x

Wataru Endo, Gelandang Jepang yang Minim Bermain di Liverpool Karena Terlalu Sopan

Selasa, 26 September 2023 16:41 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Duel maut pemain Jerman Joshua Kimmich dengan pemain Jepang Wataru Endo di laga persahabatan. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Pemain baru Liverpool di bursa transfer musim panas 2023 lalu yakni Wataru Endo tengah mendapatkan sorotan lantaran minim menit bermain di skuat asuhan Jurgen Klopp.

Seperti diketahui, Wataru Endo merupakan pemain yang dibeli oleh Liverpool dari VfB Stuttgart pada musim panas 2023 lalu dengan mahar 16 juta pounds saja.

Baca Juga

Kedatangannya pun menjadi kabar kejutan bagi publik sepak bola, dan tidak sedikit yang berspekulasi sang pemain adalah punic buying The Reds setelah kagagalan Romeo Lavia dan Moises Caicedo.

Wataru Endo menjalani debut di Liverpool di pertandingan kontra Bournemouth pada pekan kedua Liga Inggris 2023-2024, Sabtu (19/08/23) lalu.

Ia masuk menggantikan Cody Gakpo pada menit ke-62 namun belum nampak nge-klik dengan rekan-rekan anyarnya di Liverpool.

Meski begitu, pasukan Jurgen Klopp tetap mampu mendulang kemenangan telak 3-1 di kandang sendiri yakni Stadion Anfield.

Kemudian pemain asal Jepang itu menjalani debut sebagai starter saat The Reds melawan Newcastle United di pekan ketiga Liga Inggris 2023-2024.

Namun Wataru Endo hanya diberikan kesempatan bermain hingga menit ke-58. Beruntung Liverpool tetap mampu mendulang kemenangan tipis 2-1.

Laga melawan Newcastle United menjadi satu-satunya Wataru Endo dijadikan starter oleh Jurgen Klopp di Liga Inggris.

Setelahnya, ia kembali menjadi pemain pengganti saat Liverpool bersua Aston Villa (menang 3-0) dan West Ham United (menang 3-1).

Kemudian di Liga Europa, pemain berusia 30 tahun tersebut dipercaya sebagai starter dan berada di lapangan selama 60 menit.

Dilansir dari laman resmi klub, Jurgen Klopp baru saja buka suara dan menjelaskan alasan mengapa Wataru Endo minim menit bermain di awal musim.

Ia mengatakan kalau Wataru Endo terlalu sopan di atas lapangan. Padahal sebagai seorang gelandang, ia harus memiliki karakter bengis.

"Dia harus terbiasa dengan semua hal di sini. Wataru adalah pria super, sangat tenang dan sangat sopan, dan itu mungkin merugikannya dalam dua minggu pertama," ujar Jurgen Klopp.

"Ia belum berusia 30 tahun atau berapa pun dan ingin memasukkan beberapa orang ke dalam tim, tapi dia terus berkembang setiap hari."

Baca Juga

"Anda lihat hari ini, ia ada di sana, ia akan banyak membantu kami, ia akan bermain, ia akan menjadi starter di pertandingan dan sebagainya."

"Semuanya baik-baik saja, ia sudah memainkan tiga atau empat pertandingan untuk kami dalam waktu yang sangat singkat."

"Yang penting, ini bukan proyek jangka pendek. Wataru adalah bagian yang sangat penting dalam skuad dan saya sangat senang memilikinya," pungkas Jurgen Klopp.

Baca Juga

1. Alasan Liverpool Gaet Wataru Endo

Gelandang Stuttgart, Wataru Endo. Foto: instagram/endowataru.

Adapun keputusan Liverpool mendatangkan Wataru Endo bukannya tanpa alasan. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bahkan sudah punya rencana untuk pemain barunya tersebut.

"Bagaimana kami mengakhiri pertandingan, selalu James Milner yang masuk, dan menyelesaikan laga dengan cara yang super-profesional," ujar Jurgen Klopp, dikutip dari Liverpool Echo.

Baca Juga

"Pada akhirnya, dalam beberapa pekan dan bulan terakhir, dia lebih sering menyelesaikan pertandingan. Kami punya pemain-pemain untuk peran itu. Mereka yang muda kami butuhkan untuk membuka pintu. Sebagai tim, kami ingin melakukan semua sesuai rencana," imbuh Jurgen Klopp.

Dengan demikian, kemungkinan besar Wataru Endo memiliki peran yang kurang lebih sama dengan James Milner, yakni sebagai jembatan antara pemain muda dan senior.

Ya, Wataru Endo mungkin bukan pemain investasi jangka panjang seperti Moises Caicedo, Romeo Lavia, atau bahkan Aurelien Tchouameni.

Namun, pemain berpaspor Jepang tersebut akan menjadi James Milner baru, yang berperan penting sebagai penghubung pemain antargenerasi.

Dengan demikian, meski sudah berusia 30 tahun, Wataru Endo dinilai akan tetap memberikan kontribusi signifikan untuk Liverpool.

Salah satu hal yang menonjol dari Wataru Endo adalah pengalaman dan jiwa kepemimpinannya. Diketahui, sang pemain memiliki rekam jejak membela Timnas Jepang dalam dua kesempatan Piala Dunia.

Baca Juga

Secara karakter, ia seorang pemain senior yang memiliki jiwa leadership dan bahkan pernah menuai pujian dari mantan pelatih VfB Stuttgart, Pellegrino Matarazzo.

Menurutnya, Wataru Endo adalah kapten yang bisa merangkul seluruh pemain dan memberi mereka ruang untuk bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing.

Kedatangan Wataru Endo ke Liverpool pun diharapkan akan menambah kualitas lini tengah skuad Jurgen Klopp - tidak hanya soal skill dan hal-hal teknis, tetapi juga kepribadian.

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisWataru Endo

Berita Terkini