x

FIFA Turun Tangan, Presiden 'Mesum' FA Spanyol Luis Rubiales Terancam Dicekal 15 Tahun

Selasa, 29 Agustus 2023 17:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Presiden FA Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, yang melecehkan pemain Timnas Wanita Spanyol terancam dicekal 15 tahun oleh FIFA dalam tuntutan terbaru.

INDOSPORT.COM - Presiden FA Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, yang melecehkan pemain Timnas Wanita Spanyol terancam dicekal 15 tahun oleh FIFA dalam tuntutan terbaru.

Sebelumnya, FIFA menjatuhkan skors kepada Luis Rubiales selama 90 hari (3 bulan) dilarang berkegiatan di sepak bola buntut insiden mencium bibir pemain timnas wanita Spanyol, Jennifer Hermoso.

Baca Juga

Insiden terjadi dalam seremoni juara Piala Dunia Wanita yang dimenangkan oleh Jennifer Hermoso dkk. pada 20 Agustus kemarin.

Namun dalam tuntutan terbaru, seperti melansir Football Espana, FIFA bisa mendesak pengadilan olahraga Spanyol menjatuhkan sanksi skors maksimal 15 tahun.

“FIFA akan menekan Luis Rubiales untuk pencekalan dari sepak bola selama 15 tahun karena tidak mempedulikan aspirasi petinggi (di Spanyol) untuk mundur),” tulis pernyataan FIFA, Senin (28/08/23).

Desakan FIFA ini tak lepas dari sikap Luis Rubiales yang baik-baik saja setelah sanksi skors 3 bulan dijatuhkan. Rubiales bahkan menolak mengundurkan diri dari jabatannya di RFEF.

Baca Juga

Dalam pernyataan resminya, Rubiales justru menyatakan kaum feminis palsu harus bertanggung jawab atas reaksi yang menentangnya, dan mengancam akan menuntut Jennifer Hermoso.

Kesal dengan sikap Rubiales, FIFA pun akan melobi larangan beraktivitas sepak bola lebih lama, dengan kasusnya saat ini sedang diproses melalui badan hukum Spanyol.

Dipahami, para jaksa penuntut di pengadilan kriminal Spanyol sedang melakukan menyelidiki tindakan Rubiales yang mencium Jennifer Hermoso, pada seremoni juara Piala Dunia Wanita 2023.

Pengadilan nantinya akan memutuskan apakah kasus tersebut termasuk pelanggaran serius atau sangat serius, dan perlunya membuka kasus disipliner terhadap Rubiales.

Baca Juga

1. Real Madrid dan Barcelona Kena Imbas

Julen Lopetegui dan Presiden RFEF, Luis Rubiales.

Selain insiden mencium bibir pemain, Rubiales juga tertangkap kamera memegang kemaluan saat merayakan kemenangan Spanyol di tribun VVIP yang juga dihadiri keluarga Ratu Spanyol.

Insiden memalukan itu membuat Luis Rubiales mendapat sorotan negatif di Spanyol. Tindakannya dikecam banyak pihak, termasuk dari Kerajaan Spanyol.

Baca Juga

Imbas kasus pelecehan Luis Rubiales tersebut rupanya juga mengancam dua klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid tidak bisa tampil di Liga Champions.

Hal ini dikarenakan Rubiales dalam pernyataan resmi menanggapi kasus ini mengancam akan membuat organisasi sepak bola Spanyol keluar dari UEFA.

Dengan RFEF mundur dari UEFA maka hal ini akan membuat Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Sociedad berpotensi dibekukan dari Liga Champions.

Selain itu, ada beberapa klub lagi yang akan terdampak, seperti Real Betis dan Villareal yang berkompetisi di Liga Europa.

Baca Juga

Osasuna yang baru kembali ke kompetisi Eropa dengan bertarung di UEFA Conference League juga terancam terdepak.

Pendukung Luis Rubiales disebut akan menyerang pemerintah Spanyol soal kasus ini. Namun disi lain, pemerintah Spanyol tak bisa berbuat apapun, karena mereka tak boleh mengintervensi RFEF.

Dalam cerita yang lain, isu memanas terkait Luis Rubiales kemudian berpengaruh kepada pihak keluarganya dengan sang ibu mengunci diri di dalam gereja.

Kondisi ini tentu membuat kasus Luis Rubiales semakin memanas, mengingat ada banyak banyak pihak yang terdampak. 

Baca Juga
FIFAFederasi Sepakbola Spanyol (RFEF)Bola InternasionalTim Nasional SpanyolPiala Dunia Wanita 2023

Berita Terkini