x

Badai Cedera Paksa Chelsea Lirik Jebolan Akademi Arsenal Emile Smith Rowe

Senin, 28 Agustus 2023 20:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Badai cedera yang menghinggapi pemainnya memaksa Chelsea melirik Emile Smith Rowe dari rivalnya di Liga Inggris (Premier League), Arsenal.

INDOSPORT.COM – Badai cedera yang menghinggapi pemainnya memaksa Chelsea melirik Emile Smith Rowe dari rivalnya di Liga Inggris (Premier League), Arsenal.

Dilansir dari TBR Football, Chelsea menjadikan Emile Smith Rowe sebagai salah satu target sebelum bursa transfer musim panas 2023 resmi ditutup.

Baca Juga

Dalam laporan tersebut, pemain berusia 23 tahun milik Arsenal ini diproyeksikan akan diboyong untuk mengisi pos yang ditinggalkan Christopher Nkunku dan Carney Chukwuemeka.

Baik Nkunku dan Chukwuemeka yang sama-sama mengisi posisi nomor 10 itu, tengah mengalami cedera yang memaksa keduanya menepi.

Nkunku diperkirakan akan menepi hingga akhir tahun 2023, sedangkan Chukwuemeka harus menepi setidaknya hingga usai jeda internasional September 2023.

Demi menjaga kedalaman skuad dan menggantikan peran keduanya, Chelsea merasa Emile Smith Rowe bisa menjadi alternatif di posisi nomor 10 itu.

Baca Juga

Ketertarikan Chelsea ini pun mendapat sambutan dari Arsenal, yang memang tengah dipaksa melego pemainnya pada musim panas 2023 ini.

Tapi sejauh ini Arsenal belum memasukkan nama Smith Rowe dalam daftar jual. Jikapun ia masuk ke dalam daftar itu, Chelsea diperkirakan harus mengeluarkan dana besar.

Pasalnya kontrak Smith Rowe bersama Arsenal sendiri masih terbilang cukup panjang, yakni hingga Juni 2026 atau tiga tahun ke depan.

Jikapun kepindahan ini terealisasi, maka Chelsea akan memungut kembali Emile Smith Rowe yang pernah ditolaknya semasa masih muda.

Baca Juga

1. Smith Rowe Pernah Trial di Chelsea

Nuno Tavares (tengah) bersama Rob Holding dan Emile Smith Rowe di laga West Ham vs Arsenal (01/05/22). (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Emile Smith Rowe tak begitu asing dengan Chelsea, mengingat saat masih muda dirinya pernah melakoni trial bersama klub asal London Barat itu.

Sebelum bergabung akademi Arsenal, Smith Rowe pernah mencicipi trial bersama Chelsea, dan berharap bisa masuk ke akademi tim berjuluk The Blues itu.

Baca Juga

Tapi apa daya, Smith Rowe mendapat penolakan dari Chelsea, sehingga dirinya trial di Arsenal dan berhasil bergabung akademi The Gunners.

“Ya, sebelum bergabung Arsenal, saya pergi trial di Chelsea lewat salah satu teman saya di sebuah tim lokal,” kenang Smith Rowe pada 2021 lalu.

“Dia (temannya) sudah trial di sana dan dia merekomendasikan saya. Entah bagaimana dia melakukannya, tapi saya trial di Chelsea dan saya tak diterima.”

“Itu (penolakan) sangat sulit diterima, apalagi saya masih muda. Tapi kemudian saya trial di Arsenal dan kemudian masuk ke akademinya,” lanjut Smith Rowe.

Baca Juga

Sejak berhasil masuk akademi Arsenal, Smith Rowe pun perlahan berhasil masuk tim utama, terlebih usai menjalani peminjaman di RB Leipzig dan Huddersfield Town.

Pada musim 2020/2021, Smith Rowe tergabung di skuad utama Arsenal dan mampu tampil apik dengan mencatatkan 4 gol dan 7 assist dari 33 laga.

Catatan itu bertambah di musim 2021/2022, di mana Smith Rowe mampu melesakakkan 11 gol dan 2 assist dari total 36 laga.

Pada musim 2022/2023 lalu, peran Smith Rowe terbatas akibat cedera dan penampilan apik para pemain di posisinya seperti Martin Odegaard dan Fabio Vieira.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaLiga InggrisBerita TransferTransfer PemainEmile Smith Rowe

Berita Terkini