x

Alasan Roberto De Zerbi Layak Jadi Suksesor Jurgen Klopp di Liverpool

Jumat, 15 September 2023 16:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Roberto De Zerbi mungkin bisa jadi suksesor Jurgen Klopp di Liverpool. Foto: Reuters/Toby Melville.

INDOSPORT.COM - Roberto De Zerbi bisa jadi suksesor Jurgen Klopp jika pelatih asal Jerman tersebut angkat kaki dari klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Seperti diketahui, desas-desus seputar nasib Jurgen Klopp di Liverpool belakangan memang sedang mencuat dan jadi perbincangan.

Apalagi, dalam beberapa waktu belakangan magisnya terlihat mulai memudar seiring keberhasilannya menyumbang banyak trofi untuk Liverpool.

Bak tim yang kehabisan bensin, The Reds sempat terseok-seok di Liga Inggris, hingga akhirnya musim ini harus berlaga di Liga Europa.

Jurgen Klopp sendiri merupakan salah satu manajer yang awet menangani kontestan Liga Inggris. Ia sudah berada di Liverpool sejak 2015.

Ketika banyak klub seperti Chelsea sangat mudah bergonta-ganti juru taktik, Jurgen Klopp mendapat kepercayaan yang besar dari Fenway Sports Group.

Baca Juga

Berbekal kesabaran dan sejumlah transfer pemain yang sukses, Liverpool pun berhasil menggondol banyak gelar setidaknya dalam empat musim terakhir.

Tidak ayal, cukup banyak yang kemudian bertanya-tanya, apakah sudah waktunya bagi Jurgen Klopp untuk pergi?

Tenang saja, suporter Liverpool mungkin bisa bernapas lega lantaran manajer mereka yang satu ini sudah berkali-kali menekankan kesetiaan dan komitmennya.

Untuk saat ini, ia nampaknya tidak akan pergi ke mana-mana, meski sejumlah nama calon pengganti sudah banyak berseliweran di luar sana.

Namun bukan hanya Steven Gerrard, Xabi Alonso, atau Julian Nagelsmann, Roberto De Zerbi agaknya cukup layak pula dimasukkan ke daftar.

Ia memiliki rapor yang apik di Brighton, menjadikan skuad The Seagulls sebagai salah satu yang kini diperhitungkan di Inggris dan Eropa.

Baca Juga

Untuk diingat lagi, ia mengambil alih Brighton sejak awal musim lalu menggantikan Graham Potter yang pindah ke Chelsea.

Keputusan klub pun tepat. Roberto De Zerbi menjelma sebagai pelatih yang membawa Brighton ke level yang lebih tinggi.

Selain itu, ia juga memainkan sepak bola yang menyerang dan menarik untuk ditonton, serta berhasil mengeluarkan potensi terbaik dari sejumlah pemain.

Jika harus menyebut beberapa, ada Solly March, Evan Ferguson, dan tentunya Kaoru Mitoma, pemain asal Jepang yang saat ini sedang naik daun.

Bukan tidak mungkin, para penonton baik di stadion maupun layar kaca bakal menikmati permainan sepak bola yang tidak kalah menarik dari Liverpool era Jurgen Klopp.

Baca Juga

1. Sosok Roberto De Zerbi

Roberto De Zerbi mungkin bisa jadi suksesor Jurgen Klopp di Liverpool. Foto: Reuters/Toby Melville.

Bicara soal Roberto De Zerbi, peluangnya merapat ke Liverpool pun mendapat dukungan dari mantan pemain Timnas Inggris, Danny Murphy.

“Saya rasa De Zerbi sempurna,” ucapnya dalam sebuah kesempatan, sebagaimana pernah diwartakan teamTALK.

“Dia memainkan sepak bola yang hebat dan memiliki karakter yang kuat. Dia memelajari liga ini di Brighton dan melakukan tugasnya dengan baik,” ucapnya.

Ya, Brighton merupakan klub Liga Inggris yang pertama ditanganinya. Sebelum itu, ia menghabiskan lebih banyak harinya di kompetisi Italia.

Baru pada 2021 hingga 2022, ia merapat ke Liga Ukraina dengan mengambil pekerjaan di Shakhtar Donetsk.

Bersama Shakhtar Donetsk, Roberto De Zerbi berhasil mempersembahkan trofi Piala Super Ukraina pada 2021 lalu.

Baca Juga

Brighton, tentu, sebuah tantangan besar baginya yang belum pernah mencicipi ganasnya persaingan di kancah Liga Inggris terutama Premier League.

Namun sejauh ini ternyata sepak terjangnya berada di luar ekspektasi. Danny Murphy pun yakin suatu hari nanti ia siap jika diminta mengambil alih Liverpool.

Hampir sebelas dua belas dengan Jurgen Klopp yang terkenal nyentrik, Roberto De Zerbi juga memiliki karakter yang menarik.

“Ada sesuatu tentang dia. Setelah bertemu dengannya, saya bisa bilang, dia sosok yang terhormat,” ujar Danny Murphy lagi.

Baca Juga

Roberto De Zerbi memiliki aura tersendiri di balik eksistensinya. Selain itu, Danny Murphy juga suka melihat tim yang diasuh pelatih asal Italia itu bermain.

Meski begitu, Roberto De Zerbi kemungkinan besar belum akan angkat kaki di Brighton. Ia baru saja merapat dan PR-nya bersama The Seagulls juga masih banyak.

Di sisi lain, Jurgen Klopp pun sama. Masih berkomitmen di Liverpool, ia juga memiliki kontrak yang baru akan berakhir pada 2026. 

Baca Juga
 
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisRoberto De ZerbiOne FootballIndepth

Berita Terkini