x

Lawan Ukraina di Kualifikasi Euro 2024, Spalletti Punya Cara Ampuh Bawa Italia Bangkit

Minggu, 10 September 2023 20:17 WIB
Editor: Juni Adi
Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti.

INDOSPORT.COM - Pelatih Italia, Luciano Spalletti, punya cara unik untuk bisa membawa timnya meraih kemenangan atas Ukraina di partai hidup-mati Kualifikasi Euro 2024.

Nasib sial harus dialami oleh timnas Italia saat bertandang ke markas timnas Makedonia Utara di lanjutan pertandingan Kualifikasi Euro 2024 Grup C di Stadion Tose Proeski Arena, pada Minggu (10/09/23) dinihari WIB.

Baca Juga

Italia yang di atas kertas diunggulkan secara mengejutkan hanya bisa membawa satu poin, usai bermain imbang 1-1. Gli Azzurri bahkan sempat kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah.

Karena sepanjang babak pertama tak ada gol yang tercipta. Baru di babak kedua, Italia memimpin lebih dahulu melalui gol Ciro Immobile di menit ke-47.

Saat pertandingan diprediksi akan dimenangkan oleh Italia, gawang Gianluigi Donnarumma justru harus kebobolan di penghujung laga.

Enis Bardhi mencetak gol untuk Makedonia Utara di menit ke-81. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Italia gagal terancam tak bisa ikut ke Euro 2024.

Baca Juga

Sebab Italia saat ini menempati peringkat ke-3 di klasemen Grup C Kualifikasi Euro 2024 dengan 4 poin, sementara Makedonia Utara berada di bawahnya dengan 4 poin juga.

Italia sejatinya masih mempunyai peluang untuk lolos karena mereka hanya terpaut tiga angka dari Ukraina di posisi kedua dengan 7 poin.

Dengan hanya juara dan runner-up grup berhak lolos ke putaran final Euro 2024 di Jerman, mau tak mau Italia harus mati-matian pada laga kontra Ukraina, demi memangkas jarak poin.

Baca Juga
 

1. Lakukan Rotasi

Pemain Timnas Italia Lorenzo Pellegrini merayakan gol keduanya bersama rekan setim REUTERS-Jennifer Lorenzini

Sayangnya, pelatih Luciano Spalletti dihadapkan dengan sejumlah kendala, salah satunya kebugaran para pemainnya yang baru saja menjalani laga sengit melawan Makedonia.

Menilik dari kondisi tersebut, Spalletti selaku  menegaskan bahwa dirinya akan melakukan rotasi kala jumpa Ukraina pada Rabu (13/09/23) dinihari di Stadion San Siro.

Baca Juga

Spalletti besar kemungkinan tidak akan bisa menurunkan tim terbaiknya di pertandingan nanti. “Kami harus melakukan sedikit perubahan untuk pertandingan selanjutnya.

Buruknya kondisi lapangan turut mempengaruhi kondisi fisik beberapa pemain,” tegas Spalletti dilansir dari Football Italia.

Di sisi lain, hasil imbang 1-1 melawan Makedonia Utara di kualifikasi Euro 2024 jelas menjadi tekanan untuk Luciano Spalletti.

Pasalnya, sebelum pertandingan dimulai banyak yang unggulkan Spalletti bisa memberikan kemenangan di laga debutnya bersama Gli Azzurri.

Baca Juga

Hal ini tak lepas Luciano Spalletti musim lalu berhasil membawa Napoli mengakhiri puasa gelar Liga Italia selama 33 tahun. Jika imbang atau kalah melawan Ukraina, maka membuat Gli Azzurri semakin berat.

Timnas Ukraina sendiri belum kalah dalam tiga laga kualifikasi Euro 2024. Rinciannya, menang atas Makedonia Utara dan Malta. Kemudian kontra Inggris imbang 1-1.

Sandro Tonali mengakui Italia butuh segera kembali ke level terbaik, demi lolos langsung ke putaran final.

"Ini tak sesuai harapan kami dan bukan hasil yang ingin kami bawa pulang," ujar Tonali kepada Sky Sport Italia dilansir Football Italia.

"Sekarang kami perlu kembali ke jalur yang benar, karena dalam beberapa hari lagi ada laga penting lainnya. Kami perlu kembali menjadi Italia yang sesungguhnya," imbuh pemain Newcastle United ini.

Baca Juga
ItaliaLuciano SpallettiKualifikasi EuroBola Internasional

Berita Terkini