x

Lupakan Toney, Arsenal Kejar Top Skor Sementara Liga Belanda Santiago Gimenez

Kamis, 28 September 2023 17:21 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Lupakan Ivan Toney, klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal, buru top skor sementara Liga Belanda, Santiago Gimenez, di bursa transfer.

INDOSPORT.COM – Lupakan Ivan Toney, klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal, buru top skor sementara Liga Belanda, Santiago Gimenez, di bursa transfer.

Arsenal sebelumnya memang dikabarkan siap menggaet striker Brentford, Ivan Toney, pada bursa transfer Januari 2024 nanti.

Baca Juga

Striker asal Inggris saat ini tengah menjalani hukuman larangan bermain karena taruhan dan skorsingnya itu baru selesai pada Januari nanti.

Namun, The Gunners tampaknya geleng-geleng kepala setelah The Times melaporkan The Bees mematok harga minimal 80 juta poundsterling (sekitar Rp1,51 triliun) untuk Toney.

Maka dari itu, Arsenal dilaporkan mengalihkan mata mereka ke penyerang Feyenoord, Santiago Gimenez, sebagai alternatif dari Ivan Toney.

Sejak musim lalu, penyerang berusia 22 tahun itu sudah mencetak 34 gol bagi Feyenoord sehingga sang pemain juga sempat diminati oleh Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Selain itu, bomber kelahiran Buenos Aires, Argentina, itu juga merupakan top skor sementara Liga Belanda 2023/2024 ini dengan raihan sembilan gol.

Penyerang yang saat ini memeluk kewarganegaraan Meksiko itu bahkan mencetak trigol ketika Feyenoord menggilas Ajax Amsterdam 0-4 pada Rabu (27/09/23) lalu di Amsterdam Arena.

Santiago Gimenez sendiri juga mendapatkan pujian akan kemampuannya itu yang mengisyaratkan sang pemain mungkin akan cocok dengan Arsenal.

Akan tetapi, tak menutup kemungkinan pula Santiago Gimenez tidak akan begitu tajam ketika membela Arsenal nanti.

Baca Juga

1. Arsenal Bakal Bimbang karena Santiago Gimenez

Santiago Gimenez di laga Feyenoord vs Shakhtar Donetsk (17/03/23). (Foto: REUTERS/Johanna Geron)

Sosok ikonik Feyenoord, Mario Been, melayangkan pujian pada Santiago Gimenez yang secara tak langsung mengisyaratkan sang pemain mungkin cocok untuk Arsenal.

“Gimenez sungguh fantastis. Dia bahkan belum pernah menyentuh bola sebelum (mencetak) gol pertamanya, tetapi itu adalah menyelesaian yang fantastis,” tutur Mario Been pada ESPN.

Baca Juga

“Feyenoord memiliki kemampuan mencetak gol yang luar biasa,” sambungnya yang bisa dijadikan kode untuk The Gunners jika ingin meminang Gimenez.

Jika Meriam London ingin meminangnya, Arsenal dapat merogoh kocek 25 juta euro atau sekitar 434,54 miliar rupiah menurut Transfermarkt.

Valuasi Santiago Gimenez tersebut jelas lebih murah ketimbang Ivan Toney yang mengharuskan Arsenal untuk menjual Emile Smith Rowe, Eddie Nketiah, dan Reiss Nelson jika ingin meminang bomber Brentford itu.

Namun, satu hal yang patut menjadi perhatian bagi Mikel Arteta adalah masalah adaptasi Santiago Gimenez nantinya.

Baca Juga

Kendatipun mencetak banyak gol di Liga Belanda, level liga tersebut memang berada di bawah Liga Inggris sehingga tidak ada jaminan Santiago Gimenez bakal tetap gacor di Premier League.

Hal yang sama juga terjadi pada penyerang Liverpool, Cody Gakpo, yang mana sang striker mencetak 9 gol dan 12 assists dalam 14 pertandingan saat masih membela Ajax Amsterdam sampai pertengahan 2022/2023.

Statistik yang cukup mencengankan itu membuat Liverpool memboyong Cody Gakpo pada bursa transfer musim dingin 2023 lalu. Namun, sang pemain hanya mencetak 7 gol dan 3 assists dalam 21 penampilan di Liga Inggris.

Oleh sebab itu, Arsenal mungkin jangan berharap banyak bahwa Santiago Gimenez bisa mencetak banyak gol ketika dibeli nanti sehingga sang pemain perlu diberikan kesempatan untuk berkembang mengingat ia masih muda.

Sebaliknya, jika Arsenal menginginkan striker berpengalaman dan sudah terbukti di Liga Inggris, mereka sebaiknya menebus harga mahal Ivan Toney saja.

Baca Juga
Bursa TransferArsenalLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita TransferIvan ToneySantiago Gimenez

Berita Terkini