananya digelar lebih awal pada 19 September.

Korea Selatan sendiri memiliki catatan positif di sepak bola putra Asian Games. Mereka adalah juara edisi lalu (2018) yang digelar di Indonesia.

Saat itu, publik sempat dibuat berbincang dengan kehadiran Son Heung-min sebagai wilcard Timnas Korea Selatan U-23.

Baca Juga

Ia dipasang sebagai pemain di atas umur (overage) dan secara tidak langsung bertindak sebagai senior sekaligus pemimpin bagi para pemain lainnya.

Terlebih lagi, beban Timnas Korea Selatan di Asian Games 2018 tergolong berat lantaran status juara yang mereka raih sebelumnya (Incheon 2014).

Beban tersebut, tentu saja, kini bertambah dua kali lipat karena Korea Selatan pasti difavoritkan agar hat-trick juara di Asian Games 2022.

Di Asian Games 2018, Son Heung-min mencetak satu gol saat Korea Selatan Kyrgyzstan, sedangkan untuk gelar top skor turnamen jatuh kepada Hwang Ui-jo (8 gol).

Baca Juga

Kemenangan Korea Selatan di Asian Games 2018 ini pun membuat Son Heung-min dikecualikan dari kewajiban wajib militer. Ia hanya mengikuti pelatihan dasar dengan waktu singkat.

Kini, Timnas Korea Selatan sudah memiliki Lee Kang-in sebagai calon pahlawan baru untuk gelaran Asian Games 2022.

Mereka berada di Grup E bersama Thailand, Kuwait, dan Bahrain. Pertandingan pertama di fase grup akan dilangsungkan pada 19 September 2023.

Lee Kang-in merupakan satu dari sekian pesepak bola asal Negeri Ginseng yang memiliki pengalaman bermain di Eropa.

Sebelum berada di PSG saat ini, ia sudah pernah merumput di Valencia dan Mallorca. Ia juga menjadi Golden Ball Piala Dunia U-20 2019.

Untuk penghargaan tersebut, Lee Kang-in mengangkangi Serhiy Buletsa (Ukraina) dan Gonzalo Plata (Ekuador).

Baca Juga

1. Mengenal Lebih Dekat Lee Kang-in

Pemain PSG dan Timnas Korea Selatan, Lee Kang-in.

Lee Kang-in merupakan produk akademi Valencia yang bergabung pada 2011 silam. Ia pun dipanggil ke tim B mereka pada 2017.

Tidak lama setelahnya, gelandang kelahiran Incheon ini mendapat kesempatan debut di tim utama dengan tampil di ajang Copa del Rey.

Setelah dari Valencia, Lee Kang-in sempat bermain sebentar di Mallorca sebelum akhirnya dipinang PSG pada 2023.

Ia pun dinobatkan sebagai pemain Korea Selatan pertama yang bermain untuk PSG dan diikat kontrak berdurasi lima tahun.

Belum lama ini, tepatnya pada 12 Agustus lalu, Lee Kang-in sudah melakoni debutnya bersama skuad Les Parisiens di pertandingan kontra Lorient.

Eksitensinya di Ligue 1 pun menjadi pemandangan unik tersendiri karena tidak banyak pemain dari Asia yang merumput di sini.

Baca Juga

Namun jika harus menyebut satu, Lee Kang-in tidak sendirian. Ada Junya Ito, winger asal Jepang yang bermain untuk Stade Reims.

Pengalaman tampil di kompetisi papan atas pun menjadi bekal luar biasa bagi Lee Kang-in agar nanti bisa berjaya bersama Korea Selatan di Asian Games 2022.

Hanya saja, pelatih dan segenap suporter Korea Selatan mungkin harus menelan ludah dalam-dalam karena Lee Kang-in baru saja mendapat cedera.

Berdasarkan keterangan dari PSG, ia mengalami cedera quadriceps dan harus dirawat setidaknya hingga jeda internasional bulan September.

Tidak diketahui secara pasti kapan dan bagaimana pemain berusia 22 tahun ini mendapat cederanya. Ia sejauh ini dimainkan di dua laga perdana PSG di Ligue 1 2023/2024.

Baca Juga

Cedera ini pun membuat Lee Kang-in harus menepi dari tugas negara di laga-laga persahabatan pada 7 dan 12 September.

Mengungat sepak bola putra Asian Games 2022 (2023) bakal dimulai usai jeda internasional, Jurgen Klinsmann tentu berharap pemainnya tersebut bisa fit tepat waktu.

Jika berhasil membawa Timnas Korea Selatan juara lagi, Lee Kang-in bisa mendapat pengecualiaan wajib militer seperti Son Heung-min sebelumnya. 

Baca Juga
Paris Saint-GermainKorea SelatanPSGSon Heung-MinBola InternasionalAsian Games 2002Lee Kang-inIndepth

Berita Terkini