x

Mattia Caldara, Anomali di Daftar Skuad Liga Champions AC Milan?

Selasa, 5 September 2023 10:43 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Nama Mattia Caldara bakal terlihat mencolok di daftar skuad AC Milan untuk Liga Champions (Champions League) 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Nama Mattia Caldara bakal terlihat mencolok di daftar skuad AC Milan untuk Liga Champions (Champions League) 2023/2024.

Stefano Pioli kabarnya sudah menentukan draf pemain yang akan ia bawa untuk berlaga di Liga Champions musim ini.

Menurut laporan La Gazzetta dello Sport, ada nama Mattia Caldara sebagai pemain tidak terduga di daftar pilihan sang pelatih.

Bek berusia 30 tahun tersebut bisa dimainkan Stefano Pioli di laga kontra Newcastle United, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Jika demikian, keberadaan Mattia Caldara di skuad Liga Champions AC Milan terlihat cukup anomali, mengingat sosok yang satu ini berada jauh di belakang pada sistem hierarki.

Bahkan, sejak bergabung pada 2018 lalu, ia lebih sering dikirim keluar sebagai pemain pinjaman - ke Atalanta, Venezia, dan yang teranyar Spezia.

Baca Juga

Nasib Mattia Caldara ini pun membuatnya bak anak hilang yang belum banyak mencicipi kesempatan tampil untuk AC Milan.

Sejauh ini, ia belum mencatatkan satu pun penampilan dalam balutan seragam Rossoneri di Serie A Liga Italia.

Mattia Caldara hanya main dua kali untuk AC Milan masing-masing di Liga Europa dan Coppa Italia. Ia juga sering mengalami cedera.

Meski begitu, ia bisa menyodok masuk skuad Liga Champions AC Milan berkat statusnya sebagai hasil binaan akademi klub Italia - sebagaimana regulasi yang ditetapkan UEFA.

Baca Juga

Bek tengah kelahiran Bergamo ini besar di Atalanta dan bergabung dengan tim senior mereka setelah mentas dari level Primavera.

Ia melakoni debut profesionalnya pada Mei 2014 dalam sebuah pertandingan menghadapi Catania di Serie A Liga Italia.

Namun setelah itu, Mattia Caldara terpinggirkan dan terus-terusan dikirim keluar sebagai pemain pinjaman.

Ia berusaha mengumpulkan menit bermain di Trapani dan Cesena sebelum angkat kaki ke Juventus (2017) lalu AC Milan (2018)

Mattia Caldara merapat ke AC Milan sebagai bagian kesepakatan klub dengan Juventus, yang turut melibatkan pertukaran pemain lainnya: Leonardo Bonucci.

Laga debutnya terjadi di pertandingan Liga Europa menghadapi F91 Dudelangi pada September 2018. Sayangnya, ia malah dihantam badai cedera setelahnya.

Baca Juga

1. Warna-warni Karier Mattia Caldara

Nama Mattia Caldara bakal terlihat mencolok di daftar skuad AC Milan untuk Liga Champions (Champions League) 2023/2024.

Mattia Caldara mengalami cedera ruptur tendon Achilles yang membuatnya harus menepi sementara waktu hingga Februari 2019.

Kesialan pun belum berhenti menghampiri pemain yang satu ini saat ia kembali untuk pertandingan Coppa Italia.

Ia lagi-lagi mengalami cedera, bahkan lebih parah - ACL. Alhasil, Mattia Caldara terpaksa menepi lagi dan kali ini selama kurang lebih enam bulan.

Setelah pulih dari cedera, Mattia Caldara memilih pulang ke Atalanta sebagai pemain pinjaman, yakni pada Januari 2020.

Usai dari Atalanta, ia kembali keluar sebagai pemain pinjaman ke Venezia, lalu Spezia hingga akhir musim 2022/2023 lalu.

Mattia Caldara memiliki kontrak yang hanya bersisa satu tahun lagi di AC Milan. Bisa dibilang, ia saat ini sedang berada dalam situasi sulit.

Baca Juga

Beruntung, bek tengah kelahiran 5 Mei 1994 tersebut lolos dari lubang jarum musim panas ini, ketika AC Milan tengah berberes gudang.

Nasibnya sedikit lebih beruntung dari pemain-pemain seperti Charles De Ketelaere, Divock Origi, atau bahkan Fode Ballo-Toure dan Junior Messias.

Sebagaimana diwartakan Calciomercato, lagi-lagi, statusnya sebagai pemain yang tumbuh di akademi klub Liga Italia-lah yang menyelamatkannya.

Namanya dibutuhkan AC Milan untuk keperluan administratif registrasi, sama seperi Marco Sportiello, Alessandro Florenzi, dan Antonio Mirante.

Baca Juga

Kini terjadi lagi, nama Mattia Caldara konon berada di daftar yang dipersiapkan Stefani Pioli untuk Liga Champions 2023/2024.

Bahkan untuk memasukkan namanya, ada pemain-pemain berusia U-22 yang mungkin tersingkir dari daftar. Marco Pellegrino misalnya.

AC Milan di Liga Champions 2023/2024

Di Liga Champions 2023/2024, AC Milan tergabung di Grup F bersama Newcastle United, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Mereka akan memainkan pertandingan matchday pertama grup pada 19 September mendatang di San Siro.

Newcastle United akan menjadi lawan perdana AC Milan. Namun sebelum itu, Rafael Leao dkk harus berhadapan dengan Inter Milan di Liga Italia pada 16 September.

Baca Juga
Liga ChampionsAC MilanMattia CaldaraIndepth

Berita Terkini