x

Kim Kuk-jin, Monster Gol Korea Utara di Asian Games yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia

Minggu, 24 September 2023 13:39 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Skuat Timnas Indonesia U-24 vs Chinese Taipei di Asian Games 2022 Hangzhou, Kamis (21/09/23) (Foto: NOC Indonesia)

INDOSPORT.COM – Sosok Kim Kuk-jin harus mendapat perhatian khusus dari para pemain Timnas Indonesia jelang matchday terakhir penyisihan grup Asian Games 2022 kontra Korea Utara.

Dalam laga yang berlangsung di Zhejiang Normal University East Stadium, Minggu (24/09/2023) sore WIB tersebut, Timnas Indonesia harus menjalani partai hidup mati kontra Korea Utara.

Baca Juga

Pasalnya, Timnas Indonesia yang baru saja menelan kekalahan di laga kedua penyisihan grup Asian Games 2022 kemarin, harus bisa amankan poin untuk bisa lolos ke fase knockout.

Dari posisi klasemen sekarang, Timnas Indonesia masih berada di urutan kedua dengan torehan tiga angka. Skuat Garuda cuma unggul produktivitas gol dari Chinese Taipei di tempat ketiga.

Sementara Korea Utara kokoh di puncak klasemen setelah menang beruntun di dua matchday penyisihan Grup F.

Dengan kondisi tersebut, Timnas Indonesia harus menang untuk bisa melangkah ke babak 16 besar Asian Games 2022.

Baca Juga

Hasil seri pun sejatinya masih bisa membawa anak asuh Indra Sjafri lolos, namun dengan syarat Chinese Taipei telan kekalahan saat menghadapi Kirgistan.

Ditengah misi cukup sulit tersebut, Timnas Indonesia diharapkan bisa bermain tenang dan memaksimalkan peluang yang ada.

Skuat Garuda pun harus mengawal pergerakan beberapa pemain Korea Utara yang sepanjang gelaran Asian Games 2022 ini tampil sangat baik.

Salah satunya adalah Kim Kuk-jin, penyerang kelahiran Haeju ini merupakan mesin gol utama Korea Utara dan aktor penting dalam rekor unbeaten timnas negaranya di Asian Games 2022.

Baca Juga

1. Profil Kim Kuk-jin

Laga kedua fase grup F Asian Games 2022 antara Timnas Indonesia U-24 vs Chinese Taipe, Kamis (21/09/23).

Kim Kuk-jin merupakan pesepak bola asal Korea Utara yang lahir di kota Haeju pada tanggal 11 Oktober tahun 2000 silam.

Meski masih berusia 22 tahun, namun Kim Kuk-jin sudah berhasil menembus tim senior Kigwancha SC yang mentas di kasta teratas Liga Korea Utara.

Baca Juga

Di level internasional, tercatat jika Kim Kuk-jin sudah jadi tumpuan timnas Korea Utara pada berbagai jenjang umur.

Pada kategori U-19, Kim Kuk-jin berhasil catatkan dua kali caps bersama Timnas Korea Utara U-19 di ajang Kualifikasi Piala Asia 2018.

Kim Kuk-jin bahkan berhasil membawa negaranya lolos ke putaran final penyisihan grup Piala Asia U-19 2018 usai catatkan kemenangan telak 5-1 atas Hong Kong.

Namun sayang, di babak penyisihan grup Kim Kuk-jin tak bisa membantu Korea Utara lolos ke fase knockout lantaran hanya finish di posisi ketiga.

Baca Juga

Setelah tampil apik di Timnas U-19, Kim Kuk-jin langsung mendapat panggilan ke skuat U-22 Korea Utara untuk tampil pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23.

Selama babak kualifikasi, Kim Kuk-jin torehkan tiga pertandingan dan membawa Korea Utara lolos ke putaran final penyisihan grup.

Total sepanjang kariernya di Timnas Korea Utara, Kim Kuk-jin telah membuat 13 penampilan di semua kompetisi dan di berbagai jenjang umur.

Khusus pada gelaran Asian games 2022, penyerang dengan postur 183 cm ini selalu jadi pilihan utama pelatih Sin Yong-nam.

Ketajaman Kim Kuk-jin pun langsung terlihat di matchday pertama dengan ciptakan satu gol saat membawa Korea Utara menang 2-0 atas Chinese Taipei.

Kemudian di pertandingan kedua, Kim Kuk-jin kembali catatkan nama di papan skor ketika mencetak satu-satunya gol kemenangan Korea Utara atas Kirgistan.

Baca Juga
Asian GamesKorea UtaraTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaAsian Games 2022

Berita Terkini