x

Ada Bom Waktu! Andre Onana Bakal Jadi Korban Kemarahan Erik ten Hag Selanjutnya di Man United

Sabtu, 23 September 2023 06:30 WIB
Editor: Juni Adi
Ekspresi kecewa Victor Lindelof (kiri) dan Andre Onana (kanan) usai gawang Manchester United dijebol Brighton (16/09/23). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM - Performa mengecewakan Andre Onana sejauh ini di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United berpotensi bikin hubungannya dengan pelatih Erik ten Hag bakal hancur.

Persiapan matang dan sejumlah pemain baru yang didatangkan sesuai keinginan pelatih ternyata belum membuat Manchester United kuat bersaing gelar musim 2023-2024 ini.

Baca Juga

Bahkan perjalanan kompetisi kali ini terbilang sangat kacau ketimbang musim lalu yang merupakan musim perdana Erik ten Hag di Manchester United.

Bagaimana tidak, dari enam pertandingan awal yang sudah dilakoni Manchester United di semua ajang mereka hanya mampu merebut dua kemenangan, sisanya berakhir dengan kekalahan. 

Tiga di antaranya terjadi secara beruntun di tiga pertandingan terakhirnya. Petaka Manchester United di awali saat menderita kekalahan 1-3 dari Arsenal, berlanjut tunduk 1-3 dari Brighton & Hove Albion.

Dan teranyar mereka tumbang 4-3 dari Bayern Munchen di matchday perdana Grup A Liga Champions tengah pekan kemarin. 

Baca Juga

Ini merupakan kekalahan ketiga beruntun pertama Manchester United yang mereka alami di awal musim sejak beberapa tahun belakangan.

Tren negatif itu membuat Manchester United terseok-seok di papan klasemen baik kompetisi lokal maupun Eropa. Setan Merah saat ini menduduki peringkat ke-13 dengan 6 poin, dan berada di dasar klasemen Grup A Liga Champions.

Banyak faktor yang membuat Manchester United meraih hasil buruk, di antaranya ruang ganti yang memanas karena ada konflik antara pemain dengan pelatih.

Permasalahan hukum yang melibatkan pemain, runtuhnya mental para pemain serta ketidakjelasan nasib penjualan klub. Di antara permasalahan di atas, ruang ganti memanas paling kerasa.

Erik ten Hag terlibat pertikaian dengan beberapa pemain salah satu yang bikin heboh, keributan dengan Jadon Sancho. Konflik itu bermula dari absennya Sancho saat Manchester United menghadapi Arsenal.

Erik ten Hag menyatakan kalau sang pemain tidak dalam kondisi baik di sesi latihan, namun Sancho membantahnya di media sosial yang berujung ribut.

Hingga saat ini, keduanya masih belum berdamai. Sancho bahkan kembali tidak dibawa saat Manchester United menghadapi Burnley di Liga Inggris pekan ke-6 pada Minggu (24/09/23) dinihari nanti.

Baca Juga

1. Andre Onana Jadi Sorotan

Andre Onana di laga pramusim Manchester United vs RC Lens (05/08/23). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Sorotan lainnya atas performa buruk Manchester United adalah penampilan kiper baru mereka, Andre Onana. Pemain berusia 27 tahun itu belum mampu menunjukan kualitas terbaiknya.

Padahal publik khususnya pendukung Manchester United sangat berekspektasi tinggi terhadap kemampuan Onana dalam mengawali gawang tim kesayangan musim ini. Kebanyakan dari mereka berharap jala gawang tidak mudah bergetar.

Baca Juga

Andre Onana sendiri didatangkan Manchester United dari Inter Milan setelah bermain apik musim lalu, hingga mampu membawa Nerazzurri jadi finalis Liga Champions. Di sisi lain, kiper Manchester United saat itu David De Gea juga sedang menurun.

Tak ayal Erik ten Hag ngotot agar manajemen mendatangkan kiper asal Kamerun itu. Namun dari pertandingan yang sudah dilakoni, publik kecewa melihat performanya.

Onana tak setangguh yang dibayangkan karena ia sudah kebobolan 28 gol dan baru menciptakan 2 cleansheet dari 12 penampilan di semua kompetisi.

Distribusi bolanya yang jadi andalan karena Onana dikenal sebagai salah satu kiper modern bisa melakukan build-up serangan dari bawah juga tidak bagus-bagus amat. Per 90 menit ia hanya membuat 27,7% operan akurat dilansir dari FBRef.

Baca Juga

Kena Mental

Mental yang mulai runtuh menjadi penyebab Onana tak bisa bermain baik. Terbaru ia bahkan melakukan blunder fatal saat gagal mengantisipasi sepakan Lero Sane di pertandingan Bayern Munchen vs Manchester United.

Bolanya sempat ditahan, namun tetap tergelincir masuk ke gawang sendiri. Gol itu jadi gol pembuka kemenangan 4-3 Bayern Munchen.

Momen itu membuat Onana tampak terpuruk. Kiper berusia 27 tahun tersebut tengkurap di lapangan, menutupi wajahnya. 

Onana Pernah Terlibat Perseteruan dengan Erik ten Hag

Onana sendiri menyadari betul performa buruknya. Ia sampai harus meminta maaf secara terbuka daripada diserang secara berutal oleh para pendukung Setan Merah.

Kabar buruknya, Onana bisa jadi korban kemarahan Erik ten Hag berikutnya jika ia tak bisa memperbaiki performanya. Kiper cadangan Altay Bayindir bisa jadi penggantinya.

Baca Juga

Apalagi Erik ten Hag dan Onana pernah punya riwayat perseteruan saat keduanya masih berada di Ajax Amsterdam. 

Semua bermula kala Onana menurun performanya bersama Ajax di musim 2021/22. Beberapa kali, Onana sempat bikin blunder dan membuat Ajax keok

Ten Hag mengambil keputusan tegas dengan tak memainkan Onana di final Piala Belanda, April 2022 silam. Ketika itu, Martin Stekelenburg jadi penggantinya. Akhirnya, hal tersebut membuat Ajax keok dengan skor 1-2 dari PSV Eindhoven.

Namun, sebenarnya keputusan Ten Hag kala itu tak cuma didasari atas performa Onana. Kiper 27 tahun tersebut, dalam laga sebelum partai final Piala Belanda, ternyata sempat bersitegang dengan suporter.

Karena sikap Onana itulah, Ten Hag mencoretnya dari skuad. Pun, setelahnya Onana tak lagi main di bawah mistar gawang Ajax. Total, pada musim terakhirnya Onana hanya main 10 kali di seluruh kompetisi.

Manchester UnitedLiga InggrisErik ten HagAndre Onana

Berita Terkini