x

Rapor Pemain Indonesia di Luar Negeri: Beda Nasib Sandy Walsh dan Marselino, Pattynama Cemerlang

Minggu, 3 September 2023 11:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Menengok rapor penampilan para pemain Indonesia di luar negeri dalam sepekan terakhir, mulai Sandy Walsh tampil stater hingga Marselino Ferdinan dicadangkan. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Menengok rapor penampilan para pemain Indonesia di luar negeri dalam sepekan terakhir, mulai Sandy Walsh tampil stater hingga Marselino Ferdinan dicadangkan.

Dimulai dari pemain naturalisasi timnas Indonesia, Sandy Walsh yang saat ini bermain untuk tim Liga Pro Belgia, KV Mechelen.

Baca Juga

Sandy Walsh tampil sebagai starter untuk KV Mechelen saat mengalahkan AS Eupen 1-0 di Stadion AFAS Achter de Kazeme, Mechelen, Sabtu (2/9/23) malam WIB.

Dalam pertandingan ini, Sandy Walsh hanya tampil di babak pertama sebagai bek kanan. Sandy Walsh kemudian digantikan Rafik Belghali pada menit ke-46. ‘

Duel sengit terjadi di pertandingan Mechelen vs Eupen. Mechelen baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-80 lewat gol Lion Lauberbach berkat assist dari Rafik belghali.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada ada gol tambahan yang tercipta sehingga Mechelen menang 1-0 atas Eupen.

Baca Juga

Kemenangan ini membawa Mechelen naik dari posisi kesembilan ke peringkat kelima klasemen sementara Liga Belgia dengan koleksi 10 poin.

Inilah laga terakhir yang dimainkan Sandy Walsh bersama KV Mechelen sebelum memasuki jeda internasional September 2023.

Sandy Walsh selanjutnya akan memperkuat timnas Indonesia yang akan menjalani agenda FIFA Matchday melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/23).

Selain Sandy Walsh, berikut INDOSPORT rangkum rapor pertandingan pemain Indonesia di Eropa di akhir pekan ini.

Baca Juga

1. Shayne Pattynama

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Shayne Pattynama tampil cemerlang saat memperkuat timnya Viking Fk saat ditahan imbang 1-1 oleh Valerenga pada laga pekan ke-21 Liga Norwegia atau Eliteserien 2023, Sabtu (02/09/23).

Bermain di kandang di Stadion SE Bank Arena, Stavanger, Shayne Pattynama bermain sebagai starter. Dia tampil sebagai bek kiri dalam formasi 4-3-3 untuk Viking FK.

Baca Juga

Pattynama tidak hanya tampil solid membantu pertahanan tim tuan rumah tetapi juga membantu serangan timnya dalam laga yang berlangsung sengit itu.

Dia bahkan berhasil membuat pemain lawan, Eneo Bitri, mencetak gol bunuh diri pada menit ke-63 yang membuat Viking unggul terlebih dulu.

Bermula dari umpan silang Pattynama yang seharusnya disambar Lars Jorgen Salvesen. Tetapi Bitri terkena bola umpan itu yang kemudian menggelinding ke gawang.

Sayangnya, laga tersebut harus berakhir imbang 1-1 setelah Valerenga menyamakan skor lewat gol Christian Dahle Borchgrevink di menit ke-86.

Baca Juga

Pratama Arhan

Pratama Arhan tidak masuk dalam starting XI Tokyo Verdy saat menghadapi  Zweigen Kanazawa di Ishikawa Athletics Stadium dalam lanjutan J2 League, Sabtu (2/9/23).

Laga ini berakhir dengan kemenangan Tokyo Verdy 0-3, berkat gol bunuh diri Keita Fujimura (38’), dan dua gol dari rekan Pratama Arhan yakni Hikaru Nakahara (45+3’) dann Itsuki Someno (88’).

Hasil ini membawa Tokyo Verdy naik peringkatnya ke urutan 4 pada klasemen sementara J League 2 dengan raihan 56 poin.

Laga ini juga menjadi pertandingan terakhir Tokyo Verdy bagi Pratama Arhan yang akan membela Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia U23.

Baca Juga

Marselino Ferdinan

Sementara itu dari Divisi 2 Liga Belgia, Marselino Ferdinan hanya menghangatkan bangku cadangan saat KMSK Deinze mengalahkan RFC Liege 3-1, Sabtu (2/9/23).

Padahal, KMSK Deinze Eks Persebaya Surabaya itu sejatinya masuk dalam daftar susunan pemain di pekan ke-4 aang Challenger Pro League 2023 antara KMSK Deinze melawan RFC Liege.

Kemenangan ini membawa KMSK Deinze mendekati klub-klub kaya di papan klasemen Divisi 2 Liga Belgia.

Kini mereka menduduki posisi ke-7 dengan raihan 6 poin dari hasil dua kali menang dan dua kali kalah. 

Baca Juga
BelgiaTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshMarselino FerdinanPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaPratama ArhanShayne Pattynama

Berita Terkini