x

Termasuk Mitoma dan Sugawara, 7 Bintang Asia yang Tengah Menggila di Eropa 2023/2024

Senin, 25 September 2023 18:10 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Kompetisi 2023/2024 sepertinya jadi ajang bagi banyak pemain asal Asia untuk unjuk gigi di liga-liga top Eropa. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Kompetisi 2023/2024 sepertinya jadi ajang bagi banyak pemain asal Asia untuk unjuk gigi di liga-liga top Eropa.

Hal ini menunjukkan bahwa kualitas bintang kualitas ekspor dari Benua Kuning mulai diterima lebih luas lagi oleh negara-negara dengan liga papan atas dunia.

Baca Juga

Tujuh kompetisi domestik Eropa musim ini setidaknya punya satu bahkan dua nama Asia yang tampil menonjol dan menjadi andalan bagi klub masing-masing.

Berikut ini adalah tujuh di antaranya. Meski didominasi wakil Asia Timur, tentu diharapkan dalam waktu dekat ada pemain dari Asia Tenggara atau bahkan Indonesia yang bisa mengikuti jejak mereka.

1. Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion)

Musim ini Kaoru Mitoma membuktikan jika sensasinya di paruh kedua  2022/2023 tidak bersifat sementara. Winger asal Jepang itu kini sudah menjadi bintang bonafide bagi Brighton & Hove Albion yang melaju kencang di Liga Inggris.

Dari enam penampilan liga, pemain 26 tahun tersebut sudah bisa menyumbangkan tiga gol dan tiga assist. Kecerdasan tim scout The Seaguls menemukan talentanya pun mendapat pujian setinggi langit.

Baca Juga

Mungkin musim depan Mitoma akan benar-benar memikat minat dari klub yang lebih besar namun saat ini jebolan akademi Kawasaki Frontale tersebut akan fokus membantu Brighton finis setinggi mungkin dengan empat besar menjadi target realistis.

Saat ini saja Brighton dudu di peringkat ketiga dengan raihan 15 poin dari enam pekan. Peran Mitoma sebagai sayap kiri utama jelas tidak bisa dianggap kecil.

2. Son Heung-min (Tottenham Hotspur)

Sinar terang dari Mitoma membuat publik sedikit lupa dengan Son Heung-min yang sebenarnya tetap menjadi gold starndard bagi bintang Asia terutama di Liga Inggris.

Memikul tanggung jawab baru sebagai kapten Tottenhan Hotspur, Sonny memimpin rekan-rekannya dengan aksi nyata di lapangan berbuah lima gol dari enam penampilan.

Baca Juga

Meski tidak lagi berduet dengan Harry Kane, namun penyerang serba bisa 31 tahun Koera Selatan itu tetap bisa tampil tajam berkat tangan dingin manajer yang terbiasa dengan pemain Asia yakni Ange Postecoglou.

Terbaru Son memborong dua gol Tottengam saat mengimbangi Arsenal di Emirates dan kini mengesagkan diri sebagai top skor keempat derby London Utara dengan total enam gol.

3. Takefusa Kubo (Real Sociedad)

Label sebagai Messi Jepang sempat dianggap terlalu berat untuk Takefusa Kubo panggul. Gagal menembus tim inti Barcelona dan Real Madrid jadi alasannya namun kini ia mulai mewujudkan ekspektasi bersama Real Sociedad.

Di La Real ia tidak cuma bertindak sebagai pelengkap namun bagian integral lini serang. Usianya baru 22 tahun namun Kubo telah mengantongi empat gol dan satu assist dari enam laga Liga Spanyol.

Hasilnya kini eks FC Tokyo tersebut mulai dihubungkan dengan klub besar lagi seperti Liverpool yang tampaknya siap bereksperimen dengan pemain Jepang lagi pasca Takumi Minamino.

Baca Juga

1. 4. Takumi Minamino (AS Monaco)

Pemain AS Monaco, Takumi Minamino. (Foto: asmonaco)

Pasca hengkang dari Liverpool pada musim panas 2022 lalu, pamor Takumi Minamino sempat meredup karena hanya bisa menyumbang satu gol saja untuk AS Monaco dari 22 penampilan lintas ajang.

Performanya di Piala Dunia 2022 dimana ia gagal menembus starting XI Jepang dan terlihat tidak fit membuatnya semakin terpojok. Beruntung gelandang serang 28 tahun itu cepat bangkit dan kembali menyalak kencang di 2023/2024.

Baca Juga

Kini Minamino sudah mengukir tiga gol dan tiga assist di Liga Prancis dan selalu menjadi starter.

5. Kim Min-jae (Bayern Munchen)

Satu-satunya pemain dengan status pendatang baru di klubnya pada daftar ini namun Kim Min-jae justru tetap bisa tampil gemilang. Usai musim lalu mengantarkan Napoli menjuarai Liga Italia, kini ia tampil reguler bersama Bayern Munchen.

Kini pemilik 49 caps timnas Korea Selatan itu adalah duet utama bek tengah Die Roten bersama Dayot Upamecano menggeser Matthijs de Ligt.

Padahal De Ligt adalah pemegang rekor bek termahal Bayern Munchen namun pelatih Thomas Tuchel lebih memilih untuk mempercayai starting XI pada Kim.

6. Yukinari Sugawara (AZ Alkmaar)

Nama Yukinari Sugawara mungkin jadi yang paling asing di antara tujuh pemain di artikel ini namun itu hanya karena ia belum bermain di liga top Eropa dan baru berusia 23 tahun.

Baca Juga

Fullback kanan asal Jepang tersebut sebenarnya sudah menjadi pemain reguler bagi klub Belanda, AZ Alkmaar, sejak lima musim terakhir.

Produktivitasnya sangat mematikan dengan sudah mengukir dua assist dari lima laga sejauh ini. Bukan tidak mungkin rekor tiga gol dan delapan assistnya musim lalu akan Sugawara lampaui musim ini.

7. Kyogo Furuhashi (Celtic FC)

Salah satu nama yang sempat diragukan bisa moncer di Eropa adalah Kyogo Furuhashi namun semenjak tiba di Skotlandia pada musim panas 2021 lalu, ia belum berhenti mencetak gol untuk celtic FC.

Eks Vissel Kobe itu tampaknya akan kembali memenangi Liga Skotlandia untuk kali ketiga di 2023.2024 setelah sudah punya empat gol dan dua assist saja dari enam pekan.

Hengkangnya manajer Ange Postecoglou ke Tottenham Hotspur tidak mempengaruhi ketajaman Furuhashi usai kini diasuh oleh Brendan Rodgers. Walau demikian ada kemungkinan jika penyerang 28 tahun Jepang ini akan menyusul sosok yang sudah membawanya dari Asia ke Eropa untuk kali pertama tersebut.

Baca Juga
AS MonacoBayern MunchenTottenham HotspurReal SociedadAZ AlkmaarBrighton & Hove AlbionCelticSon Heung-MinTakefusa KuboTakumi MinaminoKim Min-jaeKaoru MitomaIndepthYukinari Sugawara

Berita Terkini