x

Selain Cium Bibir, Luis Rubiales Ketum PSSI-nya Spanyol Pamer Gestur Saru di Piala Dunia Wanita

Selasa, 22 Agustus 2023 21:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
Ketua Umum RFEF, Luis Rubiales, jadi sorotan usai Piala Dunia Wanita 2023 karena aksi cium bibir dan gerakan gestur tak senonoh di Piala Dunia Wanita 2023.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, tengah menjadi sorotan usai Piala Dunia Wanita 2023 karena aksi cium bibir pemain dan gerakan gestur saru di tribun.

Luis Rubiales turut menyaksikan langsung keberhasilan timnas Spanyol wanita yang memenangkan gelar juara Piala Dunia 2023 dengan mengalahkan Inggris 1-0, Minggu (20/08/23).

Baca Juga

Namun kehadiran Luis Rubiales di Stadion Australia, Sydney malah berujung kontroversial karena aksinya di tengah pertandingan sampai saat seremoni pengalungan medali.

Sebelumnya, Ketua Umum RFEF tersebut menjadi viral karena diduga melakukan pelecehan saat penyerahan medali dan trofi di panggung di tengah lapangan.

Saat di panggung, Luis Rubiales memberikan pelukan kepada para pemain asuhan Jorge Vilda. Namun ketika tiba giliran Jennifer Hermoso, tiba-tiba keduanya malah berciuman seusai berpelukan.

Seusai acara tersebut, Jenni Hermoso membuat pengakuan saat live di akun media sosialnya bahwa dia tidak menyukai apa yang dilakukan Luis Rubiales terhadap dirinya.

Baca Juga

Namun momen ciuman bibir bukan satu-satunya aksi kontroversial yang dilakukan Luis Rubiales. Pada momen lainnya, Luis Rubiales melakukan gesture saru yakni memegang bagian vitalnya.

Ini terjadi saat Luis Rubiales merayakan gol kemenangan Timnas Spanyol yang dicetak oleh Olga Carmona pada menit ke-69 di tribun VIP bersama Ratu Spanyol Letizia Ortiz Rocasolano dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Dalam video yang beredar, Rubiales tampak kegirangan melompat dan mengangkat kedua tangannya. Kemudian, dia menurunkan tangan kirinya dan mencengkram alat vitalnya.

Aksi itu dianggap tak senonoh lantaran dilakukan di sebelah putri Ratu Letizia, Sofia, yang masih berusia 16 tahun.

Baca Juga

1. Luis Rubiales Didesak Mundur Meski Sudah Minta Maaf

Pemain Spanyol, Ivana Andres mengangkat trofi bersama rekan setimnya setelah memenangkan final Piala Dunia Wanita 2023. (Foto: REUTERS/Asanka Brendon Ratnayake)

Dua kejadian tersebut membuat Luis Rubiales tidak hanya menjadi santapan kritik pada pendukung sepak bola di Spanyol tetapi juga mendapat tekanan politik.

Menyadari aksinya tersebut bukanlah tindakan terpuji, Luis Rubiales secara terbuka menyatakan permintaan maafnya dalam bentuk video oleh RFEF.

Baca Juga

"Kami adalah juara dunia, sesuatu yang telah kami kerjakan dengan keras dan kami merasa bangga. Tetapi ada juga fakta yang harus saya sesali. Dan itulah yang terjadi antara saya dan seorang pemain, di mana saya dalam posisi salah," ucapnya.

"Jika ada orang yang merasa dirugikan karena ini [tindakan saya], saya harus minta maaf dan belajar dari ini, tidak ada pilihan lain. Saya harus belajar dari ini dan memahami ketika saya menjadi presiden federasi, saya harus lebih berhati-hati," ia melanjutkan.

Namun, beberapa pihak mendesak agar pria berusia 45 tahun tersebut untuk meninggalkan jabatannya terlebih karena aksinya dianggap sudah mencoreng nama Spanyol.

Salah satu desakan agar Luis Rubiales mundur juga dilontarkan oleh wakil presiden tersebut dilontarkan oleh wakil Perdana Menteri Spanyol, Yolanda Diaz.

Baca Juga

“Kami menyerukan pengunduran diri Rubiales, yang telah melecehkan dan menyerang seorang (pesepak bola) wanita. Alasanmu tidak ada gunanya,” seru Yolanda Diaz.

Tak hanya dari satu pejabat, Rubiales juga membuat Penjabat Menteri Sosial Iona Belarra berang.

"Apa yang kita semua pikirkan. Jika mereka melakukan ini di saat semua negara melihat, apa yang mereka lakukan di ranah pribadi. Kekerasan seksual terhadap perempuan harus dihentikan," cuit Belarra.

Olga Carmona, Jenni Hermoso dan kawan-kawan juara Piala Dunia 2023 menyamai prestasi yang pernah dicetak Spanyol pada 2010 oleh tim sepak bola pria di Piala Dunia yang digelar di Afrika Selatan.

Baca Juga
SpanyolFederasi Sepakbola Spanyol (RFEF)Bola InternasionalPiala Dunia WanitaPiala Dunia Wanita 2023

Berita Terkini